Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Tanaman Aquascape Mudah Perawatan

Untuk membuat sebuah aquascape yang kita perlukan antara lain substrat(pasir/soil), hardscape(batu/kayu), juga tanaman air. Dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang tanaman. Berbicara mengenai tanaman aquascape layaknya tanaman pada umumnya yaitu memiliki tingkat kesulitan perawatan yang berbeda-beda. Lalu tanaman yang dipakai dalam aquascape memang merupakan tanaman yang tumbuh di air atau ada juga yang semi air(tumbuh di pinggiran sungai).
Tanaman aquascape mudah perawatan

Karena tingkat kesulitan perawatan setiap tanaman itu berbeda, untuk yang baru terjun di dunia aquascapa pastinya disarankan untuk menanam tumbuhan yang mudah terlebih dahulu. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan beberapa list tanaman aquascape yang mudah perawatannya.

Yang saya maksud mudah perawatan di atas adalah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan nutrisi yang tinggi. Rata-rata tanaman yang akan saya bahas di bawah ini tidak membutuhkan dosing co2 atau bisa di bilang hanya memanfaatkan co2 yang ada di dalam tank untuk berfotosintesis.Namun jika kamu menambahkan supply co2 pun tidak masalah, malah akan lebih bagus. Selain itu rata-rata tanaman yang akan saya bahas di bawah juga hanya membutuhkan tingkat pencahayaan rendah-sedang. Tidak usah berpanjang lebar langsung saja simak di bawah ini :

Tanaman Aquascape Mudah Perawatan

1. Moss

Tanaman aquascape mudah perawatan
Java Moss

Tanaman tak berakar sejenis lumut ini merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah dipelihara. Hanya dengan menggunakan pencahayaan yang pas-pasan (low light) dan tanpa dosing co2 moss dapat tumbuh dengan subur. Hanya saja bila moss ditempatkan di tank yang suhu airnya cukup tinggi terkadang pertumbuhannnya tidak sesubur moss yang di pelihara di tank yang bersuhu rendah.

Moss idealnya tumbuh subur dan hijau pada suhu di 27 C ke bawah. Meskipun begitu moss masih dapat tumbuh dengan baik pada suhu di atas 27 C walaupun tidak sesubur pada suhu tersebut. Semua jenis moss umumnya mudah dipelihara. Namun ada beberapa moss yang menurut saya agak sulit dipelihara, seperti ricardia. Di antara banyak jenis moss, java moss adalah salah satu moss yang paling tahan banting, mengapa? Karena saya sendiri pernah menanamnya. Moss ini bahkan dapat tumbuh subur pada suhu diatas 27 C.

Pertumbuhan moss tergolong cepat, maka dari itu tanaman ini recomended banget untuk para aquascaper pemula seperti saya. Untuk menanam moss, kamu tidak memerlukan substrat karena moss tumbuh menempel pada batang kayu ataupun batu. Untuk mendapatkan tanaman jenis moss, kalian bisa datang ke toko aquascape terdekat. Harga moss pun sangat terjangkau untuk para aquascaper low budget seperti saya hehe. Di bawah merupakan beberapa foto dari moss yang pernah saya tanam :
  • Java Moss


  • Weeping Moss


 

2. Bucephalandra

bucephalandra
Bucephalandra
Tanaman ini merupakan tanaman aquascape endemik atau asli indonesia, tepatnya tumbuh di perairan tawar pulau Kalimantan. Bucephalandra tidak membutuhkan substrat untuk tumbuh, tanaman ini tumbuh menempel pada kayu atau batu yang tenggelam. Karene bucepalandra tidak membutuhkan substrat alias tumbuh menempel maka pemeberian nutrisi untuk tumbuhan ini pun bukan melalui pupuk dasar melainkan melalui pupuk cair.
Di bandingkan dengan moss, bucephalandra sedikit lebih sulit untuk ditanam. Meskipun begitu menurut saya masih tergolong mudah, asal telaten merawatnya dan juga tetap menjaga suhu air agar tidak terlalu tinggi. Bucephalandra berkembang biak dengan membentuk tunas baru. Perkembangan tumbuhan ini pun tergolong lambat, lain dengan moss yang pertumbuhannya tergolong cepat.
Bucephalandra dapat tumbuh dengan cahaya low-medium dan tanpa supply co2 atau bisa dikatakan bahwa tanaman ini dapat berfotosintesis hanya dengan Co2 yang tersedia di dalam air aquascape. Bucephalandra sudah mulai dibudidaya oleh para farm aquascape. Langkah ini jelas sangat di perlukan mengingat perlunya menjaga alam agar tetap lestari. Walaupun ketersedian bucepalandra di alam bebas melimpah, namun jika terus menerus di eksploitasi tanpa dibudidayakan maka lama-kelamaan akan habis, dan itu berarti merusak kelestarian alam.
Untuk mendapatkan tanaman ini kamu bisa pergi ke toko aquascape terdekat atau mencarinya langsung di alam jika kamu berdomisili di daerah pulau Kalimantan(Tidak disarankan hunting di alam). Namun jika ingin mencarinya di alam, hendaknya bersikaplah bijak, ambil seperlunya saja agar alam tetap lestari.
Untuk harga Bucephalandra sangat terjangkau, mungkin kerena ini tanaman asli indonesia, tapi entahlah yang penting saya dapat memilikinya dengan murah hehe

3. Anubias

tanaman anubias
Anubias
Tanaman aquascape yang mudah di pelihara selanjutnya adalah Anubias. Sama halnya dengan buchephalandra, anubias juga tumbuh dengan cara menempel pada kayu atau batu, karena itu pemberian nutrisi pun sama dengan buchephalandra yaitu melalui pupuk cair. Lain dari buchephalandra, pertumbuhan anubias memakan waktu yang relatif lebih cepat.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada tank dengan suhu dingin dan cahaya low light walaupun tanpa supply co2. Beberapa spesies dari anubias mempunyai daun berwarna putih. Harga anubias sendiri dibandrol sedikit lebih mahal dibandingkan dengan moss dan buchephalandra, apalagi untuk spesies white bisa di bandrol sangat mahal per rhizomanya.

Dibandingkan dengan buchephalandra, anubias relatif lebih mudah dalam perawatannya. Untuk mendapatkan tanaman anubias pun cukup mudah karena sudah menjamur di toko-toko aquascape di seluruh Nusantara, baik toko aquascape skala besar maupun kecil.

Sekadar Tips

Untuk memelihara tanaman jenis apapun, usahakan agar suhu air aquascape kamu cukup dingin. Setidaknya berusahalah mendinginkannya walaupun hanya dengan kipas CPU komputer bekas, namun jika punya budget lebih kamu bisa membeli chiller. Suhu dingin dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman kesayangan kamu. Tips di atas sifatnya optional(tidak memaksa), semua kembali ke pribadi masing-masing.
Mungkin cukup sekian tulisan tentang beberapa tanaman aquascape mudah perawatan. Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah, terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Related Posts

No comments

Post a Comment