Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Sebagai blogger pemula memulai ngeblog merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah. Mau dibilang susah, juga tidak bisa sepenuhnya kita katakan susah karena intinya hanya rajin dan latihan. Tapi mau dibilang gampang, juga tidak bisa dibilang gampang karena banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang tak perlu.

5 Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula
Original Image by pixabay.com
Banyak blogger pemula yang kurang memperhatikan bagaimana memulai sebuah blog dan apa yang semestinya dihindari. Bahkan tidak jarang karena kesalahan-kesalahan yang tidak mereka cari sebabnya mengakibatkan mereka kehilangan semangat atau bahkan frustasi ngeblog hingga akhirnya blognya terbengkalai.

Jadi apa saja sih 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula? Mari kita simak coretan di bawah ini.

Gonta-ganti Template

Sebagian atau bahkan sebagian besar blogger pemula melakukan kesalahan yang pertama ini, yaitu sering gonta-ganti template. Lalu, apa sih efek buruk dari sering gonta-ganti template?

Keseringan merubah template atau tampilan blog berdampak buruk pada fokus kita membuat konten dan juga pandangan search engine terhadap blog kita. Saat kita terlalu fokus pada tampilan blog, kemungkinan besar kita akan selalu merasa kurang puas dengan tampilan blog kita ketika melihat blog teman atau orang lain memiliki tampilan yang kita anggap lebih menarik. Hal itu membuat kita kehilangan fokus untuk membuat konten atau tulisan di blog, sehingga kita lebih sering merubah tampilan blog daripada menulis, padahal tujuan utama kita ngeblog adalah menulis.

Dampak lainnya jika kita terlalu sering merubah tampilan blog maka structure blog kita selalu berubah-ubah, dan itu tidak baik di search engine atau mesin pencari seperti google. Analogi sederhananya mungkin seperti ini, ketika kita masuk ke dalam rumah kita yang notabene kita sudah hafal ruangan-ruangannya. Maka, misalkan kita ingin ke kamar, kita sudah tau ada diruangan sebelah mana tanpa harus mencari muter-muter dulu. Berbeda ketika kita baru datang ke suatu tempat dan kita ingin mencari toilet misalnya, maka kita harus muter-muter dulu baru menemukan toilet yang kita cari.

Inti dari analogi di atas, jika struktur blog kita tetap maka mesin pencari(misal: google) akan lebih cepat untuk mengindex(memasukan blog/artikel ke list pencarian google) blog kita.
Jadi, ada baiknya saat memulai ngeblog kamu tentukan tampilan yang sesuai dengan hati kamu, lalu setelah kalian sudah menerapkan tampilan tersebut, sebisa mungkin jangan diganti-ganti lagi. Seandainya bosan, edit sedikit saja dari tampilan blog kita, sebisa mungkin jangan rubah keseluruhan. 

Tidak Konsisten(Jarang Update)

Poin yang kedua adalah tidak konsisten. Biasanya blogger pemula kurang memperhatikan poin ini. Banyak yang dalam menulisnya tidak konsisten, maksudnya yaitu dia tidak teratur dalam memposting artikel di blognya. Misal, hari ini update artikel kemudian besok update lagi tapi selanjutnya 2 minggu kemudian baru update lagi, atau misal hari ini langsung update 5 artikel lalu updatenya lagi entah kapan.

Nah, cara update artikel seperti di atas tidak seharusnya dilakukan, karena ketika ada pembaca yang benar-benar menyukai tulisan-tulisan kamu, dia akan kesulitan menemukan tulisan kamu yang terbaru, karena tidak tahu entah kapan updatenya dan tentunya hal itu membuat pembaca kecewa.
Baiknya dalam memposting artikel adalah teratur misal 1 minggu sekali, atau 1 minggu 2 kali, tapi tetap konsisten seperti itu. Usahakan minimal update artikel 1 minggu sekali.

Baca Juga Cara Membuat Blog Mudah untuk Pemula

Minim Praktik

Selanjutnya ada minim praktik. Seperti Ikhfan katakan di awal paragraf yaitu “rajin dan latihan” adalah kunci dari memulai sebuah blog. Banyak dari sekian banyak blogger pemula rajin membaca tapi jarang mempraktikannya. Sebanyak-banyaknya kamu membaca tapi tidak latihan atau mempraktikannya maka kemampuan kamu akan jalan di tempat. “Experience is the best teacher” kurasa itu benar adanya.

Menulis untuk Search Engine

Poin yang ini ngga terlalu banyak sih blogger pemula yang ngelakuin, tapi masih agak banyak juga yaitu mereka2 yang orientasinya page one google dan adsense biasanya hehe. Yang perlu diperhatikan dan ditanamkan dalam mindset kita yaitu kita menulis untuk manusia bukan mesin pencari, maka tulisan kita pun harus mudah dipahami oleh pembaca(manusia).

Jangan karena mengejar SERP(Search Engine Result Page) yang baik lalu kita menulis dengan susunan kalimat yang bikin gagal paham pembaca. Misal kita ingin mengejar page one di keyword “cara menulis di blog” lalu ada potongan kalimat seperti ini dalam artikel kita “Untuk cara menulis di blog kita harus memperhatikan beberapa faktor” padahal seharusnya seperti ini “Untuk menulis di blog kita harus memperhatikan beberapa faktor”.

Nah, menerapkan SEO ke artikel kita dengan mengabaikan susunan kata juga salah ya teman-teman. Ingat!! kita menulis untuk manusia bukan search engine.

Kurang Kesabaran

Poin ke 5 sekaligus yang terakhir yaitu tidak sabar. Blogger pemula yang belum tahu seluk-beluk blog biasanya tidak sabar ingin blognya cepat sukses. Misal, kita baru membuat blog dan menulis 5 artikel di blog kita, tapi kita maunya visitor di blog kita sudah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu.

Hal seperti itu tidak mungkin terjadi untuk blogger pemula. Untuk mencapai ribuan visitor seperti blogger-blogger handal di luar sana, kita harus memulai dari awal dan semuanya bertahap mulai dari 1 visitor/day, kemudian naik menjadi puluhan visitor/day, naik lagi menjadi ratusan/day, dan seterusnya. Namun hal itu tidak dapat dicapai tanpa usaha dan do’a yang disertai kesabaran.

Ya, di atas sudah Ikhfan coretkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula, maka dari itu sebisa mungkin kalian hindari kesalahan-kesalahan di atas ya teman-teman.Kunci kesuksesan menjadi seorang blogger yaitu rajin, latihan, konsisten, sabar, dan do’a.

Sekian tulisan ini, berikan komentar kamu pada kolom komentar di bawah kalau ada yang kurang jelas dari tulisan di atas, ingin memberi kritik, saran, masukan atau tambahan. Terima Kasih.

10 comments

  1. pemula rata2 gitu karena masih senang eksperimen dan coba2.

    kakau ga update sih karena belum disiplin, nanti seiring berjalannya waktu pasti mereka akan mealmpaui fase pemula,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sih banyak eksperimen, karena dari eksperimen tersebut akan menambah pengalaman pribadi. Tapi di sisi lain kurang efisien waktu karena harus trial and error. Nah, dengan mengetahui kesalahan-kesalahan apa yang seharusnya tidak dilakukan maka akan lebih efisien waktu.

      Iya bisa jadi karena belum disiplin. Maka dari itu di sini saya tulis biar kita sama-sama tahu kalau update artikel secara konsisten akan lebih baik untuk perkembangan blog kita

      Delete
  2. lama buat posting tulisan berikutnya biasanya karena masalah mentok ide, banyak kegiatan, banyak kerjaan jadilah amburadul blognya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener banget, banyak kegiatan, banyak kerjaan dan capek emg menjadi faktor yang menghambat. Tapi sepertinya mentok ide paling banyak dialami deh hehe. Soalnya kalau meluangkan waktu untuk menulis seminggu sekali aja kayanya masih bisa.

      Delete
  3. Kayanya jarang update bukan cuma bloger pemula deh yang ngalamin, yang udah ngaku bloger tahunan pun masih kadang males update, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih, saya juga termasuk jarang banget update hehe. Setidaknya tulisan ini untuk pengetahuan bagi yang belum tahu kalau jarang update atau tidak konsisten itu ngga bagus buat perkembangan blog kita

      Delete
  4. Lihat judulnya langsung tertarik, dan ternyata bener. Tapi saya ngeblog isinya curhat gitu. Masih belum ngeh juga gimana caranya ngeblog bisa ngehasilin adsense wkwk. Sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau personal blog ngga bisa disalahin sih kalau isinya curhat, cuma saran saya kalau ngeblog mau yang bisa ngehasilin adsense ya bikin konten yang dicari dan isinya tidak sekadar menghibur. Contohnya artikel tips atau tutorial gitu

      Delete