Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

logoblog

Cara Mengubah Favicon Blogger Tanpa Ribet

Favicon merupakan logo kecil yang terdapat di sebelah kiri title atau judul sebuah halaman web yang akan tampil pada tab browser. Favicon memang tidak mempengaruhi SERP(Search Engine Result Page) sebuah blog, tapi dengan logo favicon yang sesuai/mewakili sebuah blog, maka blog tersebut akan terlihat profesional.

Cara Mengubah Favicon Blogger Tanpa Ribet
Contoh favicon
Mengubah favicon pada blogger tidaklah sulit. Untuk mengganti favicon default pada blogger, kita tidak perlu mengedit script-script kode yang rumit karena blogger sendiri sudah menyediakan fitur untuk custom favicon. Yang perlu dipersiapkan hanyalah gambar favicon yang bisa kamu buat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti photoshop, corel, inkscape, dan lain-lain. Bahkan kamu bisa membuatnya melalui internet karena banyak web favicon maker online yang bertebaran di luar sana.

Jadi, bagaimana cara mengubah favicon default blogger dengan favicon custom sendiri? Simak uraian di bawah ini.

Cara Mengubah Favicon Blogger

  1. Pertama-tama siapkan gambar yang akan kalian jadikan favicon pada blog kalian. Gambar harus berbentuk square(persegi) misal ukuran 16x16 px, 100x100 px, dan lainnya. Saya pribadi menggunakan ukuran 100x100 px. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran file gambarnya tidak lebih dari 100kb.
  2. Selanjutnya kalian masuk ke dashboard blogger kalian, lalu pilih tab layout(tata letak). Selanjutnya lihat pada bagian favicon, lalu klik Edit.
    Cara Mengubah Favicon Blogger Tanpa Ribet
  3. Setelah muncul halaman baru(seperti gambar di bawah) kalian tinggal klik browse untuk memilih gambar yang sudah kalian persiapkan. Setelah kalian memilih akan tampil preview gambar favicon kalian. Gambar harus benar-benar square(kotak) dan berukuran kurang dari 100kb. Karena jika gambar tidak memenuhi syarat maka tidak bisa dan akan muncul peringatan.
    Cara Mengubah Favicon Blogger Tanpa Ribet
  4. Terakhir tinggal klik save. Sekarang kalian coba kunjungi blog kalian dan lihat faviconnya sudah berubah. Kalau belum berubah, mungkin itu karena cache di browser kalian. So, kalian hapus dulu cache browser kalian.
Baca Juga Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
Nah, mudah bukan mengganti favicon default blogger dengan favicon custom. Seperti yang saya bilang di atas, kita tidak perlu repot mengedit script-script kode karena platform blogger sudah menyediakan fitur untuk custom favicon.

Sekian tulisan kali ini tentang cara mengubah favicon blogger tanpa ribet. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan, kalian bisa sampaikan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih.



Related Posts

No comments

Post a Comment