Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

logoblog

Aplikasi Belajar Gitar Terbaik untuk Pemula

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tips belajar gitar untuk pemula. Tulisan kali ini akan lebih spesifik, yaitu aplikasi penunjang untuk belajar chord gitar. Pada tulisan sebelumnya saya menjelaskan beberapa langkah berlatih main gitar, salah satunya yaitu belajar chord. Untuk belajar chord/kunci ini bukanlah hal yang mudah untuk pemula, namun juga tidak bisa dibilang sulit ketika kamu mau berusaha. Karena yang terpenting itu hanyalah konsisten latihan.

aplikasi belajar gitar untuk pemula
Dalam belajar chord ini, untuk kita sebagai pemula kan harus tau bentuk/pola setiap chordnya bagaimana. Mungkin kita bisa meminta teman yang bisa main gitar untuk mengajari kita, namun tidak setiap saat kita bisa minta bantuan kepadanya.

Solusi lainnya yaitu mencari-cari gambar pola chord dan mempraktekannya. Tapi tentunya ribet kan kalau harus mencari gambar pola satu persatu. So, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi guitar tunio. Ini bukan promosi ya, saya tidak dibayar sama sekali, ini memang murni karena saya merasa aplikasi ini bagus. Untuk mendapatkannya kamu bisa langsung install melalui playstore atau app store kamu.

Kelebihan Aplikasi Guitar Tunio

aplikasi belajar gitar terbaik untuk pemula

  • Fitur lengkap mulai dari tuning/stem(gitar, ukulele, bass gitar, violine). Bahkan tuning dari setiap alat musiknya tidak hanya tuning standar, kita bisa memilih bermacam-macam tuning. Selain fitur tuning, fitur lainnya yaitu belajar chord, dan metronome.
  • Tampilan mudah dipahami tapi menarik
  • Size aplikasi kecil

Selanjutnya saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana menggunakan aplikasi ini. Simak baik-baik ya teman-teman

Stem/Tuning Gitar

Note : Hati-hati dalam menyetem gitar, karena jika senar putus berpotensi membahayakan
  1. Pertama kamu install aplikasi ini, setelah itu langsung buka saja.
  2. Jika kamu baru pertama membukanya maka langsung disuguhi tampilan tuning gitar pada mode auto(lihat gambar di bawah). Untuk memilih tuner apa yang ingin kamu pakai(misal ukulele tuner, violin, dll) caranya kamu pergi ke tab settings, selanjutnya pilih Select Tuning
    aplikasi untuk belajar main gitar
  3. Letakan hp kamu di depan gitar dan mulailah menyetem senarnya satu persatu. Pada mode auto ini kamu tinggal petik senarnya satu persatu tanpa menekan senar pada fretboard.
    aplikasi tuning guitar tunio
    Tampilan ketika senar yang distem kurang kencang(contoh: -4)
    aplikasi tuning guitar tunio
    Tampilan ketika senar yang distem terlalu kencang(contoh: +4)
    Di atas merupakan tampilan ketika senar yang sedang di stem(pada gambar senar 6) terlalu kencang, maka hal yang harus dilakukan adalah memutar tuner gitar kamu, kendurkan jika tampilan menginstruksikan terlalu kencang, dan kencangkan jika tampilan menginstruksikan senar terlalu kendur(puternya pelan-pelan saja). Jika sudah pas maka tampilannya seperti dibawah dan akan ada bunyi.
    aplikasi belajar gitar untuk pemula
  4. Mode lainnya yaitu mode manual. Pada mode manual kamu harus memilih senar mana yang akan dituning baru membunyikan senar tersebut. Untuk memilih senar mana yang ingin kamu tuning tinggal tap pada gambar tuner gitarnya yang ada tulisan E, B, G, D, A, atau E.
  5. Saya sarankan sih kalau masih baru belajar mending pilih yang auto.

Menu Chord

Nah ini dia menu untuk membantu kamu dalam memahami pola-pola setiap chord. Dalam menu chord ini ada dua pilihan chord, yaitu gitar dan ukulele.
  1. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar chord gitar, maka kamu pilih GUITAR pada menu seperti gambar di bawah.
    belajar chord gitar
  2. Setelah pilih GUITAR, di bawahnya ada menu lagi seperti gambar di bawah. Untuk menu ini di bagian atas garis itu kamu bisa pilih root chordnya(chord dasar) dan di bawah garis ada major, minor, dll. Kedua bagian(atas dan bawah) sebenarnya itu opsi untuk memilih suatu chord
    belajar chord gitar dengan aplikasi
  3. Jadi gini, misal kamu mau cari chord Am, maka kamu geser menu bagian atas sampai pada "A", lalu kamu geser menu bagian bawah sampai pada "minor", maka akan terbentuk gambar pola chord Am pada gambar fretboard. Pada bagian gambar pola kamu juga bisa menggesernya, jadi saat kamu pilih Am minor misalnya, maka akan ada beberapa bentuk Am, tapi yang paling umum adalah gambar yang pertama. Selain itu juga ada warnanya sebagai panduan jari mana yang digunakan untuk membentuk pola chord.
  4. Pada tulisan chord juga ada gambar #, misal C# itu dibaca "C kres". Dalam tangga nada itu berarti C+1/2. Selain itu, kamu juga bisa mengubahnya di bagian yang saya lingkari di bawah. Kalau kamu klik maka tanda # tadi berubah jadi mirip huruf "b", misal Gb dibaca "G mol". Dalam tangga nada itu berarti G-1/2. Untuk penjelasan no 4 ini bagi kamu yang belum belajar tangga nada, silakan abaikan saja, karena pasti akan bingung. Kalau saya jelaskan dasarnya di sini mungkin kalian akan muak dengan penjelasan saya yang panjang lebar dan tidak bisa dimengerti karena saya juga masih pemula.
    belajar chord gitar dengan aplikasi
So, mungkin sampai di sini dulu tulisan saya tentang aplikasi penunjang untuk belajar gitar, semoga bisa dipahami. Kalau belum paham kamu boleh bertanya di kolom komentar, Terima kasih

Related Posts

No comments

Post a Comment