Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger

Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger
Artikel/postingan yang baik adalah artikel yang mudah dipahami dan bermanfaat untuk pembacanya. Dalam menulis artikel di platform blogger utamanya yang akan Ikhfan bahas di sini ada tips-tipsnya agar baik di mata pembaca maupun search engine. Intinya jangan menulis artikel untuk search engine, tulislah artikel untuk pembaca!

Untuk mulai menulis di blogger tentunya kamu harus punya blog dulu ya di blogger hehe. Kalau sudah punya tahap itu bisa dilewati. Kamu juga mesti memperhatikan apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan sebelum menulis artikel di blogger.
Baca Pengaturan Wajib di Blogger Sebelum Mulai Menulis
Selanjutnya bagi yang belum tau cara mulai menulis di blogger, perhatikan langkah berikut ini.
  • Masuk ke dashboard blogger kamu, lalu klik New post, dan taraaa kamu sudah bisa langsung mulai menulis
 Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger
  • Nah di sini Ikhfan akan jelaskan dulu bagian-bagian dari halaman tempat menulis di blogger ya, tapi secara garis besarnya saja, Ikhfan anggap kalian udah familiar dengan icon-icon pada word prosesor(udah sering ngetik di office word kan hehe)
Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger
  • Nomor 1 itu tempat kamu menulis judul artikel/postingan kamu.
  • Nomor 2 itu icon-icon pemformatan tulisan kamu semisal ada jenis font, ukuran font(heading, sub heading, minor, normal), bold, italic, underline(garis bawah), dan lain-lain.
  • Nomor 3 itu tempat kamu menulis artikel kamu.
  • Nomor 4 itu tempat kamu menyematkan label/kategori artikel.
  • Nomor 5 itu tempat kamu menuliskan deskripsi singkat isi dari artikel yang kamu buat.
  • Nomor 6 itu ada Publish untuk mempublish artikel, Save untuk menyimpan perubahan pada artikel kita, Preview untuk melihat preview artikel kita sebelum kita mempublishnya ke blog, dan Close untuk keluar dari halaman kita menulis artikel kita.
Nah secara garis besarnya sudah Ikhfan jelaskan di atas, bagian penting dalam menulis di blogger. Nah langsung saja kita masuk ke inti dari tulisan ini.

Tips-tips Menulis Artikel yang Baik dan SEO Friendly di Blogger

Menulis Judul

Kita mulai dari menulis judul. Menulis judul sebaiknya tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek. Apalagi jika blognya masih baru ada baiknya untuk menulis judul dengan metode long tail keyword, yaitu judul yang lebih dari 2 kata, biasanya 4 kata atau lebih, namun jangan lebih dari 60 karakter(termasuk spasi) karena search engine hanya membaca sampai 60 karakter(termasuk spasi) sehingga kalau judulnya lebih dari itu maka akan terpotong(tidak tampil seluruhnya).

Mengapa menggunakan long tail keyword pada blog baru? Karena blog baru SEOnya masih belum bagus sehingga jika kita menargetkan keyword pendek(short tail keyword) misalnya hanya dua kata, maka blog kita akan sulit bersaing di halaman terdepan google(halaman 1-2 pencarian google).

Menulis Isi Artikel

Untuk menulis isi artikel tips dari Ikhfan sih jangan terlalu bertele-tele dan bikin pengunjung males baca. Sematkan kata-kata/kalimat yang mengandung kata kunci yang kita incar pada paragraf-paragraf awal artikel, tapi jangan terlalu banyak menyematkan kalimat yang mengandung kata kunci, karena nantinya malah berakibat buruk pada SERP(Search Engine Result Page) artikel kita. Intinya berpikirlah bahwa kamu menulis untuk di baca manusia bukan robot!

Menulis Deskripsi Penelusuran/Search Description Artikel

Dalam menulis deskripsi artikel, tulisalah deskripsi singkat tentang artikel kamu. Menulis deskripsi ini usahakan mengandung kata kunci yang kita incar tapi juga harus sesuai dengan isi artikel, jangan artikel isinya tentang cara menulis eh deskripsinya tentang cara membaca, ini tidak relavan dan berdampak buruk pada SERP artikel kita.

Menulis deskripsi penelusuran ini jangan lebih dari 150 karakter(termasuk spasi), karena pada tampilan mobile, search engine hanya menampilkan deskripsi sebanyak 150 karakter atau kurang(termasuk spasi).

Mengisi Alt dan Title Gambar Agar Gambar Lebih Seo Friendly

Mengisi alt dan title gambar ini bertujuan agar gambar kamu dapat mudah di temukan di pencarian gambar google, sehingga kemungkinan akan mendatangkan visitor dari pencarian gambar google, ini juga bagus untuk SERP artikel kamu.

Untuk mengisi alt dan title gambar, klik pada gambar yang akan di isi alt dan titlenya, selanjutnya klik properties(lihat gambar di bawah!). Isilah dengan keyword/kata kunci yang kamu incar tapi harus tetap relavan dengan isi artikel kamu ya! Kalau Ikhfan biasanya mengisi alt dan title gambar dengan judul postingan baik itu di kolom alt maupun title Ikhfan samakan, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Tips Menulis Artikel yang Baik di Blogger

Nah mungkin hanya sedikit tips tentang bagaimana menulis artikel yang baik di blogger. Apabila ada kekeliruan mohon dikoreski karena Ikhfan juga masih belajar. Jika ada bagian yang belum paham, atau kalimat yang membingungkan jangan sungkan tanyakan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

6 comments

  1. sudah diterapkan semua. kini untuk next stepnya mulai belajar nulis itu sendiri agar engagment tinggu dari visitor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Agar engagment tinggi, saya rasa artikel mesti menarik dan bermanfaat agar si pembaca benar-benar menyimak, sehingga akan timbul pertanyaan-pertanyaan dalam benak mereka.

      Delete
  2. Aku pake WP sih. Tp kurang lebih sama sbnrnya.. Aku jg lbh fokus dlm konten artikel, dan menuliskan deskripsinya.. Biar gimana isi postingan ttp paling utama sih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang paham wordpress hehe. Tapi memang iya sih, isi artikel itu yang paling utama.

      Delete