Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Aplikasi Stem Sekaligus Belajar Chord Ukulele Terbaik

Ukulele atau dikenal juga dengan nama kentrung merupakan alat musik petik dari Hawai yang memiliki 4 senar. Alat musik ini ditemukan sekitar tahun 1879. Di Indonesia sendiri ukulele identik dengan genre musik keroncong.
aplikasi stem sekaligus belajar chord ukulele terbaik

Mempelajari ukulele bisa dibilang gampang-gampang susah. PR yang harus dikerjakan sebelum kita belajar ukulele yaitu kita harus stem/tuning ukulelenya terlebih dahulu agar suara tidak fals. Namun sebelum lanjut belajar ukulele ada baiknya kita ketahui dahulu beragam ukuran ukulele.

Beragam Ukuran Ukulele

  • Soprano(21")
  • Concerto(23")
  • Tenor(26")
  • Baritone(30")
Seiring perkembangan teknologi, tidaklah sesulit yang dibayangkan untuk belajar ukulele mulai dari tuning ukulelenya hingga belajar kunci/chordnya. Sudah tersedia banyak sekali aplikasi tuning maupun belajar chord ukulele.

Namun di sini saya akan membahas aplikasi yang sudah mencakup keduanya, yaitu tuning sekaligus belajar chord. Aplikasi yang saya gunakan ini bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi terbaik karena mencakup dua fungsi sekaligus dan penggunaannya mudah bahkan untuk pemula sekalipun(note:bukan endorse). Nama aplikasinya adalah ukulele tuner(lihat gambar di bawah)
aplikasi stem ukulele terbaik

Kalian bisa langsung mengunduhnya melalui play store kalian masing-masing. Selanjutnya saya akan membahas cara penggunaanya.

Cara Stem Ukulele Menggunakan Ukulele Tuner

  1. Kalian install terlebih dahulu aplikasi ukulele tuner yang seperti pada gambar di atas.
  2. Setelah terinstall langsung saja kalian buka appnya, pilih tab Tuner(lihat gambar di bawah)
    stem ukulele dengan ukulele tuner
  3. Letakan smartphone kalian di depan ukulele saat akan menyetem, lalu tuning senar ukulelenya satu persatu mulai dari senar 1(paling bawah) hingga senar 4(paling atas). Saat nada senar sudah sesuai maka indikator akan berwarna hijau(lihat gambar di bawah)
    tuning ukulele dengan ukulele tuner
Tuning ukulele di atas adalah standar tuning untuk ukulele ukuran soprano ya guys yaitu G C E A.

Belajar Chord Dasar

  1. Buka aplikasi ukulele tuner tadi.
  2. Setelah terbuka, pilih tab CHORDS(lihat gambar di bawah)
    belajar chord ukulele dasar
  3. Tinggal sesuaikan jari kalian dengan pola gambar chord yang kalian ingin pelajari.

Belajar Chord Lanjutan

Untuk belajar chord lanjutan atau advanced, saya sarankan kalian sudah bisa bermain ukulele dengan chord dasar terlebih dahulu. Untuk belajar advanced chord dengan ukulele tuner ini caranya yaitu :
  1. Buka aplikasi ukulele tuner
  2. Pilih tab  CHORDS ADVANCED, lalu di situ ada 2 kolom, kolom sebelah kiri adalah root chordnya(chord dasarnya), untuk memilih chord dasarnya tinggal tap kolom sebalah kiri. Selanjutnya kolom sebelah kanan untuk memilih akan jadi chord apa yang kalian inginkan.
    belajar chord ukulele lanjutan
  3. Misalnya gini, saya mau belajar chord D7, maka langkahnya adalah saya tap kolom sebelah kiri dan pilih D sebagai root chordnya Selanjutnya saya tap kolom sebelah kanan dan pilih 7, maka di situ akan muncul gambar untuk chord D7 Misal di situ muncul beberapa gambar(contohnya D7 ada 2 gambar) maka kalian pilih salah satu gambar atau coba semuanya jg tidak masalah karena walaupun polanya tidak sama antara gambar satu dengan yang lain, namun bunyinya sama yaitu D7 misalnya.
So, segitu aja mungkin tulisan saya kali ini, semoga kalian paham. Jika masih ada yang kurang jelas, kalian bisa tanyakan melalui kolom komentar, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment