Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

Jenis-jenis ikan hias air tawar terindah - Sepeti yang kita ketahui bahwasanya di belahan bumi ini terdapat banyak sekali spesies ikan air tawar. Setiap daerah memiliki karakter air yang berbeda-beda, sehingga memiliki jenis ikan hias yang berbeda dengan daerah lainnya.
jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pixabay.com
Dari sekian banyak spesies ikan hias air tawar yang tersebar di belahan bumi, kali ini saya akan membahas beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling indah menurut blog aquascape pemula. Jenis-jenis ikan hias air tawar yang akan saya bahas di bawah beberapa di antaranya pernah saya pelihara. Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mari kita lihat fakta menarik tentang bagaimana ikan tidur di bawah ini.

Cara Ikan Tidur

Setiap makhluk hidup di dunia ini baik di darat, udara maupun air membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaganya. Istirahat yang perlu dan pasti di lakukan adalah tidur. Tapi, pernahkah kamu lihat ikan tidur?. Mungkin kamu pernah melihatnya tapi kamu ngga tau kalau ikan yang kamu lihat sedang tertidur, kenapa?. Karena saat ikan tidur ikan tidak memejamkan matanya.

Hayo tebak kenapa saat ikan tidur mereka tidak memejamkan matanya?, yup tepat sekali, karena mereka tidak memiliki kelopak mata. Jadi, kapan ikan tidur?. Saat ikan tidur biasanya mereka akan diam atau melayang di air sambil sesekali menggerakan siripnya untuk menjaga keseimbangan, mereka pun dapat dengan seketika berenang ketika mereka merasa terancam. Ada juga ikan yang kalau mau tidur mencari tempat berlindung terlebih dahulu.

Oke di atas sekilas fakta menarik tentang bagaimana cara ikan tidur, selanjutnya mari kita masuk ke pembahasan utama kita yaitu jenis-jenis ikan air tawar terindah.

Neon Tetra

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by zonaikan.wordpress.com
Yang pertama ada neon tetra. Ikan jenis ini merupakan salah satu ikan favorit saya. Dengan corak warna biru metalik pada badan bagian atas, merah metalik di setengah badan bagian bawah belakang perut, serta putih transparan di bagian bawah kepala sampai perut(lebih jelasnya lihat gambar di atas) membuat ikan ini terlihat sangat cantik, apalagi saat terkena sinar lampu ikan ini seakan menyala.

Neon tetra sendiri dapat tumbuh hingga kurang lebih 3cm. Ikan ini akan terlihat bagus ketika di pelihara dalam jumlah banyak karena termasuk jenis schooling fish, jadi ketika dia berenang akan kompak bersama-sama satu sama lainnya.

Di Indonesia sendiri neon tetra sudah banyak dibudayakan dan harganya pun sangat terjangkau. Juga sudah banyak dijual di toko-toko akuarium.

Cardinal Tetra

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by ikanhiasterindah.blogspot.com
Nah yang kedua ini masih dalam keluarga tetra, yaitu cardinal tetra. Kadang orang bingung membedakan cardianl tetra dengan neon tetra karena coraknya yang benar-benar mirip. Perbedaannya adalah jika neon tetra memiliki corak warna merahnya hanya dari belakang perut hingga ekor sedangkan cardinal tetra corak merahnya dari kepala bagian bawah hingga ekor. Jadi, corak cardinal tetra adalah warna biru metalik pada badan bagian atas dan merah metalik pada badan bagian bawah.

Ukuran cardinal tetra kurang lebih sama dengan jenis neon tetra. Sifat cardinal tetra pun sama dengan neon tetra yaitu schooling fish sehingga akan terlihat bagus jika memelihara dalam jumlah yang banyak. Tapi, kamu harus tetap memperhatikan kapasitas akuarium agar ikan memiliki ruang gerak yang nyaman.

Red Nose Tetra

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pondokair.com
Seperti namanya red nose tetra memiliki titik merah di bagian hidungnya. Memang corak warna tubuhnya tak seindah neon dan cardinal tetra, tapi red nose tetra memiliki keunikan yaitu titik merah pada bagian hidungnya. Corak unik pada bagian ekornya juga menambah nilai keindahan ikan ini.

Saya belum pernah memelihara jenis red nose tetra, tapi kalau melihat sekilas saat berkunjung ke toko akuarium, ukuran maupun sifat red nose tetra masih mirip-mirip(schooling fish) dengan 2 keluarganya di atas(neon dan cardinal tetra).

Red nose tetra sudah dibudidayakan juga di Indonesia, hanya saja belum setenar jenis neon tetra yang sudah tersebar di mana-mana.

Manfish/Angel fish

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pixabay.com 
Awal saya melihat angel fish aku kira ini merupakan ikan hias air laut dan ternyata bukan. Ciri fisik angel fish ini berbeda dengan ikan hias air tawar lainnya. Angel fish lebih mirip ikan air laut, bentuknya seperti segitiga, lebar, dan gepeng(lebih jelasnya lihat gambar di atas) membuat ciri fisik ikan ini termasuk unik di kalangan ikan hias air tawar.

Sifat angel fish tenang dan tidak banyak bergerak kesana kemari(hanya melayang-layang di air) tapi dapat seketika agresif ketika merasa terancam. Menurut saya, angel fish ini juga bersifat sedikit teritorial. Karena ukuran ikan ini yang bisa mencapai setelapak tangan balita, jadi angel fish membutuhkan akuarium dengan kapasitas yang agak besar untuk memelihara ikan ini agar ruang gerak mereka tidak terlalu sempit yang berakibat pada ikan stress.

Oh, iya satu lagi, sebaiknya jangan pelihara angel fish barengan sama guppy. Karena nanti ekor si guppy akan di jahilin(di gigit-gigit) kasihan kan si guppynya, juga membuat keindahan si guppy jadi berkurang.

Angel fish ini juga sudah banyak di budidayakan dan dijual di toko-toko akuarium.

Berbagai Macam Gurami Mini Hias

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by seputarikan.com
Untuk jenis gurami hias ini saya tidak bisa menyebutkan satu persatu karena selain banyak, saya juga belum pernah memeliharanya.
Untuk gambar di atas merupakan jenis Dwarf gurami. Sifat gurami hias sendiri yaitu teritorial. Jadi dalam satu akuarium sebaiknya jangan memelihara dalam jumlah yang terlalu banyak karena ditakutkan nanti malah pada tawuran haha. Namun apabila akuarium kamu cukup besar dan muat untuk memelihara ikan arapaima ya tidak masalah memelihara jenis gurami hias dalam jumlah banyak hehe.

Guppy

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pixabay.com
Yang selanjutnya ada berbagai macam jenis guppy. Banyak sekali jenis ikan guppy, yang pasti ikan ini terlihat indah karen beragam corak pada ekornya. Ikan mungil ini sudah cukup banyak di kenal luas dan cukup banyak penggemarnya.

Sifat ikan ini lebih suka berenang di permukaan air, hanya sesekali dia berenang ke kedalaman air. Ikan guppy ini sangat mudah perawatannya dan bahkan dapat berkembang biak dengan mudah.

Ikan guppy juga sudah banyak di budidayakan di Indonesia, dan harganya lebih terjangkau daripada ikan-ikan yang saya sebutkan di atas. Namun ada juga ikan guppy jenis tertentu yang harganya sedikit mahal karena memang corak ikan tersebut sangat indah.

Ikan Cupang

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pixabay.com
Nah yang ini kamu sudah tau pasti kan. Iya, ikan cupang mungkin bisa di bilang ikan yang paling merakyat, kenapa?. Karena dari kalangan pecinta ikan hias maupun yang hanya iseng memelihara ikan pasti kenal dengan ikan cupang. Kamu juga pasti tau kan letak keindahan ikan cupang ini?. Yup betul sekali ada pada ekornya.

Sebenarnya kalau di telusuri lebih dalam lagi, banyak jenis ikan cupang, bahkan ada jenis ikan cupang endemik Indonesia yaitu "betta patoti" yang berasal dari perairan Kalimantan. Namun yang lazim kita kenal hanya beberapa yang sudah banyak dibudidayakan dan harganya terjangkau, dan jenis halfmoon menurut aku yang paling banyak di sukai kebanyakan orang yang baru mengenal cupang.

Sifat ikan cupang sendiri sangat teritorial. Jadi kalau kamu memelihara ikan cupang lebih dari satu dalam akuarium apalagi akuariumnya kecil sudah dapat di pastikan ikan ini ngga akan akur satu sama lain, ribut setiap hari yang berujung pada kematian pada salah satu pihak yang lemah. Namun apabila akuarium kamu cukup besar, saya rasa tidak masalah memelihara lebih dari satu namun tetap kurang di anjurkan, takutnya nanti pas mereka ketemu malah tawuran.

Ikan cupang ini juga sangat mudah ditemukan penjualnya, karena sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan sampai daerah pelosok. Untuk harganya mulai dari 10rban hingga ratusan ribu.

Discus

jenis-jenis ikan hias air tawar terindah
Image by pixabay.com
Nah yang ini memang yang the best daripada yang lain, yaitu discus. Keluarga discus sendiri memiliki beberapa macam jenis antara lain green discus symphysodon aequifasciatus, blue discus symphysodon haraldi, heckel discus symphysodon discus. Panjang ikan discus bisa mencapai kisaran 15 hingga 25cm.

Saya belum pernah sih memelihara ikan discus, ya karena harganya yang belum terjangkau, bayangkan saja untuk discus yg masih standar(kurang tau jenis discus apa) dan masih kecil saja saya lihat di toko akuarium harganya sudah 75rbuan.

Ciri fisik ikan ini memang sangat cantik, dan berdasarkan informasi yang saya pernah baca di komunitas aquascape, semakin bulat bentuk ikan discus semakin mahal juga harganya. Jadi semakin bulat bentuk ikan jenis ini maka semakin tinggi nilai keindahannya.

Untuk pemeliharaan ikan discus sedikit intensif, karena pada umumnya membutuhkan air dengan suhu yang cukup hangat yaitu 28-30 C. Nah bagi kamu yang hidup di tempat yang bersuhu dingin tentunya membutuhkan heater. Selain itu memberi makan ikan discus juga tidak sembarangan supaya warna ikannya bisa cerah maksimal.

Kamu bisa memberi makan discus cacing beku atau cacing sutra. Kalau kamu tidak mau ribet ya kamu bisa memberinya makan tetra bits complete(bukan bermaksud promosi, tapi memang ini jenis pakan ikan yang bagus), tapi harga pakan granule ini cukup mahal.

Sedikit Tips
  • Saat memelihara ikan hias, kamu perlu memperhatikan kapasitas akuarium dengan ukuran fisik ikan, kenapa?. Untuk menghindari ikan stress karena ruang gerak yang terlalu sempit, jadi kamu harus perhatiin seberapa banyak ikan yang bisa di taruh di dalam akuarium kamu agar ruang gerak ikan cukup leluasa.
  • Setelah membeli ikan jangan langsung memasukan ikan ke akuarium. Taruh dulu ikan beserta wadahnya(plastik isi air dan ikan) dalam akuarium kamu, biarkan sampai sekitar 15 menit baru kamu bisa keluarkan ikan dari wadahnya lalu masukan ikan ke akuarium beserta air yang ada di wadahnya, untuk apa?. Hal ini untuk menghindari perubahan suhu air secara drastis, sehingga ikan tidak kaget.
  • Jangan memberi makan ikan berlebihan, berilah sedikit demi sedikit agar tidak ada pakan yang tidak termakan dan akhirnya mempengaruhi kualitas air yang berdampak pada kesehatan ikan terganggu.


Nah di atas sudah saya tuliskan jenis-jenis ikan hias air tawar terindah. Jika ada kekeliruan tolong sampaikan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔