Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Aquascape Aquarium Indah

Apa itu aquascape? Singkatnya, aquascape adalah seni menata tanaman, batu, koral, kayu apung(drift wood) di dalam aquarium. Di dalam seni aquascaping, tujuan kita adalah membuat suatu ekosistem hidup di dalam aquarium. Kita akan meniru ekosistem hidup di alam yang di aplikasikan dalam ruang yang lebih sempit yaitu aquarium.

Berbicara tentang aquascape kita mulai dari sejarahnya terlebih dahulu. Seni aquascape pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Amano seorang aquarist yang berasal dari Jepang. Takashi Amano pertama memperkenalkan aquascape pada tahun 1990. Siapa sih Takashi Amano? Takashi Amano adalah pecinta aquarium dari jepang, beliaulah yang berhasil memperkenalkan seni aquascape hingga ke seluruh dunia. Takashi amano lahir pada 18 Juli 1954 Niigata, Prefektur Niigata, Jepang. Takashi Amano wafat pada 4 Agustus 2015 lalu, saya turut berduka atas wafatnya beliau.

Oke lanjut, Takashi Amano mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang aquascape, yaitu ADA(Aqua Design Amano). Takashi Amano juga mengarang buku yang berjudul "Aquarium Plant Paradise", disamping itu Amano adalah seorang fotografer.
Berbicara bahwa Takashi Amano adalah seorang fotografer sejak tahun 1975 beliau telah mengunjungi hutan hujan tropis di Amazon, Afrika Barat, Kalimantan, dan hutan di Jepang.

Dalam membuat aquascape, tantangannya adalah kita dituntut untuk memperhatikan keseimbangan dalam ekosistem aquascape tetap seimbang, sehingga masalah-masalah dalam aquascape dapat teratasi. Ketika kita bisa menciptakan ekosistem dalam bentuk yang lebih kecil dari alam, akan ada kepuasan tersendiri. Selain itu juga kita akan mendapatkan pemandangan di dalam rumah yang sedap di pandang mata.

Pada awal pembuatan aquarium aquascape mungkin akan sedikit - banyak masalah. Masalah-masalah yang muncul biasanya tumbuhnya algae, ikan mati, dan lain sebagainya. Nah, yang sering terjadi karena human error(kesalahan si pembuat), yaitu ikan mati. Untuk menghindari kejadian ini, sebaiknya setelah membuat aquascape jangan langsung memasukan fauna, karena kandungan dalam air belum stabil. Setelah 1-2 minggu pembuatan baru boleh memasukan ikan atau fauna lain seperti udang hias.

Selanjutnya untuk masalah algae. Saya juga kurang paham masalah algae ini, saya pribadi untuk menghindari algae yang merajalela pada awal pembuatan, yaitu dengan cara menyalakan lampu/pencahayaan aquascape tidak terlalu lama yaitu sekitar 5 - 6 jam saja. Seanjutnya saya biasa menyalakan lampu/pencahayaan 6 - 8 jam.

Dalam seni aquascaping juga dikenal beberapa janis style atau desain pembuatan layout aquascapenya. Beberapa style yang dikenal secara umum antara lain :

Macam-macam Style Aquascape

Dutch Style/Gaya Belanda

aquascape aquarium indah
Dutch Style/Gaya Belanda
sumber gambar : tamanair.net
Aquascape Dutch style atau gaya Belanda biasanya tidak menggunakan batu ataupun kayu untuk hardscape. Aquascape Dutch style memfokuskan pada penempatan tanaman berbagai macam warna dengan penempatan yang tepat sehingga terlihat kontras antara tanaman yang satu dengan lainnya.

Natural Style

aquascape aquarium indah
Natural Style
Natural style di perkenalkan oleh legenda dunia aquascape yaitu Takashi Amano sejak tahun 1990, desain ini menampilkan layout pemandangan lingkungan air yang tumbuh secara alami, layout ini mempresentasikan suatu miniatur lingkungan tertentu.

Iwagumi Style

aquascape aquarium indah
Iwagumi Style
sumber gambar : tamanair.net
Aquascape iwagumi style merupakan style dalam aquascape yang tantangannya cukup berat. Iwagumi style memfokuskan pada susunan batu yang tepat penempatannya. Dalam iwagumi style juga hanya menggunakan batu untuk hardscapenya. Dalam menyusun batu pada gaya iwagumi ini ada aturannya, namun saya juga belum memahaminya, sehingga tidak saya tulis di sini.

Nah, di atas sudah dibahas tentang Aquascape, yaitu apa itu aquascape, sejarah aquascape dan 3 contoh desain aquascape. Jika ada kritik saran atau pertanyaan mohon sampaikan melalui kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat, terima kasih.

Related Posts

1 comment