Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

logoblog

Cara Mengubah Permalink Blogger

Permalink(permanent link) merupakan url unik yang akan menjadi alamat dari suatu halaman atau artikel yang kita tulis. Seperti kepanjangannya, permanent link ini akan bersifat permanen menjadi identitas dari suatu halaman statis maupun dinamis pada sebuah blog.

Seperti dikatakan di atas, permalink ini merupakan suatu identitas dan sifatnya unik, maka tidak akan ada yang sama antara yang satu dengan lainnya. Contohnya adalah sebagai berikut.

https://www.fanyusuf.com/2019/01/cara-mengubah-permalink-blogger.html

Pada contoh di atas terlihat sebuah url blog yang diikuti dengan tahun dan bulan selanjutnya diikuti sebuah judul halaman. Tautan di atas merupakan format tautan blogger atau blogspot. Yang saya beri warna merah merupakan permalink yang dapat dicustom sesuai keinginan. Sedangkan yang saya beri warna biru merupakan url default blogger untuk setiap artikel(hanya artikel), isinya tergantung kapan waktu kita menulis, dan tidak dapat diubah maupun dihilangkan.

Mengapa Mengubah Permalink?

Mengubah permalink bukan hal yang harus, tapi ini perlu dilakukan ketika judul artikel yang kita buat terlalu panjang. For your information, permalink suatu artikel pada blogger defaultnya diambil dari judul artikel, misalnya judul artikel ini adalah

"Cara Mengubah Permalink Blogger"
Tautan defaultnya
https://www.fanyusuf.com/2019/01/cara-mengubah-permalink-blogger.html

Untuk judul seperti contoh tidak akan ada masalah, tapi ketika judulnya adalah

"Cara Mengubah Alamat Blogger agar Optimal"
maka tautannya akan menjadi
https://www.fanyusuf.com/2019/01/cara-mengubah-alamat-blogger-agar.html


Jika kasusnya seperti kasus kedua maka kita perlu mengubahnya karena terlalu panjang dan terpotong. Menurut artikel cara menulis artikel seo friendly ini, url yang baik bukan yang mengandung banyak keyword, tetapi yang mengandung keyword utama dan mudah dimengerti oleh search engine. Saya mengambil kesimpulan bahwa url yang baik yaitu yang mengandung keyword utama dan tertarget di satu keyword.

Setelah kita membahas apa itu permalink dan mengapa perlu mengubah permalink, selanjutnya kita masuk ke topik utama kita, yaitu bagaimana cara mengubah permalink. Langsung saja simak caranya di bawah ini.

  1. Pertama-tama buka dashboard blogger dan buat post seperti biasa.
  2. Lalu untuk mengubah permalink bisa dilakukakn setelah membuat judul atau boleh juga setelah artikel selesai dibuat dan siap publish. Pada saat membuat post, lihat ke sisi kanan layar, pada menu post settings klik permalink.
    cara mengubah permalink bogspot
  3. Selanjutnya klik custom permalink, lalu ubah permalink default pada kotak yang akan muncul di bawahnya dengan tautan yang kalian inginkan.
    image mengubah url artikel
  4. Terakhir tinggal klik done.
Baca Juga :
- Cara Mengaktifkan dan Mengisi Deskripsi Penelusuran Blogger
- Cara Mengubah Favicon Blogger Tanpa Ribet
Di atas sudah saya paparkan mulai dari apa itu permalink hingga cara mengubahnya. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin didiskusikan, kalian bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts

1 comment

  1. saya menerapkan permalink setiap kali publish artikel, kalau mau bikin ya sesuai disebutkan, pakai keyword utama agar lebih mudah ke index google

    ReplyDelete