Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

logoblog

Cara Agar Smartphone Spek Rendah Tidak Lemot

Smartphone lemot merupakan suatu hal yang sangat menjengkelkan, apalagi kalau lagi dalam keadaan yang mendesak. Mungkin tidak semua orang mengalaminya tapi sebagian banyak masih mengalaminya, terutama bagi mereka dan saya hehe yang masih setia dengan smarthphone low spek.

cara agar smartphone spek rendah tidak lemot
Original image by pixabay.com

Penyebab Smartphone Melambat

Sebenarnya apa sih yang membuat suatu smartphone mengalami lag atau lambat? Jadi, smartphone mengalami lambat biasanya karena minimnya spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Tapi kalau dibilang minim juga kurang tepat si karena yang terjadi adalah ketidaksesuaian antara spesifikasi yang dimiliki smartphone dengan yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi.

Ruang RAM(Random Access Memory) Terlalu Sedikit

Misalnya suatu smartphone memiliki memory RAM 1gb dan yang tersedia untuk dipakai biasanya hanya sekitar 800mb. Dari 800mb misalnya sudah terpakai untuk macam-macam aplikasi yang berjalan 400 mb, lalu kamu menjalankan sebuah aplikasi yang membutuhkan RAM 350 mb maka hampir pasti smartphone kamu bakalan lag.

Sebenarnya faktor spesifikasi yang membuat lambat atau tidaknya sebuah smartphone bukan hanya ram tapi ada yang lebih utama yaitu prosesor, tapi saya kurang paham mengenai prosesor jadi tidak saya bahas. Selain itu juga biasanya ada kesesuaian antara spesifikasi RAM dan prosesor. Produsen membuat smartphone pasti dengan spesifikasi yang berimbang pada segala sisi. Jadi kalau misal RAMnya kecil ya tidak mungkin mereka menanamkan prosesor dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

Memory Internal Penuh

Selain masalah di atas, yang biasanya terjadi yaitu karena penyimpanan internal yang terlalu penuh. Pernah ngerasain kan pas punya hp dengan ruang penyimpanan internal sedikit lalu suatu saat penyimpanan penuh dan hp jadi terasa lambat. Saat memory internal penuh disitu juga akan ada pemberitahuan kan yang intinya kurang lebih "penyimpanan penuh, beberapa fungsi mungkin tidak dapat dijalankan". So, ruang penyimpanan yang penuh juga mempengaruhi performa smartphone kalian.

Setelah kita tahu penyebab smartphone lemot, selanjutnya saya akan membagikan beberapa tips agar smartphone spesifikasi rendah tidak lemot.

Sadar Spesifikasi

Yang pertama ini agak aneh ya hehe. Maksudnya sadar spesifikasi yaitu kamu harus peka terhadapa hati wanita, eh maksudnya spesifikasi smartphone yang kamu gunakan. Misalnya kamu punya smartphone yang RAMnya hanya 1,5gb, eh itu si saya hehe. Dengan RAM hanya segitu ya kamu jangan install aplikasi-aplikasi berat macam PUBG, ROS dan aplikasi sejenis. Kalau untuk aplikasi socmed, dengan spek segini si masih lancar tapi ya jangan banyak-banyak aplikasi.

Prioritaskan Aplikasi Penting

Image by pixabay.com
Memiliki smartphone low spek biasanya memory internalnya juga kecil. So, install aplikasi yang penting penting saja. Misal kalau kamu salah satu penggiat sosial media ya jangan install semua aplikasi socmed, kamu cukup install aplikasi social media yang paling penting. Lalu bagaimana kalau ingin menggunakan sosial media lainnya yang tidak terinstall aplikasinya? Nah, kamu bisa menyiasatinya menggunakan web aplikasi yang tidak kamu install tersebut.

Misalnya kamu tidak menginstall aplikasi facebook, tapi kamu kepengin main facebook, ya tinggal kunjungi web facebook.com. So, kamu jadi bisa main facebook tanpa install aplikasinya kan. Kenapa saya menyarankan seperti itu? Karena hampir semua socmed sekarang ada versi webnya, bahkan instagram saja ada versi webnya.

Pada kalimat pertama tips ini saya bilang smartphone low spek biasanya memory internalnya kecil. Kesimpulannya dengan memilih aplikasi prioritas, maka pemakaian memory internal jadi berkurang. Karena walaupun suatu aplikasi ada yng bisa dipindah ke external memory, tapi itu hanya aplikasinya saja, datanya tidak. Sedangkan kita tahu bahwa hampir semua aplikasi lebih banyak size di datanya daripada size aplikasinya.

Selain penggunaan internal memory yang berkurang, aplikasi berjalan pun berkurang juga, yang berarti penggunaan ruang RAM juga berkurang. Hal itu sedikit banyak mempengaruhi kinerja smartphone kamu agar tidak lemot.

Perhatikan sisa ruang penyimpanan Internal

Nah dari salah satu penyebab smartphone lemot yaitu karena penyimpanan internal yang kepenuhan. So, jaga agar penyimpanan internal kamu tidak terlalu penuh, simpelnya gini aja, kalau ada pemberitahuan internal memory penuh, segera hapus atau pindahkan file/aplikasi yang tidak terlalu penting.

Cara menyiasatinya mudah saja. Pakailah external memory yang sizenya cukup besar. Aplikasi/file yang masih memungkinkan untuk disimpan di external memory, simpanlah di external memory.

Minimalkan Multitasking

Yang terakhir yaitu minimalkan multitasking. Sederhananya yaitu jangan menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Jangan malas menutup tab aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan membuat ruang RAM yang terpakai banyak, kalau smartphone kamu punya spesifikasi yang tinggi si tidak masalah, tapi yang kita bahas di sini kan smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. So, meminimalkan multitasking merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindarkan smartphone kamu dari yang namanya lemot.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari beberapa tips di atas adalah Jangan Malas. Dari 1-4 tips di atas menuntut kamu untuk tidak malas memperhatikan keadaan gebetan kamu, eh maksudnya keadaan smartphone kamu.
  1. Dari tips pertama yaitu sadar spek, kamu tidak boleh malas melihat spesifikasi suatu aplikasi yang akan kamu install agar kamu bisa tetap sadar spek. 
  2. Lalu kedua ada prioritas, kamu harus memprioritaskan chat gebetan, eh maksudnya aplikasi yang tingkat kepentingannya paling tinggi. So, kamu dituntut untuk tidak malas memilih aplikasi penting(tidak asal install banyak aplikasi).
  3. Ketiga ada Perhatikan sisa ruang penyimpanan internal. Kamu harus rajin mengecek sisa ruang penyimpanan internal.
  4. Dan terakhir yaitu meminimalkan multitasking. Kamu tidak boleh malas menutup tab aplikasi yang sudah tidak digunakan.
Baca Juga Tips Belajar Gitar untuk Pemula
Di atas sudah saya uraikan mulai dari mengapa smartphone lemot hingga beberapa tips cara mengatasinya. Semoga kalian paham ya, dan jangan malas menerakan tips-tipsnya agar smartphone kamu tetep lancar jaya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan melalui kolom komenter di bawah terima kasih.

Related Posts

1 comment

  1. Thx ulasannya mas.. Ngebantu bgt.. Emg kdng sk kebnyakn instal apk yg ga ptg jg sih 😁

    ReplyDelete