Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Cara mudah membuat blog gratis pemula

cara mudah membuat blog gratis pemula 
Apa itu blog?, blog adalah singkatan dari web log. Singkatnya, blog adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan dan foto yang di muat dalam posting. Nah, kali ini Ikhfan akan menulis tentang cara mudah membuat blog gratis bagi pemula.

Nah, jadi cara membut blog yang ikhfan akan tulis di bawah benar-benar gratis tanpa biaya apapun, karena kita memanfaatkan hosting serta subdomain gratis dari situs blogger.com milik raksasa internet google.
Ngga usah panjang lebar lagi, langsung saja kita masuk ke tahap-tahap pembuatannya.

Cara membuat blog gratis

Tahap persiapan

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya.
- Laptop/pc atau smartphone(dalam tutorial ini saya menggunakan laptop tapi kurang lebih sama kok dengan tampilan smartphone).
- Akun gmail.
- Koneksi internet( terserah mau pakai wifi, modem, atau apalah yang penting koneksinya jalan).
- Kopi(Nah yang ini paling penting, eh ngga ding yang ini optional aja).

Tahap pembuatan

Nah selanjutnya kita masuk ke tahap pembuatan blog gratisnya. Kita akan membuat blog gratisnya di sebuah situs milik google yaitu blogger.com. Oke mari kita mulai.
1. Pertama-tama kamu masuk ke www.blogger.com atau bisa klik di sini.
2. Setelah masuk ke www.blogger.com selanjutnya kamu akan disuguhi tampilan seperti di bawah ini.

3. Nah yang harus kamu lakukan yaitu klik "create your blog" pada tampilan seperti di atas.
4. Setelah di klik kamu akan diminta memasukan gmail, kalau di browser pc/smartphone kamu udah ada email kemungkinan akan langsung disuguhi halaman seperti pada gambar di bawah(tentunya emailnya nama email kamu ya, bukan nama email seperti di gambar). Selanjutnya kamu klik gmail yang kamu pilih sebagai akses masuk ke akun blogger kamu nantinya, atau kalau pengin pakai gmail yang tidak ada di tampilan halaman kamu, kamu tinggal klik"gunakan akun yang lain".

5. Lalu kamu akan masuk ke halaman seperti di bawah ini. Nah ini merupakan profil yang akan di gunakan kamu di blog kamu nantinya. Kamu bisa pilih google+  atau bisa profil blogger(biasanya sih orang-orang pakai google+).
cara mudah membuat blog gratis pemula

6. Nah di sini aku contohkan satu aja ya, yaitu menggunakan profil google+, setelah kamu klik buat profil google+, kamu akan disuguhi halaman seperti ini.
 cara mudah membuat blog gratis pemula

Lalu kamu bisa ubah sesuka hati atau pilih defaultnya, namun saran aku sih menggunakan data yang benar sesuai nama dan jenis kelamin kamu.
7. Lalu kamu akan disuguhi halaman upload foto profil google+, silahkan pilih foto terbaik kamu atau dilewati juga tidak masalah.
 cara mudah membuat blog gratis pemula
8. Profil google+ sudah berhasil di buat, sekarang kamu lanjutkan pembuatan akun bloggernya dengan mengklik "lanjutkan ke blogger" seperti pada gambar di bawah.
cara mudah membuat blog gratis pemula
9. Nah kamu akan sampai pada halaman seperti di bawah ini, selanjutnya kamu klik "buat blog baru".
cara mudah membuat blog gratis pemula
10. Selanjutnya kamu disuguhi tampilan pada gambar di bawah ini. Kamu isikan nama blog kamu, alamat blog kamu, dan pilih tema yang di sediakan blogger(selanjutnya nanti kalau udah jadi kamu bisa custom tema sesuka hati) contohnya seperti pada gambar, lalu klik "buat blog".
Baca Juga Cara mengatasi google adsense di tolak
cara mudah membuat blog gratis pemula

11. Dan taraaaa....... blog kamu sudah jadi, kemungkinan kamu akan disuguhi halaman seperti ini, kamu klik lain kali saja, karena itu tampilan untuk kamu custom domain di blog kamu dan kali ini kita tidak akan membahas hal itu.
cara mudah membuat blog gratis pemula

Nah di atas Ikhfan sudah tulis tentang cara membuat blog gratis untuk pemula. Maka tulisan Ikhfan kali ini cukup sampai di sini ya. Kalau ada yang kurang jelas dan ingin menanyakan sesuatu silahkan tulis pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

2 comments

  1. iyes keinget bener pertama kali pake blog di blogger sekarang sdh beralih ke wordpress. dulu sampe belain ke warnet sekarang pake smartphone pun jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kak, cuma kalau di blogger menurut saya lebih enak. Pake smartphone juga bisa cuma agak ribet kalau lagi nulis.

      Delete