Jenis-jenis Substrat untuk Aquascape

Apa itu substrat dalam aquascaping? Substrat adalah media tanam sebagai tempat tanaman aquascape tumbuh. Pada umumnya, untuk membuat sebuah aquascape kita wajib menggunkan substrat. Dalam aquascape, substrat bisa berupa pasir ataupun soil.

Memilih substrat yang akan kita gunakan untuk membuat aquascape tentunya harus yang terbaik. Namun, kita juga harus mempertimbangkan berbagai aspek, seperti budget, kecocokan dengan tanaman yang akan kita tanam, kecocokan dengan layout, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pada tulisan kali ini saya akan membahas beberapa susbstrat yang biasa digunakan untuk membuat aquascape.

Jenis Substrat/Media Tanam Aquascape

  • Pasir Malang

substrat untuk aquascape
Gambar dari google
Pasir malang merupakan salah satu jenis substrat yang biasanya digunakan untuk aquascaping. Jenis substrat ini juga merupakan yang paling sering digunakan aquascaper baru, mengapa? Karena harga pasir malang relatif terjangkau.

Kelebihan pasir ini adalah harganya yang terjangkau dibandingkan dengan jenis substrat lainnya. Namun pasir ini tidak ramah untuk tanaman yang berakar lembut. Untuk itu jika kamu ingin menanam tanaman yang berakar lembut seperti tanaman karpet montecarlo atau sejenisnya gunakanlah pasir malang yang paling halus.

Jika kamu ingin menggunakan pasir malang untuk aquascape, tentunya wajib menambah pupuk dasar karena nutrisi dalam pasir malang belum mencukupi.

  • Pasir Silika

substrat untuk aquascape
Gambar dari google
Jenis substrat yang ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pasir malang namun lebih sedap dipandang daripada pasir malang. Beberapa aquascaper mengatakan substrat jenis ini membuat ph air tidak stabil.

Ada dua jenis pasir silika yaitu ada yang berwarna putih bersih dan berwarna coklat kekuningan, tentunya pasir silika yang putih harganya lebih mahal. Untuk mendapatkan pasir silika, kamu bisa membelinya di toko aquascape terdekat.

  • Soil

substrat untuk aquascape
Gambar dari google
Untuk substrat jenis ini adalah substrat yang paling dianjurkan untuk aquascape. Mengapa soil dianjurkan? Karena soil merupakan substrat buatan yang ditambahkan berbagai nutrisi yang tentunya sudah dikhususkan untuk tanaman aquascape.

Namun di balik kelebihannya, dibandingkan substrat jenis lainnya soil harganya jauh lebih mahal sehingga tidak ramah untuk kantong pelajar seperti saya hehe. Meskipun begitu, sekarang sudah banyak dijual soil lokal yg harganya lebih terjangkau dibanding soil-soil import sehingga menjadi solusi untuk aquascaper kantong pelajar yang ingin mencicipi kelebihan media tanam soil untuk aquascape.

Nah, di atas sudah saya bahas beberapa media tanam atau substrat yang biasa digunakan untuk membuat aquascape. Semoga bisa menjadi referensi untuk memilih substrat apa yang ingin kalian gunakan untuk membuat aquascape.

Sekian tulisan kali ini. Jika ada kekeliruan, saran, kritik, atau pertanyaan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

kalau reklamasi kira-kira itu pakai pasir apa ya gan ? kira-kira pasirnya bahaya ga ? kalau berbahaya gimana nasib tumbuhan laut dan hewan-hewannya ya ? kasian

Balas
avatar

Wah kurang tau jg gan,tpi kgiatan kek reklamasi mah pasti merusak ekosistem

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔