Cara Membuat Banner Youtube yang Sesuai di Semua Device

Banner youtube yang sesuai di segala device(tv, pc, tablet, smartphone) merupakan hal yang sangat penting, mengapa? Alasannya jelas, yaitu agar ketika dilihat dari segala device maka tampilannya rapih dan sesuai dengan apa yang ingin kita tampilkan di banner tersebut.
Cara Membuat Banner Youtube yang Sesuai di Semua Device
Gambar banner youtube channel Ikhfan Yusuf

Tampilan banner yang sesuai di setiap gawai akan terlihat rapih dan ketika tampilan banner kita rapih maka akan memberikan kesan bahwa channel youtube kita proffesional tidak asal-asalan.

Ketika kita membuat banner youtube tanpa memperhatikan ukuran-ukurannya atau aturan ukurannya maka kemungkinan besar tampilannya akan terlihat bagus di pc/laptop tapi akan bermasalah saat kita lihat melalui tablet atau smartphone. Apa yang dimaksud bermasalah di sini? Maksudnya, mungkin akan ada gambar yang terpotong atau tulisan yang terpotong pada banner tersebut(jika tidak beruntung).

Langkah-langkah membuat banner di bawah bisa kalian lakukan baik melalui pc/laptop maupun smartphone kalian. So...Bagaimana langkah-langkah membuat banner youtube yang rapih di semua ukuran? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama-tama kita harus tahu dulu ukuran untuk setiap devicenya berapa, coba lihat gambar di bawah ini(di bawah tulisan ini Ikhfan juga sudah sediakan link download template banner youtube ini buat kalian yang males bikin dari awal)
Cara Membuat Banner Youtube yang Sesuai di Semua Device
Gambar panduan ukuran banner di setiap device
3. Oke akan Ikhfan jelasin dulu maksud gambar di atas biar lebih jelas.
  • Saat channel youtube kalian dilihat melalui Tv maka semua layar(2560 x 1440) akan terlihat.
  • Saat dilihat melalui pc/laptop maka yang akan terlihat adalah 2560x423, yaitu dari ujung kanan warna hitam sampai ujung kiri warna hitam(jadi gambar yang berada di warna abu-abu bertuliskan 1855x423 dan warna putih ikut terlihat juga).
  • Saat channel kalian dilihat dari tablet maka yang terlihat mulai dari ujung kanan sampai kiri warna abu-abu bertuliskan 1855x423(jadi gambar di warna putih termasuk ya).
  • Nah terakhir, yaitu jika channel kalian dilihat dari smarthone maka yang akan terlihat hanya area yang berwarna putih.
2. Setelah kalian tahu ukuran-ukurannya kalian bisa buat layer2 di graphic editor kalian(photoshop, inkscape misalnya) kurang lebih seperti gambar di atas yang berguna sebagai panduan kalian untuk membuat gambar banner kalian yg sesungguhnya agar tidak keluar dari aturan.

3. Selanjutnya kalian tinggal taruh gambar-gambar atau tulisan yang ingin kalian buat banner di atas layer-layer(area) yang sudah dibuat tadi dan yang terpenting perhatikan ukurannya, jangan sampai keluar dari aturan ukuran.

4. Setelah jadi kalian tinggal mengexport gambarnya deh kedalam bentuk jpg atau png. Mudah bukan? Mudah dong. Setelah ini tinggal upload deh bannernya ke channel youtube kalian.

Ingin tahu Ikhfan di youtube? Let's see Ikhfan Yusuf (Numpang promosi, subscribe guys hehe)

Jadi yang dimaksud sesuai di segala ukuran layar itu bukan responsive. Gambar banner youtube saat dilihat melalui pc dan smarphone akan sedikit berbeda karena terpotong. Lalu yang kita upayakan di sini yaitu bagaimana agar saat banner kita terpotong karena ukuran, banner kita tetap pas(tidak ada gambar/tulisan yang terpotong tidak sesuai keinginan).

Ikhfan juga sudah menyediakan template banner panduan seperti gambar di atas. Jika kalian males membuat layer-layer panduan seperti gambar di atas kalian tinggal download di bawah ini dalam bentuk

SVG
Template Panduan Banner.svg
atau PNG
Template Panduan Banner.png

Sekian tulisan kali ini. Jika ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, kalian bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

wahh aku jadi pingin buat banner youtube belum sempet2

Balas
avatar

sempetin dong mas, kalau udah tau aturan ukuran-ukurannya ngga butuh waktu yang terlalu lama kok hehe

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔