Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Aquascape Ekosistem Alam Bawah Air

membuat aquascape pemula

Setahun berlalu saat aku menjalani rutinitas sebagai pelajar kelas 12 SMA membuatku pensiun sementara menjalani hobi aquascape, lalu kini aku kembali pada hobi itu. Apa sih hobi aquascape, sampai-sampai aku tulis di sini. Apa sih bedanya aquascape dengan aquarium biasa?. Jadi aquascape singkatnya merupakan seni mengatur batu, kayu, dan tanaman air di dalam sebuah kotak kaca yang biasa kita sebut aquarium.

Lalu, apa bedanya dengan aquarium biasa?. Nah kalau aquarium biasa kita hanya fokus pada bagaimana kita memelihara ikan, sedangkan aquascape lebih fokus tentang bagaimana kita membuat sebuah ekosistem bawah air dalam aquarium. Intinya dalam aquascape kita akan membuat ekosistem hidup bawah air yang berkesinambungan antara flora maupun fauna.

Sejarah Singkat

Seni aquascape pertama kali diperkenalkan oleh seorang aquarist(pecinta aquarium) asal negeri sakura yang bernama Takashi Amano pada tahun 1990.
Siapa sih Takashi Amano?. Takashi Amano merupakan seorang aquarist sekaligus pendiri perusahaan ADA(Aquascape Design Amano) yang bergerak di bidang aquascape.

Apa yang dibutuhkan dalam Aquascape

membuat aquascape pemula
Gambar aquascape yang baru aku buat beberapa jam yang lalu. Design berantakan, tanaman seadanya, air belum jernih.
Yang pasti kita butuhkan adalah aquariumnya, idealnya untuk pemula agar menggunakan aquarium berukuran panjang 60cm dan lebar serta tinggi menyesuaikan, mengapa?. Karena ukuran aquarium tsb tidak terlalu besar sehingga menguras budget atau terlalu kecil yang kata mastah-mastah, aquascape dengan ukuran terlalu kecil ekosistem sulit stabil(parameter air gampang berubah).

Karena kita akan membuat sebuah ekosistem hidup, maka pastinya kita memerlukan hal-hal yang dibutuhkan dalam ekosistem di antaranya cahaya dan CO2 untuk proses fotosintesis tanaman, lalu tanamannya dan yang pasti airnya.

Namun karena kita mau bikin ekosistemnya dalam sebuah aquarium yang biasanya diletakan dalam rumah yang tentunya tidak mendapat banyak sinar matahari maka kita membutuhkan lampu sebagai pengganti matahari. Namun satu hal yang harus kamu tahu, lampunya ngga asal terang ya, namun yang memiliki sinar yang mirip-mirip ada pada sinar matahari. Spesifiknya aku ngga paham namun lampu yang biasa dipakai buat aquascape antara lain lampu T5, T8 khusus(sudah mulai di tinggalkan), Led Bulb(alternatif untuk budget minim), Led HPL(lampu yang di rekomendasikan untuk aquascape).

Nah untuk masalah CO2 kita bisa menambahkannya ke dalam aquascape dengan peralatan khusus(tabung CO2 yang tentunya berisi gas CO2 baik yang pabrikan atau membuat sendiri untuk menghemat budget) atau tidak menambahkan juga tidak apa-apa karena dalam air juga sudah terlarut gas CO2 walau mungkin tidak banyak. Namun aku sarankan untuk menambahkannya karena ada beberapa jenis tanaman yang tidak bisa hidup dalam aquascape tanpa tambahan CO2. Selain itu, tanaman juga akan tumbuh lebih optimal ketika ada tambahan CO2.

Tantangan dalam Aquascape

Dalam membuat aquascape ada berbagai macam tantangan yang akan terbayarkan ketika ekosistem yang kita buat telah sampai pada tahap mature. Tantangan yang biasanya kita hadapi adalah malas. Mengapa aku bilang begitu?, karena dalam membuat aquascape kita banyak hal yang perlu kita persiapkan mulai dari planning desain, bahan-bahan, alat-alat, tenaga dan tentunya ketelatenan.

Ketika kita sudah sampai pada tahap pembuatan dan akhirnya kita sudah berhasil membuat sebuah aquascape, kita akan bertemu kembali pada masalah yaitu biasanya ikan mati, blooming algae, tanaman mati, dan lain-lain.

Fauna Mati

Kalau masalah ikan mati ini biasanya disebabkan karena human error atau kesalahan manusia itu sendiri. Yang sering terjadi pada pemula adalah terburu-buru memasukan fauna ke dalam aquascape. Hal itu biasanya menjadi penyebab matinya fauna kita.

Saat aquascape baru selesai dibuat, ekosistem dalam aquascape itu biasanya belum stabil, secara ilmiahnya aku kurang memahami, intinya ketika aquascape baru dibuat, zat-zat terlarut dalam air aquascape kita belum seimbang antara yang bermanfaat dan yang bersifat racun, mengapa?, karena bakteri pengurai belum terbentuk, sehingga menyebabkan zat-zat terlarut yang bersifat racun kepada fauna belum terurai sempurna. Maka ada baiknya memasukan fauna ke dalam aquascape, kita tunggu aquascapenya berumur kurang lebih 2 minggu ke atas.

Blooming Algae(Ledakan Algae)

Blooming algae merupakan keadaan dimana ekosistem dalam aquascape kita di tumbuhi algae secara besar-besaran(banyak). Nah yang ini aku ngga paham apa penyebabnya, karena walaupun aku lama main aquascape tapi levelnya masih tetep newbie(biasa pemalas). Namun cara yang aku lakukan biasanya untuk menghindari blooming algae pada awal pembuatan aquascape adalah menyalakan lampu yang pada umumnya durasinya mencapai 7-8 jam, aku cuma menyalakan selama 5-6 jam baru setelah di atas 2 minggu biasanya aku nyalakan selama 6-8 jam.

Tanaman Mati

Masalah tanaman mati bisa disebabkan oleh pencahayaan, nutrisi atau bahkan karena kurang CO2. Maka dari itu untuk pemula sebaiknya pilih tanaman yang mudah-mudah saja(perawatan gampang). Untuk pemula jangan tergiur dengan warna merah merona tanaman, karena rata-rata tanaman yang seperti itu membutuhkan perawatan ekstra.

Di atas sedikit tulisan tentang salah satu hobiku yaitu aquascape, pengin tahu lebih banyak tentang aquascape bisa mengunjungi blogku yang lain yang khusus membahas seputar dunia aquascape, terima kasih. Share ya! kalau menurut kamu tulisan ini bermanfaat.

2 comments