Kayu untuk Aquascape

kayu untuk aquascape
Kayu Senggani

Dalam dunia aquascape terdapat dua jenis hardscape yaitu kayu dan batu, kamu bisa memilih salah satunya yaitu kayu atau batu atau bahkan memadukan keduanya.

Kayu yang digunakan untuk aquascape tidak sembarangan. Ada jenis-jenis kayu tertentu yang biasa digunakan aquascaper untuk membuat hardscape aquascape mereka.

Memilih kayu untuk aquascape kita harus memperhatikan beberapa kriteria.
 
Kriteria kayu yang digunakan untuk aquascape antara lain tidak mudah lapuk, bentuk yang unik/ada nilai seninya, dan mudah tenggelam. Lebih detailnya sebagai berikut.



Tidak Mudah Lapuk

Kayu yang di gunakan untuk aquascape haruslah kayu yang tidak mudah lapuk, kenapa?. Ya, karena akan kita gunakan di dalam aquascape yang pastinya akan terendam air dalam waktu yang tidak sebentar.

Bayangkan saja misal kamu memilih sembarang kayu, setelah aquascape jadi design udah mantap di hati, tiba-tiba suatu saat kayu kamu mulai rapuh dan akhirnya patah-patah. Design yang sudah susah payah kamu buat akan jadi berantakan. 

Bentuk yang Unik

Jenis kayu yang di pakai untuk aquascape juga sebaiknya yang memiliki bentuk unik atau apa ya istilahnya?. Hmm mungkin bisa di bilang bentuknya memiliki nilai seni yang tinggi. 

Coba bayangkan kalau kamu menggunakan sembarang kayu anggap saja kayu batang singkong, tentu akan terlihat kurang seninya bukan?, atau bahkan bisa dibilang tidak bagus.
Dan yang pasti kamu harus memilih kayu yang ukurannya sesuai dengan ukuran dan design aquascape yang kamu inginkan.

Mudah Tenggelam

Nah kalau bagian ini sih bisa diakali agar kayunya cepat tenggelam. For your information aja bagi yang masih newbie seperti saya, kayu aquascape itu biasanya awalnya belum tenggelam dan kamu harus merendamnya beberapa hari atau bahkan beberapa minggu tergantung besar kayunya.

Selain itu, merendam kayu ini juga berfungsi untuk menghilangkan tanin dalam kayu yang akan kita gunakan untuk aquascape. Cara lain yang kebanyakan scaper pakai untuk menghilangkan tanin yaitu dengan merebusnya, namun untuk cara ini kamu harus siap nambah modal untuk beli gas ya atau siap-siap diomelin mamah karena bikin gas di rumah cepat habis hehe.

Oke, kita sudah mengetahui sedikit kriteria kayu yang digunakan untuk aquascape. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan tentang jenis kayu yang biasanya digunakan untuk hardscape aquascape. Langsung saja simak di bawah ini.

Kayu Senggani

kayu untuk aquascape
Kayu Senggani

Yang pertama ada kayu senggani. Kayu senggani ini bisa di bilang kayu untuk aquascape yang ramah kantong, kenapa?. Ya, karena kayu ini banyak ditemui di alam, jadi kamu bisa langsung hunting di alam jika ingin gratis. Jika tidak bisa hunting karena hidup di kota misalnya yang tidak ada kebun-kebun maka membeli pun tidak masalah karena harganya cukup ekonomis.

Namun hal penting yang harus kamu ingat yaitu, jangan mengeksploitasi alam. Jika kamu ingin hunting kayu ini ambilah secukupnya saja, jangan merusak alam!.

Dari segi bentuk, walaupun batangnya lurus-lurus saja namun akar dari kayu ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Kebanyakan aquascaper menggunakan kayu ini untuk membuat custom bentuk kayu dengan cara melilit kayu ini sehingga membuat bentuk kayu yang mereka inginkan.

Kayu Rasamala

kayu untuk aquascape
Kayu Rasamala yang sudah cukup lama

Nah kayu ini menurut saya adalah kayu yang paling popular dalam dunia aquascape, kenapa?. Karena toko-toko aquascape pasti menjual jenis kayu ini jika memang tokonya menyediakan kayu untuk aquascape.

Untuk harga dari kayu ini sangat tergantung pada ukuran kayunya, semakin besar semakin mahal tentunya.
Namun masih cukup terjangkaulah hehe, ya walaupun harus nabung jika kamu masih pelajar seperti saya hehe.

Dari segi bentuk, kayu rasamala memiliki bentuk yang cukup natural dan cocok digunakan untuk aquascape.

Kayu rasamala juga kadang digunakan aquascaper untuk membuat bonsai-bonsai moss atau pohon-pohonan moss.

Baca juga


Kayu Santigi

kayu untuk aquascape
Kayu Santigi
gambar dari anakcupang.blogspot.com

Nah yang terakhir ada kayu santigi. Berbicara masalah kayu santigi, menurut saya ini adalah kayu yang paling perfect untuk aquacape. Bentuknya dan warnanya yang sangat natural berbanding lurus dengan harga kayu ini.

Untuk mengecek harganya yang cukup fantastis kamu bisa lihat di marketplace atau toko online. Namun harganya yang cukup mahal menurut saya, sesuai dengan hasil design aquascape yang akan kamu dapat nantinya.

Susah untuk menjelaskan bentuk kayu santigi ini karena saya juga belum pernah memakainya. Namun melihat dari gambar-gambar yang beredar memang kayu ini sangat natural baik dari segi bentuk maupun warnanya. Kayu ini juga sangat cocok digunakan untuk membuat bonsai aquascape.

Secuil Tips dari Newbie

Dalam memilih kayu yang akan kamu gunakan untuk design aquascape sebaiknya jangan pilih yang asal murah, kenapa?. Ya, karena setiap jenis kayu memiliki karakter bentuknya masing-masing. Oleh karena itu, baiknya dalam memilih kayu untuk aquascape yaitu dengan menyesuaikan rencana design aquascape dengan karakter bentuk kayu yang akan kamu gunakan. Untuk masalah budget kan bisa nabung kalau masih pelajar seperti saya hehe. Semoga Bermanfaat.

oke, mungkin cukup sekian untuk tulisan tentang kayu untuk aquascape. Sampaikan melalui kolom komentar jika kamu punya pertanyaan, kritik, saran atau ingin mengoreksi jika terdapat kesalahan dari tulisan saya di atas, terima kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔