Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Cara Agar Postingan Blog Cepat Muncul di Google

Cara Agar Postingan Blog Cepat Muncul di Google 
Masalah artikel tidak muncul di google kadang membingungkan pemula. Kita sudah buat artikel tapi kok tidak ada di google bahkan dicari dengan kata kunci sedetail mungkin. Itu terjadi mungkin karena artikel kita belum terindex oleh mesin pencari. Oleh karena itu di sini Ikhfan akan membagikan, bagaimana caranya agar artikel yang kita buat cepat muncul atau terindex oleh mesin pencari, terutama google.

Search engine sangat penting dalam dunia blogging, di mana kita tahu bahwa pengunjung terbaik adalah yang bersumber dari search engine. Tapi bagaimana kita bisa mendapatkan pengunjung dari search engine jika artikel kita terindex saja belum, apalagi harus bersaing di halaman pertama pencarian google. Oleh karena itu penting rasanya untuk tahu bagaimana agar postingan yang kita buat cepat tampil di search engine, kalau bisa dihalaman 1-2 pencarian google, karena hal itu kemungkinan akan mendatangkan pengunjung lebih banyak.

Namun pembahasan Ikhfan kali ini masih sekedar bagaimana artikel kita bisa terindex oleh search engine belum sampai pada bagaimana cara bersaing di halaman pertama pencarian google, karena artikel ini dikhususkan untuk pemula, dan Ikhfan pun juga masih pemula jadi ilmunya belum banyak tentang bagaimana cara bersaing dihalaman pertama pencarian google.

Nah untuk mempercepat pengindexan pada artikel yang baru kita buat, kita memanfaatkan fitur Fetch as Google yang sudah tersedia di webmaster tool/search console. Sebelum memanfaatkan fitur fetch as google, blog kamu mesti sudah terdaftar di search console.
Baca Cara Agar Blog Muncul di Google dengan Search Console
Setelah tahu bagaimana cara mendaftarkan blog ke search console dan menerapkan cara tersebut, selanjutnya kita masuk ke pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mensubmit artikel pada fitur fetch as google.

Cara Menggunakan Fetch as Google

  • Pertama-tama kamu masuk ke dashboard search console/webmaster tool blog kamu. Selanjutnya pilih tab Crawl, lalu pilih Fetch as Google.
  • Copy url artikel kamu dan pastekan pada kolom yang sudah disediakan. Perhatikan gambar di bawah, url artikel kamu tidak sepenuhnya di pakai jadi dicopynya mulai dari bagian tahun sampai akhir. Misal url artikelnya seperti ini
https://www.fanyusuf.com/2018/08/cara-mudah-menghilangkan-rasa-malas.html
Di copy bagian seperti di bawah ini saja
2018/08/cara-mudah-menghilangkan-rasa-malas.html
Nah yang dicopy seperti di atas saja lalu, pastekan di kolom yang sudah disediakan seperti gambar di bawah ini.

Cara Agar Postingan Blog Cepat Muncul di Google

  • Selanjutnya klik FETCH AND RENDER, maka akan muncul seperti gambar di bawah.

    fetch as google agar artikel cepat terindex
  • Tahap selanjutnya klik Request indexing lalu mencul seperti gambar di bawah ini. Kamu klik captcha lalu pilih Crawl only this URL(ini hanya meminta bot google untuk merayapi/mengunjungi url tersebut saja) atau Crawl this URL and its direct links(Merayapi url tersebut dan url yang ada di dalam artikel tersebut). Kalau Ikhfan sih biasa pakai Crawl only this URL karena setiap bikin artikel langsung Ikhfan submit di situ. Lalu klik Go.
    fetch as google agar artikel cepat terindex
  • Nah udah beres deh, tinggal nunggu beberapa menit atau paling lama beberapa jam kalau artikel kamu bukan hasil copas pasti langsung keindex.
fetch as google agar artikel cepat terindex

Cara mengecek keindex atau belumnya artikel kamu itu sangat mudah, yaitu buka google, pada kolom pencarian ketik  
site:urlblogkamu judul posting yang dicari
Misal site:fanyusuf.com cara mudah menghilangkan malas
Sekarang kamu cari artikel yang kamu buat tadi udah muncul atau belum, jika sudah, artinya sudah terindex.
Cara Agar Postingan Blog Cepat Muncul di Google
Contoh artikel sudah terindex
Oke selesai sudah tulisan Ikhfan kali ini tentang cara mudah agar postingan/artikel cepat terindex google. Jika belum paham, atau ada kalimat yang membingungkan jangan sungkan tanyakan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.


2 comments

  1. Cara nya berbeda sama yg ane lakukan bro. Tapi dasarnya sama,biar terindex Google Search

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah caranya gimana itu bro. Boleh lah dishare di sini, biar kita sama-sama belajar.

      Delete