Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Apa itu Broken link dan Cara Mengeceknya

Broken link secara umum dapat dikatakan sebagai link rusak atau link mati. Masih banyak blogger yang tidak mempedulikan broken link ini. Biasanya hal itu terjadi karena mereka belum mengetahui dampak link mati ini pada search engine.

Mungkin ada yang pernah atau bahkan sering menemukan pesan error 404 pada saat mengunjungi suatu halaman tertentu. Itulah salah satu contoh tautan rusak. Error tersebut artinya halaman yang dimaksud tidak ditemukan. Apa saja si penyebab munculnya tautan rusak?

Tautan mati atau rusak biasanya terjadi karena :
  1. Halaman yang dimaksud sudah tidak ada/dihapus
  2. Salah menuliskan url
  3. Terjadi perubahan link tetapi si empunya tidak mengubah url yang mengarah ke halaman tersebut
Lalu dampaknya apa si untuk perkembangan blog kita? Dampaknya cukup signifikan, diantaranya :
  • Pengunjung merasa kecewa ketika halaman yang ia cari sudah tidak ada atau error, apalagi jika yang dia cari itu merupakan hal yang sulit ditemukan. Kalian pernah ngerasain kan hal seperti itu.
  • Dari dampak pertama itu biasanya akan berbuntut ke dampak kedua ini, yaitu berkurangnya kepercayaan pengunjung terhadap blog kita. Tidak bisa dipungkiri kan bahwa kebanyakan orang akan lebih mengingat satu kejelekan daripada banyak kebaikan.
  • Blog akan dianggap tidak professional baik oleh pengunjung maupun search engine. Seperti kita ketahui bahwa perkembangan algoritma mesin telusur semakin memperhatikan pengalaman pengunjung, so kalau pengunjung merasa tidak mendapat pengalaman yang baik maka mesin telusur pun akan memberikan nilai negatif terhadapa blog kita.
Setelah kita tahu penyebab dan dampak dari broken link tentunya ada yang harus kita lakukan untuk mencari tahu apakah ada broken link atau tidak di blog kita. So, bagaimana caranya? langsung simak penjelasan di bawah ini

Cara Mengecek Broken Link di Blog

  1. Pertama-tama buka website https://brokenlinkcheck.com
  2. Selanjutnya tuliskan url blog kalian pada kolom yang sudah disediakan lalu klik find broken links
    Cara mengecek broken link
  3. Masukan security code dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu klik Find broken links now!
    Cara mengecek link mati
  4. Tunggu prosesnya scan broken linknya hingga selesai. Setelah selesai hasilnya akan seperti gambar di bawah ini
    Hasil tidak terdapat broken link
    Tampilan ketika tidak terdapat broken link. Di sini saya mengecek blog ini dan karena sudah saya perbaiki jadi blog ini tidak terdapat broken link
    Hasil terdapat broken link
    Tampilan ketika terdapat broken link. Di sini saya mengecek blog saya yang lain dan pada blog tersebut terdapat banyak sekali broken link

Cara Mengatasi Broken Link

  • Setelah kita mendapatkan hasil dari scan broken link, selanjutnya untuk mengetahui dimana letak link rusaknya kita klik url pada kolom Page where found
    Cara mengatasi broken link
  • Nah, kita akan masuk ke halaman tempat broken link berada. Untuk memperbaikinya tergantung pada link rusaknya karena apa. So kita harus cari tahu terlebih dahulu kenapa link tersebut rusak.
Baca Juga Cara Mengubah Permalink Blogger
Saya sendiri biasanya menemukan link rusak pada suatu artikel. Link rusaknya biasanya karena ada internal link yang mengarah ke suatu halaman yang sudah saya hapus atau ada perubahan link(note: ini di blog saya, pada blog kalian yang tau ya kalian sendiri). So, untuk memperbaikinya saya tinggal edit artikel yang terdapat link rusak tersebut dan saya hapus atau ubah url yang rusak tersebut.

Okay, kita sudah bahas tentang broken link mulai dari pengertian hingga cara mengatasinya. Tentunya setelah pembahasan ini kita tahu dampak negatif broken link. So, jangan pernah mengabaikan lagi ya jika terdapat broken link pada blog teman-teman.

Jika masih ada yang kurang jelas teman-teman bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment