Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Pengaturan Wajib di Blogger Sebelum Mulai Menulis

Pengaturan Wajib di Blogger Sebelum Mulai Menulis
Sebagai blogger pemula kadang bingung mau menulis tapi apa yang harus di perhatikan agar tulisan mudah ditemukan di pencarian, terutama pencarian google. Alangkah baiknya sebelum mulai menulis di blogger agar memperhatikan meta description blog, jangan asal langsung nulis saja. Hal ini dimaksudkan agar tulisan kamu cepat dikenali search engine, juga berpengaruh pada SERP(Search Engine Result Page) artikel kamu.

Apa itu Meta Description?

meta deskripsi blogger
Contoh Meta Description
Meta description adalah deskripsi blog atau artikel kamu yang akan dibaca search engine dan dicocokan dengan keyword atau kata kunci pencarian, untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas!

Jadi meta description atau meta deskripsi adalah salah satu dari 3 hal yang akan dibaca dan dicocokan dengan kata kunci pencarian oleh search engine. Ketika salah satu kata atau beberapa kata dalam meta deskripsi cocok dengan kata kunci pencarian, maka search engine akan menampilkan blog kamu, namun bukan berarti blog kamu langsung bisa tampil di halaman pertama search engine ya.

Dalam kasus ini kita ambil contoh yang paling populer yaitu google. Ketika kata-kata dalam meta deskripsi artikel kamu cocok dengan kata kunci yang dicari, belum tentu blog kamu akan ditampilkan di halaman pertama google, karena ada blog pesaing yang menampilkan artikel serupa, dan mungkin SERPnya lebih bagus. Banyak faktor yang mempengaruhi SERP tapi tidak akan Ikhfan bahas karena Ikhfan bukan ahlinya.

Intinya meta deskripsi ini punya pengaruh besar dalam SERP blog kamu. Untuk itu meta deskripsi ini sangat penting, karena memudahkan search engine mengenali blog atau setiap artikel kamu. Dan mempercepat artikel kamu berada di search engine(istilahnya terindex), karena for your information, ketika pertama kamu menulis dan mempublish artikel, bisa saja artikel kamu belum ada di search engine walau kamu cari sampai ke halaman berapapun pada search engine, apalagi jika blog kamu umurnya masih seumur jagung. Cepat atau lambatnya artikel terindex tergantung pada seberapa bagus SERP blog kamu.
Baca Cara Agar Postingan/Artikel Cepat Terindeks

Cara Mengaktifkan Meta Description di Blogger

  1. Pertama buka dashboard blogger kamu dan pilih menu settings atau pengaturan. Selanjutnya pada menu settings pilih tab search preferences atau preferensi penelusuran.
  2. Lalu pada tab search preferences ada description. Klik edit, lalu muncul pertanyaan enable search description? Lalu pilih yes, kemudian muncul dialog box. Isikan pada dialog box tersebut deskripsi dari blog kamu, maksimal 150 karakter termasuk spasi.
    mengaktifkan meta deskripsi blogger
    mengaktifkan meta description blogger
  3. Dalam mengisi deskripsi blog ini kamu jangan asal isi dengan kata kunci yang kamu incar. Deskripsi yang paling baik adalah yang relavan dengan isi blog kamu nantinya. Misal blog kamu isinya tentang puisi, jangan kamu isi deskripsi penelusuran itu tentang bisnis, karena nantinya tidak relavan dan berpengaruh pada SERP blog kamu.
  4. Terakhir klik save changes dan selesai.
Nah, setelah kamu aktifkan meta deskripsi di blog, kamu sudah bisa langsung nulis deh apa yang kamu mau. Dan sekarang di bagian posting kamu nanti akan ada menu search description, jadi kamu bisa mengisi deskripsi yang sesuai dengan artikel kamu setiap membuat postingan.

mengaktifkan meta description blogger

Untuk mengisi search deskripsi setiap postingan juga intinya sama dengan mengisi meta deskripsi blog tadi. Buatlah deskripsi yang relavan atau sesuai dengan isi artikel kamu, agar artikel kamu mudah dikenali search engine.

Oh ya untuk deskripsi penelusuran setiap artikel ini juga usahakan mengisinya maksimal 150 karakter termasuk spasi. Karena search engine yang diakses melalui perangkat mobile hanya menampilkan meta deskripsi sebanyak 150 karakter atau kurang(termasuk spasi). Jika kamu mengisinya lebih tentu nanti akan terpotong tulisannya sehingga tidak tampil semua, sia-sia kan ya.

Nah jika kamu sudah memahami dan menerapkan pengaturan-pengaturan blogger di atas, selanjutnya bagaimana sih cara menulis di blogger yang baik bisa kamu baca di artikel Ikhfan yang di bawah.
Baca Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger
Yup selesai sudah tulisan Ikhfan kali ini tentang pengaturan wajib di blogger sebelum mulai menulis. Bingung ngga? Kalau bingung siahkan tanyakan saja pada kolom komentar di bawah, karena Ikhfan rasa juga ada kalimat di atas yg cukup membingungkan, terima kasih.

No comments

Post a Comment