Cara Membuat CO2 DIY untuk Aquascape


Karbondioksida(CO2) adalah unsur utama yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan fotosintesis. Baik tanaman darat ataupun tanaman air sama-sama membutuhkan CO2 untuk berfotosintesis. Oleh karena itu, maka kandungan CO2 yang cukup di dalam aquascape sangat dibutuhkan.

Dalam membuat aquascape kita biasanya mensupply gas CO2 agar kandungan karbondioksida dalam air cukup. Mungkin ada beberapa jenis tanaman yang bisa berfotosintesis hanya dengan mengandalkan CO2 yang terkandung di dalam air aquascape, artinya tidak terlalu membutuhkan supply CO2 tambahan. Namun banyak juga tanaman aquascape yang sangat membutuhkan supply CO2 agar pertumbuhannya bisa maksimal. Sehingga mau tidak mau jika kita ingin menanam tanaman tersebut kita perlu menginject CO2 tambahan.

           Kendala bagi para aquascaper low budget seperti saya yaitu harga tabung CO2 yang terbilang mahal, belum juga pengisian ulangnya. Selain itu juga masalah ketersediaan, belum tentu di daerah pelosok ada jasa isi ulang CO2. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas cara membuat CO2 diy yang tentunya lebih low cost dan lebih mudah di dapatkan bahkan di tempat pelosok.

Sebelumnya saya akan membandingkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan CO2 tabung dan CO2 DIY.

Kelebihan dan Kekurangan CO2 DIY(Do it Yourself) maupun Tabung

  • Kelebihan CO2 DIY

    1. Biaya jangka pendek murah
    2. Bahan mudah di dapatkan
  • Kekurangan CO2 DIY

    1. Repot harus ganti isi CO2 per beberapa minggu
    2. Biaya jangka panjang mahal
    3. CO2 mengalir sepanjang waktu
  • Kelebihan CO2 Tabung

    1. Lebih Praktis
    2. Dapat di stop aliran CO2nya
  • Kekurangan CO2 Tabung

    1. Investasi awal mahal
    2. Sulit di dapatkan di daerah terpencil

Setelah kita mengetahui kelebihan serta kekurangan CO2 tabung dan CO2 DIY. Silahkan kamu putuskan ingin membeli tabung CO2 atau membuat CO2 DIY. Jika kamu memutuskan untuk membuat CO2 sendiri, maka langsung saja ke inti pembahasan kita yaitu cara pembuatan CO2 DIY simak baik-baik di bawah ini :

Cara Membuat CO2 DIY(Do it Yourself)

  • Bahan dan Alat

  • Gula pasir (250gram)
  • Fermipan/ragi roti (1/4-1/2 sdt)
  • Selang aerator (seperlunya)
  • 1 buah botol plastik bekas ukuran 1,5 L (botol minuman bersoda lebih baik)
  • 1 buah botol plastik bekas 600 ml atau di bawahnya
  • bor (optional) bisa pake paku atau sejenisnya
  • Lem korea atau lem silikon
  • Cara Pembuatan

    membuat co2 diy aquascape
    Gambar dari google
    1. Siapkan alat dan bahan
    2. Buatlah 1 lubang di tutup botol 1,5L seukuran selang aerator usahakan lebih kecil sedikit lubangnya agar tidak mudah terjadi kebocoran, buatlah juga 2 lubang di botol 600ml seukuran selang aerator lebih kecil sedikit.
    3. Selanjutnya masukan selang aerator ke lubang tutup botol yang sudah dibuat tadi. Skemanya seperti gambar di atas, lalu lem dengan lem korea atau lem silicon agar tidak terjadi kebocoran gas(saya sendiri pakai lem korea)
    4. Isi botol besar campuran air hangat seleher botol dengan ragi atau fermipan 1/4-1/2 sdt.
    5. Selanjutnya isi botol kecil dengan air biasa sekitar 3/4 botol. Botol kecil ini berguna untuk menyaring alkohol dari botol besar yang terbawa bersama gas CO2 agar nantinya yang masuk dalam aquascape hanya CO2nya saja. Selain itu juga berguna sebagai bubble counter atau penghitung bps(bubble per seconds).
    6. Tutup kedua botol tadi dengan menggunakan tutup yang sudah dipasang selang tadi(lihat gambar di atas), lalu tunggu beberapa jam sampai gelembung muncul di botol 600 ml tadi.

Lama waktu CO2 keluar

Waktu tunggu gas CO2 DIY keluar bisa lama ataupun sebentar. Cepat lambatnya gas CO2 DIY keluar dipengaruhi oleh banyaknya fermipan yang di gunakan, tetapi jangan karena faktor tersebut lantas kamu mencampurkan fermipan terlalu banyak. Tetap campurkan fermipan sesuai aturan, karena jika kamu memasukan fermipan terlalu banyak maka fermentasi akan terjadi lebih cepat.

Ketika fermentasi terjadi lebih cepat, CO2 akan keluar dengan waktu tunggu yang lebih cepat dan bps(bubble per seconds) yang lebih banyak, namun hal itu berarti CO2 akan cepat habis. Jadi semua itu kembali ke diri kalian masing-masing, ingin membuat CO2 dengan bps cepat atau CO2 yang lebih hemat namun bps rendah. Semoga bermanfaat.

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan tentang cara membuat CO2 DIY kali ini. Jika ada saran, kritik, pertanyaan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔