Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Kisahku Blog dan Adsense

kisahku blog dan adsense
Pict by pixabay
Sebut saja cerpen, karya sastra yang satu ini cukup menarik untuk disimak, baik dari segi hiburan maupun moral valuenya. Ceritanya yang tak terlalu panjang dan tak berbelit membuat moral value dari cerpen lebih mudah di pahami. Selain itu juga tidak membuat si pembaca jenuh.

Cerpen di bawah ini merupakan cerpen yang Ikhfan tulis saat Ikhfan masih duduk di bangku SMA kemarin. Cerpen ini mengangkat cerita dari kisahku sendiri yang telah dibumbui sedikit fiktif.
Ya, hambar rasanya jika cerpen terlalu nyata, kisahnya akan kurang menarik untuk di simak. Oke langsung saja simak kisahnya di bawah.

Kisahku Blog dan Adsense

Aku, Ikhfan Yusuf merupakan seorang remaja 17 tahun. Sama seperti remaja pada umumnya, aku sangat menikmati masa remajaku dengan melakukan apa yang aku suka selama hal tersebut positif. Namun sedikit berbeda dengan remaja lain, aku lebih suka menekuni hobiku. Waktuku kuhabiskan untuk menekuni hobi-hobiku.

Meskipun keseharianku banyak kuhabiskan untuk menekuni hobi, namun aku belajar banyak hal dari hobi itu. Salah satu hobiku adalah belajar bahasa pemrograman, ya walaupun sampai saat ini cuma sekedar tahu html dan css saja. Sebenarnya aku sedikit iri dengan temanku yang sukses berbisnis di dunia internet, ya tapi namanya rezeki kan udah ada yang atur. Hal itulah yang memotivasiku untuk belajar lebih giat untuk menyambut masa depan.

26 Desember 2015 tepat usiaku menginjak 15 tahun. Di usia itu aku sedang gemar-gemarnya bermain di dunia internet. Karena uang sakuku yang kurasa pas-pasan, aku mulai berpikir untuk mengubah kehidupanku dengan caraku sendiri. Terkadang pikiran negatif melintas di otakku namun hati kecilku selalu berkata tidak.
 Terinspirasi dari seringnya aku berselancar di dunia internet, aku mulai berpikir , bagaimana caranya membuat waktuku tidak sia-sia di internet.

Pada suatu pagi ketika aku sedang berselancar di internet, aku menemukan salah satu cara mendapatkan receh dari internet, yaitu melalui blogging. Hari itu juga aku langsung mencari cara membuat blog gratis dan akhirnya kutemukan, yaitu melalui platform blogger milik raksasa internet google.

Aku langsung membuat blog pertamaku yang mengangkat tema dari salah satu hobiku yaitu aquascape. Aku mulai menulis dan menulis apa yang aku tahu tentang aquascape. Semakin lama aku merasa kok visitor blogku tak kunjung bertambah ya?. Hmm, ternyata blogging tidak hanya tentang menulis, ada berbagai aspek yang harus di perhatikan selain kualitas tulisan, salah satunya tentang SEO(Search Engine Optimizer).

Akhirnya dengan berat hati aku mulai belajar sedikit demi sedikit tentang SEO. Hal itu ternyata cukup membantu, karena semakin hari kulihat grafik tampilan halaman semakin bertambah. Hingga pada suatu saat aku merasa visitor blogku sudah cukup banyak dan aku mulai kebingungan bagaimana caranya mendapatkan uang dari blogku ini?.

Kembalilah aku ke google search dan mengetikan kata kunci cara mendapat uang dari blog dan akhirnya kutemukan google adsense. Apa itu google adsense?, google adsense adalah salah satu situs periklanan ternama milik google. Nekatlah diriku mendaftarkan blogku untuk menjadi publisher iklan adsense. Hal ini tentunya aku lakukan agar bisa mendapatkan receh dari internet.

Kali pertama aku mendaftar sebagai publisher adsense bisa di tebak hasilnya yaitu, ditolak. Oke, mungkin blogku memang masih ada yang harus diperbaiki. Setelah kurang lebih satu bulan dari penolakan tersebut, aku mencoba mendaftarkan blogku lagi sebagai publisher adsense, dan saat itu aku harus menunggu satu bulan lamanya hanya untuk mendapatkan lagi email penolakan dari google adsense. Apakah setelah dua kali di tolak aku menyerah?, tentu tidak.

Aku mulai berpikir ada yang salah di blogku. Ya, aku harus membenahi blogku lagi dan terus meningkatkan kualitas tulisan di blogku. Dua pekan kemudian yaitu awal bulan Juli 2016, aku mendaftarkan lagi blogku sebagai publisher adsense. Tak kusangka, 6 Juli 2016 aku mendapat email dari adsense bahwa blogku di setujui untuk menjadi pubisher iklan google adsense. Bahagia?, iya itu pasti.

Setelah beberapa minggu aku menjadi publisher adsense, aku merasa kok receh yang ku dapat sangat miris dan tak kunjung naik grafiknya?. Nah inilah saat di mana aku mencapai satu titik dimana aku berpikir bahwa orientasi ngblogku itu salah. Ngeblog bukan hanya tentang uang, tapi tentang bagaimana bisa membagikan hal yang bermanfaat kepada orang lain.

Yasudahlah, aku lanjut nulis saja, perbaiki tulisan dan hilangkan mindset bahwa ngblog akan menghasilkan uang sampai karungan. Dan setelah itu aku terus menulis, visitor blogpun semakin bertambah. Visitor blog yang bertambah sejalan dengan receh yang aku dapatkan. Hingga satu saat aku benar-benar mendapatkan gaji pertamaku dari adsense. Bahagia?, iya. Seneng?, pastinya.

Hingga saat ini aku masih mendapatkan sedikit receh dari tayangan iklan di blogku serta dari setiap klik iklan oleh pengunjung. Inilah kisahku, blog, dan adsense.

Yak, berakhir sudah cerpen kisahku blog dan adsense. Gimana?. seru ngga kisahnya?, yaudah lah ya, ambil hiburan dan pesan moralnya saja. Sekian tulisanku kali ini. Jika kamu rasa tulisan ini menarik atau menginspirasi, kamu bisa membagikannya melalui share button di bawah tulisan ini.

4 comments