Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger

Deskripsi penulusuran merupakan deskripsi singkat gambaran isi dari sebuah blog atau artikel. Mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran pada blog merupakan hal yang sangat penting, mengapa? Karena kata atau kalimat dalam deskripsi penelusuran akan dicocokan oleh mesin penelusur(contoh: google) dengan kata kunci yang dicari seseorang.
Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
Hal itu tentunya sangat berguna untuk ranking artikel kita dalam search engine. Contohnya seseorang mengetikan keyword "cara membuat blog". Nah, jika di dalam deskripsi artikel kita ada salah satu kata atau bahkan ada kalimat persis seperti keyword yang diketikan, maka hal itu akan membantu search engine untuk menampilkan blog kita. Sehingga ada kemungkinan orang yang mengetikan keyword tersebut akan mengunjungi blog kita.

Jadi bagaimana si cara mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran yang baik? Simak tulisan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran

  1. Pertama-tama, buka dashboard blogger kalian, klik menu Setting(Pengaturan) lalu pilih Search preferences(Preferensi penelusuran). Selanjutnya pada bagian Meta tags, Description, lalu disampingnya ada tulisan Edit. Kalian tinggal klik Edit(lihat gambar di bawah)
    Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
  2. Setelah klik Edit, kalian pilih yes, lalu akan ada kotak untuk mengisi deskripsi penelusuran blog kalian. Sampai tahap ini kalian tinggal isi deskripsi pada kotak tersebut sesuai dengan tema dari artikel-artikel pada blog kalian. Isilah deskripsi penelusuran maksimal 150 characters.
    Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
  3. Terakhir kalian tinggal klik Save changes(Simpan perubahan).

Tips Mengisi Deskripsi Penelusuran yang Baik

  1. Dalam mengisi deskripsi penelusuran maksimalnya yaitu 150 characters. Bagaimana jika lebih? JIka lebih dari 150 characters, maka lebihnya kemungkinan besar akan terpotong atau tidak akan ditampilkan di search engine. Jadi yang ditampilkan di search engine biasanya hanya kisaran 150
    characters.
  2. Relevansi deskripsi penelusuran. Kesesuaian antara tema pada artikel-artikel blog kalian dengan deskripsi penelusuran sangat penting. Jadi misalnya blog kalian artikelnya tentang traveling dan fotografi, maka jelaskan secara singkat bahwa tema blog kalian tentang traveling dan fotografi, jangan sekali-kali kalian isi deskripsinya dengan tutorial blog, karena ketidaksesuaian deskripsi dengan tema blog mempengaruhi blog ranking search engine blog. 
  3. Yang terakhir yaitu ketika kalian sudah mengaktifkan deskripsi penelusuran, maka setiap kalian menulis artikel akan ada menu Search Description(Deskripsi Penelusuran) pada menu post setting di sebelah kanan layar(lihat gambar di bawah).
    Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
    Nah, isi dari kotak deskripsi seperti gambar di atas adalah deskripsi yang akan terlihat di search engine pada setiap artikel kalian, maka isilah sesuai dengan artikel yang sedang kalian buat.
    For your information, ketika belum mengaktifkan deskripsi penelusuran blog, menu Search Description seperti pada gambar di atas tidak akan ada.
    Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
    Contoh deskripsi artikel
    Jelaskan secara singkat isi dari artikel yang kalian buat. Pada deskripsi artikel ini, relevansi isi artikel dengan deskripsinya juga sangat penting.
Baca Juga Cara Mencegah Komentar Spam di Blogspot
Mudah bukan mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran. Deskripsi penelusuran ini kelihatannya memang hal sepele tapi sebenernya sangat penting untuk ranking blog kita dalam search engine.

Tapi jangan berharap setelah kita mengaktifkan deskripsi maka blog kita rankingnya akan naik drastis, karena yang paling utama dalam sebuah blog adalah artikel. Sebagus apapun sebuah blog, kalau tanpa artikel apa artinya? Konsisten menulis dan jangan lupa makan hehe.

Sekian tulisan kali ini tentang cara mengaktifkan dan mengisi deskripsi penelusuran blog. Jika ada yang masih kurang jelas atau unek-unek silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts

2 comments

  1. Nah ini yang masih terkadang terlupakan saat saya posting artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang mas, deskripsi penelusuran ini hal penting yang terlihat sepele hehe

      Delete