Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Natural Style Aquascape untuk Pemula

Dalam dunia per-aquascape-an dikenal beberapa style atau gaya, singkatnya yang dimaksud style di sini adalah cara mendekor aquascape itu sendiri atau tatanan/desain layout aquascape tersebut. Beberapa style dalam aquascape antara lain Dutch stye(gaya belanda), Iwagumi(aquascape dengan tatanan hardscape hanya menggunakan batu), dan natural style yang akan kita bahas dalam postingan kali ini.

Natural style aquascape untuk pemula
Natural Style Aquascape
Sebelum masuk ke intinya ada baiknya kita ketahui dulu apa itu natural style dalam aquascape.
Natural style telah dikenelkan oleh legenda dunia aquascape yaitu Takashi Amano sejak tahun 1990, style ini menampilkan layout pemandangan lingkungan air yang tumbuh secara alami, layout ini mempresentasikan suatu miniatur lingkungan tertentu.

Kelebihan Natural Style Aquascape

Nature style atau natural style menurut saya memiliki kelebihan diantara gaya-gaya aquascape lainnya yaitu sebagai berikut:
  1.  Adalah style yang cocok untuk para pemula di dunia peraquscapan seperti saya sendiri hehe :D , mengapa? Karena layout ini biasanya membutuhkan perawatan yang tidak sulit (low maintance) karena rata-rata aquascaper yang membuat aquascape dengan gaya ini menggunakan tanaman-tanaman yang mudah perawatan.
  2. Kelebihan selanjutnya adalah "low cost". Jika anda bertanya-tanya mengapa low cost? Coba simak dari kelebihan pertama di atas dikatakan bahwa perawatan mudah, dari situlah saya mengambil kesimpulan bahwa Nature style itu low cost. Karena perawatan yang mudah kita tidak terlalu memerlukan pemberian nutrisi yang insentif sehingga mengurangi biaya pembelian dosing-dosing nutrisi.
Oke, di atas merupakan beberapa kelebihan dalam style aquascape ini, apa hanya sampai di sini? Tentunya tidak, selanjutnya akan kita bahas apa saja kebutuhan untuk natural style aquascape.

Kebutuhan Aquascape Natural Style

  • Tanaman

Untuk gaya natural style sendiri biasanya menggunakan semua jenis tanaman aquascape, tanaman aquascape yang jarang digunakan dalam style aquascape ini adalah tanaman-tanaman berwarna-warni(tanaman untuk dutch style). Alasannya cukup simple menurut saya sendiri mengapa dalam natural style jarang menggunakan tanaman warna-warni, yaitu karena perawatan tanaman warna-warni cukup sulit, sedangkan natural style aquascape biasanya dikenal dengan kemudahan perawatannnya(low maintance). Untuk tanaman yang biasa di gunakan dalam penataan natural stye bisa lihat di
Coming Soon : Tanaman mudah untuk pemula
  •  Hardscape

Selanjutnya yaitu hardscape, untuk penggunaan hardscape dalam natural style aquascape bisa menggunakan batu maupun kayu. Kita bisa memadukan kedua hardscape tersebut ataupun menggunakan salah satunya saja.
  • Substrat

Berbeda dengan dutch style(gaya belanda) yang biasanya lebih direkomendasikan untuk menggunakan substrat jenis soil, untuk gaya natural style aquascape sendiri tidak ada ketentuan untuk menggunakan substrat jenis apa. Semua jenis substrat bisa di gunakan baik itu berbentuk pasir ataupun soil pabrikan, loh emang perbedaannya di mana?

Untuk aquascape bergaya belanda, membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga lebih direkomendasikan untuk menggunakan soil karena soil sudah jelas kandungan nutrisinya daripada pasir. Sedangkan natural style tidak membutuhkan nutrisi yang terlalu tinggi sehingga baik menggunakan soil ataupun pasir tidak terlalu masalah, yang penting jangan lupa menggunakan pupuk dasar. Untuk mengetahui jenis-jenis substrat lebih lanjut bisa lihat di sini
Coming Soon : Jenis-jenis substrat untuk aquascape
  • Nutrisi dan CO2

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting baik untuk tanaman, hewan ataupun manusia. Seperti halnya di sini, tanaman juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk pemberian nutrisi dalam natural style tidak terlalu intensif(tergantung tanaman yang digunakan juga). Saran saya cukup menggunakan pupuk dasar pada awal pembuatan dan menggunakan pupuk cair untuk dosing nutrisi setelah aquascape jadi, kecuali jika kita menggunakan tanaman karpet yang membutuhkan nutrisi tinggi, kita memerlukan dosing yang lebih intensif selain pupuk dasar dan pupuk cair tadi.

Untuk supply CO2 relatif, jika anda menggunakan tanaman jenis karpet dan pencahayaan yang cukup tinggi biasanya memerlukan supply CO2. Lain halnya jika kamu hanya menggunakan moss atau tanaman seperti anubias, tidak terlalu membutuhkan supply CO2, namun jika kita memberikan supply CO2 itu lebih bagus. Jika budget minim untuk membeli tabung CO2 ada solusinya kok, lihat di artikel di bawah ini
Coming Soon : Cara membuat CO2 sendiri

Sekadar Tips :

Jika kamu masih baru dalam dunia aquascape, dan ingin membuat aquascape sendiri, sebaiknya pilih gaya yang kamu inginkan dan gunakanlah Tanaman mudah perawatan untuk pemula terlebih dahulu. Intinya jangan terburu-buru tergiur keindahan tanaman warna-warni karena biasanya tanaman tersebut sulit perawatannya, namun semua itu kembali kepada diri kalian masing-masing.
Kesimpulannya, jika kamu ingin membuat aquascape pilihlah style yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan budget anda. Untuk menghemat budget, utamakan bahan yang penting terlebih dahulu. Cukup sekian pembahasan untuk natural style aquascape, mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas. Semoga Bermanfaat

Related Posts

1 comment

  1. thanx gan, jadi pengen coba juga
    from www.perawatkitasatu.blogspot.com

    ReplyDelete