Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Cara Menghapus Background Foto dengan Android

Salah satu trik edit foto adalah mengganti background dari suatu foto. Langkah yang harus dilakukan sebelum mengganti background adalah menghilangkan background asli dari suatu gambar/foto yang akan kamu edit. Kalau kamu sudah familiar dengan aplikasi edit foto seperti photoshop mungkin menghapus background bukanlah masalah yang berarti. Namun bagaimana kalau kamu ingin yang simple, mudah serta portable? Smarphone kamu adalah solusinya.
Menghapus background foto di android 

Apa bisa menghapus latar belakang(background) suatu gambar hanya dengan menggunakan smartphone? Jawabannya bisa banget. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi background eraser. Di bawah ini saya akan membagikan langkah menghapus latar belakang gambar/foto menggunakan android.

Cara Mengahapus Background Foto dengan Background Eraser


  1. Pertama-tama install aplikasi background eraser seperti di bawah ini. Kalian boleh install aplikasi beackground eraser apa saja tapi kalau beda dengan yang saya pakai ya tentunya caranya berbeda hehe. Btw ini bukan promosi ya, alasan saya menggunakan aplikasi ini  adalah karena size aplikasinya kecil hanya sekitar 2-3mb dan simple.
    menghapus latar belakang foto dengan android
  2. Setelah kalian install jangan lupa buka aplikasinya hehe. Setelah aplikasi terbuka, kalian tap Load a photo, lalu kalian pilih foto/gambar yang ingin kalian hilangkan backgroundnya.
  3. Kemudian kalian akan dihadapkan pada halaman crop gambar kotak seperti biasa, kalian boleh crop dahulu bagian gambar yang tidak ingin kalian ambil. Hal ini supaya memudahkan saja si, jadi nanti pas bagian hapus backgroundnya, kalian tidak buang-buang waktu untuk menghapus sebagian gambar yang memang kalian tidak pakai. Seandainya kalian tidak crop dulu juga tidak masalah. Setelah ini kalian tap done.
    menghapus latar belakang foto dengan android
  4. Nah, kita masuk ke tahap utamanya, yaitu menhilangkan background. Nah di sini ada beberapa tools dan saya akan jelaskan satu per satu
    cara menghapus background foto/gambar dengan android
    1. Zoom     : Udah tau kan ya fungsinya, yaitu untuk memperbesar/memperkecil view gambar
    2. Undo/redo : Yaitu untuk undo atau redo ketika ada yang salah, tau lah ya hehe
    3. Repair   : Kemudian ada repair. Repair ini untuk mengembalikan area yang sudah terhapus.
    4. Manual : Untuk menghapus bagian gambar yang dilewati cursor(hanya bagian yang dilewati cursor)
    5. Magic   : Magic ini fungsinya untuk menghapus objek yang dilewati cursor serta sedikit area disamping cursor yang memiliki pola berbeda(susah ya jelasinnya, intinya seperti auto mengikuti bentuk gambar)
    6. Cursor Size Adjustment : Di situ juga terdapat adjustment untuk mengatur seberapa besar cursor yang kita gunakan
    7. Auto      : Auto ini mirip magic tapi area yang terkena lebih besar tergantung area perbedaan bentuk/pola gambarnya
    8. Extract  : Tools ini saya tidak paham fungsinya, saat saya coba, kita seperti disuruh membuat pola bagian mana yang ingin dicrop atau repair(lebih baik langsung coba saja)
    9. Cursor Offset : Untuk mengatur jarak antara cursor untuk menghapus dan titik dimana kita meletakan jari untuk menggerakan cursor. Jujur saya bingung bagaimana menjelaskan fungsi toolsnya satu persatu, karena penjelasaan seperti ini akan lebih mudah dimengerti kalau dijelaskan langsung atau melalui video. Mungkin lebih baik kamu langsung praktek saja.
  5. Nah setelah kamu sedikit tau fungsi-fungsi toolnya, kamu bisa langsung mempraktekannya. Yang perlu ada dalam diri kamu saat menghapus background gambar dengan smartphone ini adalah kesabaran serta ketelatenan, karena kita mesti zoom sana-sini serta repair bolak-balik. Hal itu terjadi karena keterbatasan ukuran layar smartphone.
  6. Setelah gambar yang kamu hapus backgroundnya sudah dirasa oke, langsung tap done di pojok kanan atas layar. Nah kalian akan dihadapkan pada tahap finishing, yaitu mengatur seberapa smooth gambar kalian. Kalian tinggal coba-coba saja dengan tap  angka 0-5, pilih salah satu dan lihat perbedaan gambarnya. Kalau sudah oke tinggal tap save deh
    cara menghapus background foto/gambar dengan android
  7. Hasil gambar tadi merupakan gambar tanpa background dengan format png.
    cara menghapus background foto/gambar dengan android
Baca Juga Cara Agar Smartphone Spek Rendah Tidak Lemot
Di atas sudah saya uraikan sedikit tentang bagaimana menghapus background gambar hanya dengan android. Saya mohon maaf jika penjelasan saya bertele-tele dan sulit dimengerti. Hal itu karena keterbatasan kemampuan saya dalam menjelaskan. Jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment