Cara Agar Blog Terindeks(ada) di Pencarian Google

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google
Postingan yang tak kunjung muncul di pencarian google atau istilahnya terindex kadang membuat sebagian blogger pemula frustasi. Namun membuat suatu postingan terindex di mesin pencari google itu tidaklah sulit jika mengetahui caranya. Untuk itu di sini saya akan membagikan bagaimana agar artikel/postingan cepat terindex untuk pemula.
Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google
Membuat postingan yang kamu publish tampil di search engine itu tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu mendaftarkan blog kamu ke webmaster tool/search console(selanjutnya kita sebut search console), lalu mensubmit sitemap/peta situs dan juga mensubmit setiap artikel yang kamu buat di web tersebut.

Search console merupakan website milik google yang memang dibuat khusus untuk memudahkan setiap pemilik web, dalam hal ini blog untuk meminta perayapan bot search engine kepada situs mereka. Singkatnya, untuk memperkenalkan situs mereka ke search engine sehingga situs mereka akan lebih cepat tampil di search engine.

Lalu bagaimana cara kita mendaftarkan dan mensubmit sitemap blog kita ke search console? Oke langsung saja simak caranya di bawah ini.

Update

Search Console/Webmaster tools sudah update ke tampilan baru. Walaupun masih bisa mengakses tampilan lama, namun ada tool yang akan dihilangkan segera yaitu fetch as google, penggantinya yaitu inspeksi url pada search console yang baru. Untuk langkah-langkah mulai dari submit blog, submit sitemap dan minta pengindeksan pada search console yang baru, kamu bisa baca artikel Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru

Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tool/Search Console dan Submit Sitemap

Cara Menambahkan Blog ke Webmaster Tool/Search Console

  1. Pertama, masuk ke webmaster tool www.google.com/webmasters/tools/home.
  2. Saat pertama mungkin kamu akan diminta sign in, silahkan sign in dengan email yang kamu punya atau yang kamu gunakan pada blog kamu(bebas).
  3. Setelah itu kamu klik ADD A PROPERTY, setelah itu isikan pada dialog box yang muncul dengan url blog kamu, untuk lebih mudahnya kamu kunjungi blog kamu lalu copy urlnya pada halaman pertama di blog kamu. Setelah itu klik Add. Nah sekarang blog kamu sudah terdaftar di webmaster tool/search console, dan sudah terverifikasi otomatis(FYI: Dulu harus memverifikasinya manual, dan entah sejak kapan saat Ikhfan coba tadi ternyata sudah langsung terverifikasi).
    cara submit blog ke webmaster tool/search consolecara submit blog ke webmaster tool/search console
  4. Tidak ada salahnya kamu mengecek apakah blog kamu sudah terverifikasi di search console atau belum, karena Ikhfan takut kalau blog Ikhfan langsung terverifikasi otomatis karena memang email yang Ikhfan gunakan di situ sudah banyak blog yang terverifikasi search console. Cara mengeceknya yaitu dengan klik icon roda gigi di pojok kanan atas, lalu klik Verification Details. Nah kalau sudah verified berarti sudah terverifikasi ya hehe, mungkin kalau bahasa Indonesia akan lebih mudah dipahami. Ikhfan aja taunya cuma tulisan verified aja hehe.
    cara submit blog ke webmaster tool/search consolecara submit blog ke webmaster tool/search console
  5. Nah setelah kamu mengecek verifikasi kepemilikan blog kamu, silahkan kembali ke tampilan seperti pertama tadi.
Selanjutnya kita akan masuk ke langkah submit sitemap blog kamu. Submit sitemap atau peta situs bertujuan untuk meminta bot search engine untuk merayapi seluruh isi dari blog kamu. Intinya untuk mengenalkan blog kamu ke search engine.

Cara Submit Sitemaps Blogger/Blogspot

  1. Pada dashboard search console tadi, kamu pilih tab Crawl lalu pilih Sitemaps. Lalu kamu klik tombol ADD/TEST SITEMAP yang berwarna orange  pada pojok kanan atas tampilan.
    submit sitemap ke webmaster tool/search console
  2. Lalu isikan sitemap.xml atau atom.xml pilih salah satu. Tapi sebelumnya kamu klik Test dulu jangan langsung Submit, takutnya ada yang error. Soalnya saat Ikhfan test dengan mengisikan sitemap.xml ditemukan error, sedangkan saat Ikhfan test yang atom.xml tidak ditemukan error.
    submit sitemap ke webmaster tool/search console
    submit sitemap ke webmaster tool/search consolesubmit sitemap ke webmaster tool/search console
  3. Setelah kamu test keduanya atom.xml dan sitemap.xml, pilih yang tidak ditemukan error, apabila keduanya tidak ada yang error pilih salah satunya saja. Misal di sini Ikhfan pakai atom.xml, masukan atom.xml dalam dialog box(langkahnya sama seperti pada saat test tadi), selanjutnya tinggal klik Submit.
    submit sitemap ke webmaster tool/search console
  4. Taraaaa.... Sitemap blog kamu sudah berhasil di submit.
    submit sitemap ke webmaster tool/search console
Selain mendaftarakan dan mensubmit blog kita ke search console, kita juga bisa memanfaatkan fitur fetch as google pada search console untuk mensubmit setiap artikel yang kita buat sehingga artikel kita lebih cepat muncul di search engine google.
Baca Cara Membuat Postingan/Artikel Cepat Terindex dengan Fetch as Google
Nah selesai sudah tulisan Ikhfan kali ini tentang bagaimana agar blog dan postingan/artikel cepat terindeks search engine. Nah kalau ada kesulitan atau ada kalimat yang membingungkan jangan sungkan tanyakan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
9 Komentar
avatar

Soal google console sesuatu yang membuat saya takut mas. Dulu waktu daftar sampe deg-degan. Coz takut salah hahaha

Balas
avatar

Iya, saya juga pas awal-awal dulu gitu. Pas input sesuatu diliatin berulang-ulang(takut salah), tapi kalau udh terbiasa, biasa saja kok hehe. Paling yg mesti diperhatiin itu pas masukin url website pake http:// atau https:// itu bagian penting

Balas
avatar

bagaimana cara membuktikan bahwa web atau blog kita sudah ada di google?

Balas
avatar

Cara ceknya apakah web/blog kita sudah ada di google atau istilahnya terindex google yaitu dengan cara ketik di pencarian google "site:urlblogkita"(hilangkan tanda kutip). Semoga jelas ya kak hehe, terima kasih

Balas
avatar

Thanks mas sangat membantu

Balas
avatar

Kak, gimana kalau tutorial yg di terangkan gak sesuai dgn praktek saya. Saya sudah coba, tp dilayar cuma muncul gak bisa gitu dech.

Balas
avatar

Ngga bisanya pas di langkah yg mana ya? Trus ngga bisanya ada tulisan apa?(pesan errornya gimna?)

Balas
avatar

hallo kak mau tanya kok di saya ga ada tampilan add/sitemaps yah ?

Balas
avatar

Hallo jg, udah solved belum?
Search console yang baru tampilannya memang berubah, saya sudah menyertakan link artikel cara submit search console yang terbaru pada artikel di atas.

Coba kamu scroll ke atas lagi link artikel cara submit search console yang baru saya kasih kotak warna berbeda dan ada tulisannya update tepatnya berada di bawah paragraf ke-3, silakan dibaca artikel itu, kalau memang ada kendala lagi, boleh di tanyakan lagi, terima kasih

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔