Ikhfan Yusuf

Pahitnya kopi memberiku inspirasi, pahitnya hidup memberiku representasi realita.

logoblog

Tips Belajar Gitar untuk Pemula

Belajar gitar merupakan hal yang menyenangkan. Percayalah, walaupun belajar gitar itu susah-susah gampang, tapi ketika kamu berhasil membunyikan satu chord saja, itu benar-benar membuat diri terpacu untuk mempelajari chord lainnya. Kenapa susah-susah gampang? Kok menurut saya sulit ya?

tips belajar main gitar untuk pemula
Original image by pixabay.com
Pertanyaan macam di atas mungkin muncul di benak kamu yang masih baru belajar. Sebenarnya belajar gitar itu tak sesulit yang kamu bayangkan. Yang membuat kamu merasa sulit adalah ketika kamu baru belajar, tapi kamu ingin cepat bisa banyak chord dan memainkan lagu. Sah-sah saja kalau kamu langsung belajar chord dan memainkan sebuah lagu. Namun akibatnya ya seperti yang saya jelaskan di atas. So, gimana si cara menyenangkan belajar gitar?

Yang perlu kamu tanamkan dalam mindset adalah belajar apapun itu tidak ada yang instan, semua butuh proses, begitu juga dalam belajar main gitar. So, tahap yang baik menurut saya sendiri dalam belajar gitar adalah sebagai berikut

Latihan Jari

Nah yang pertama ini latihan jari. Latihan jari ini dimaksudkan untuk melenturkan jari-jari agar terbiasa menekan fretboard gitar. Cara ini sebenarnya lebih ditujukan untuk kamu yang pengin belajar melodi gitar, namun saya rasa cara ini juga baik diterapkan untuk kamu yang baru belajar gitar, karena apa? Agar nanti saat kamu mulai belajar chord, jari-jari kamu tidak terasa kaku. So, caranya sebagai berikut
  1. Pertama, letakan 4 jari kalian pada fretboard. 
    • Jari telunjuk pada fret ke 6
    • Jari tengah pada fret ke 7
    • Jari manis pada fret ke 8
    • Jari kelingking pada fret ke 9
  2. Kemudian mulai dengan petik senar 6(paling atas) dengan jari telunjuk menekan fret ke 7 dan selanjutnya lihat gambar di bawah(kalau dijelaskan kepanjangan dan malah membingungkan nantinya). Kalau kamu benar maka nanti bunyinya akan menjadi do, re, mi....., do. Lakukan latihan ini berulang sampai lancar. Mulailah dengan tempo pelan, dan naikan temponya perlahan-lahan.
    tips belajar gitar untuk pemula
  3. Perhatikan gambar di atas, nomor di atas adalah urutan menekan dan memetiknya. Sedangkan warnanya sebagai panduan jari sebagai berikut
    • Merah =  jari telunjuk
    • Kuning = jari tengah
    • Hijau   = jari manis
    • Biru     = jari kelingking
Kalau masih kurang jelas, kamu bisa lihat video youtube pada link berikut Melatih Jari Main Gitar

Mulai Belajar Chord Dasar

Setelah kamu sudah mulai lancar latihan jarinya, maka langkah selanjutnya mulailah belajar chord dasar. Kamu bisa mulai dengan belajar chord C, F, G, Am dan mungkin bisa ditambah dengan Em, kenapa belajar chord tersebut? Karena pola dasar chord sebuah lagu biasanya tersusun dari chord-chord tersebut.

Pada tahap ini biasanya orang-orang yang ngga niat belajar mulai frustasi. Karena pada tahap ini bagi kita yang benar-benar baru akan terasa sulit.

Permasalahan

Misalnya gini, kita sedang belajar kunci/chord C, polanya sudah oke, jari-jari sudah nempel semua, tapi saat coba dibunyikan ternyata bunyinya tidak seperti yang kita inginkan. Biasanya salah satu jari kita ada yang kurang kuat menekan senarnya dan membuat senar yang ditekan tidak berbunyi.

Penyebab

Jangan panik, hampir semua orang yang bisa main gitar mengalaminya kok. Hal itu istilahnya belum ada nyawa pada masing-masing jari kita. Saat kita mencoba membuat sebuah pola chord, ketika kita masih baru biasanya tenaga tekanan jari kita akan terpusat pada salah satu atau dua jari saja, sehingga misal kita menekan chord C maka salah satu jari kita tidak ada tenaganya.

Solusi

Untuk solusinya tidak ada kata lain selain konsisten latihan. Yang perlu kamu lakukan adalah terus latihan dan jangan menyerah. Semakin kamu latihan, maka jari kamu akan terbiasa dan lama kelamaan tekanan jari kamu akan merata ke masing-masing jari kamu. Sehingga nanti keempat jari kamu akan memiliki nyawanya masing-masing.

Dalam belajar chord ini, saya sarankan menggunakan aplikasi.
Aplikasi Belajar Gitar Terbaik untuk Pemula
Di situ sudah terdapat banyak gambar pola chord sehingga kamu teidak perlu mencari gambar satu persatu dari internet.

Pindah Chord/Kunci

Setelah masalah belajar chord sudah terpecahkan, dan kamu sudah mulai menguasai chord dasar yang saya sarankan, selanjutnya kamu bisa mulai belajar pindah chord. Dalam belajar pindah chord ini, kalau kata kak Teo Akustik(channel YT) kamu jangan mementingkan bunyi dahulu.

Maksudnya gini, kalau misal kamu belajar pindah chord C ke G, mungkin di Cnya bunyi sudah bagus tapi pas sampai ke G bunyi agak ngga enak seperti masalah yang saya jelaskan pada tahap belajar chord tadi. Nah untuk masalah ini kamu biarkan saja dulu bunyinya agak ngga enak tapi yang terpenting pola yang kamu bentuk benar.

Misalnya seperti tadi saya bilang, kamu belajar pindah dari C ke G maka saat sampai ke G suaranya agak ngga enak tidak apa-apa, yang penting bentuk jari kamu saat membuat chord G itu benar. Kalau sudah mulai terbiasa baru kamu bisa memperbaiki bunyi yang ngga enak tersebut.

Mulai Belajar Memainkan Lagu

Sebenarnya tahap belajar lagu ini bisa kamu gabungkan dengan tahap pindah chord tadi, tapi buat seperti ini biar lancar dulu pindah chord baru belajar lagu. Nah ini si udah hampir tahap terakhir untuk belajar gitar yang paling dasar, kenapa yang paling dasar? Karena perkembangan suatu bidang seni itu tidak akan ada habisnya, tidak akan ada tahap akhir.

Setelah tahap belajar memainkan lagu, maka kamu bisa showoff ke doi kamu, btw ke doi aja ya, kalau ke yang lain pasti dibilang sombong nanti hehe. Sedikit penjelasan saya di atas semoga bisa menjadi panduan kamu dalam belajar bermain gitar. Artikel ini saya tulis berdasarkan sedikit pengalaman, ilmu dari internet, dan guru seni budaya saya.

Kalau masih ada yang kurang jelas, kamu bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment