Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

73 Tahun Merdeka, Digital Juga Wajib Merdeka

Baru beberapa waktu yang lalu rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus yang lalu rakyat Indonesia serentak memperingati hari kemerdakaan Indonesia yang dirayakan dengan berbagai macam perlombaan. Di hari kemerdekaan sudah sepatutnya rakyat tak hanya mengerti tentang bergembira ria dalam perayaannya, melainkan harus mengerti makna perayaan yang sesungguhnya yaitu berterima kasih atas perjuangan para pahlawan yang rela kehilangan harta benda, bahkan sampai nyawa.

73 Tahun Merdeka, Digital Juga Wajib Merdeka
Original image from pixabay.com

Makna Sesungguhnya Perjuangan Kemerdekaan

Memaknai perjuangan, bukan berarti kita harus mengangkat senjata secara nyata untuk memerangi penjajah, cukuplah para pahlawan kemerdekaan dahulu yang merasakan itu. Di era digital ini kita bisa menjadi pahlawan kemerdekaan dengan melahirkan inovasi-inovasi yang berguna untuk kesejahteraan masyarakat maupun bangsa ini.

Di era digital ini masyarakat mesti sadar akan kecanggihan teknologi, terutama dunia internet. Internet dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melahirkan inovasi-inovasi yang berguna bagi kemajuan suatu bangsa serta kesejahteraan bersama. Contoh nyata merdeka di era digital adalah lahirnya website-website relawan kemanusiaan, mereka bisa menjadi bukti, bahwa menjadi pahlawan kemerdekaan itu tidak harus mengangkat senjata dan maju di medan perang.

Peran Kecanggihan Digital dalam Kemerdekaan Informasi

Era digital juga berperan besar dalam kemerdekaan informasi, kemerdekaan ilmu, serta kemerdekaan untuk berpendapat bagi masyarakat luas. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi apapun dari media digital baik itu televisi, internet, yotube, atau media digital lainnya. Bahkan semua kemudahan itu didapatkan secar cuma-cuma atau gratis.

Peran Kecanggihan Digital dalam Kemerdekaan Ilmu

Kecanggihan ere digital juga memerdekakan ilmu dan pengetahuan kita. Luasnya akses internet dalam mendapatkan informasi berdampak pada kemudahan mendapatkan ilmu. Contohnya saja, ketika materi di sekolah atau dalam buku pelajaran terlalu sedikit, kita dapat dengan mudah mencari tambahan referensinya di internet. Contoh lain, saat kita ingin belajar suatu hal, kita dapat dengan mudah mencari langkah-langkahnya dan mempelajarinya melalui internet secara otodidak, tanpa harus mencari guru pembimbing, kecuali hal-hal tertentu.

Peran Kecanggihan Digital dalam Kemerdekaan Berpendapat

Semakin pesatnya perkembangan dunia digital juga memerdekakan opini-opini masyarakat luas. Opini-opini mereka terhadap keadaan suatu bangsa(dalam hal ini Indonesia) dapat dengan mudahnya mereka sampaikan melalui media-media online di internet, terutama media sosial.

Kesimpulan

Memaknai perjuangan dapat kita lakukan sesuai dengan era kita hidup sekarang. Saat ini kita hidup di era perkembangan dunia digital yang sedang pesat-pesatnya. Memanfaatkan kecanggihan digital untuk kesejahteraan bersama serta kemajuan bangsa juga merupakan suatu cara kita memaknai kemerdekaan di era kecanggihan digital ini.

Di era digital ini juga hadir sebuah platform online bikers Indonesia yang pertama dan terbesar yaitu Moladin dengan taglinenya “Ingat Motor, Ingat Moladin”. Moladin seakan menjawab tantangan untuk merdeka di era digital melalui sebuah platform online yang memudahkan masyarakat dalam mencari segala informasi tentang motor, forum diskusi onlien tentang motor, bahkan sampai jual beli motor secara online. Moladin menyuguhkan berbagai macam inforamasi tentang berita hangat seputar motor, modifikasi motor, serta tips dan trik motor.

2 comments