Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru

Blog muncul di pencarian google adalah keinginan setiap blogger. Bagi mereka mastah blogger cara ini sudah tidak asing lagi karena ini merupakan cara yang wajib dilakukan saat awal membangun sebuah blog. Mensubmit blog ke search console adalah langkah awal agar url blog kita terindeks(ada) di halaman pencarian google.
Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru

Yang perlu dicatat adalah submit url blog ke search console ini bukan untuk membuat artikel-artikel kita ada di halaman pertama atau bahkan ranking pertama pencarian google. Submit ini fungsi utamanya yaitu mempercepat pengindeksan bot google terhadap url blog kita(sederhananya yaitu memperkenalkan blog kita ke google supaya blog kita dimasukan ke mesin pencarian google).
Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google
Ketika blog kita sudah ada di google(sekedar ada ya, tidak harus di halaman pertama) itulah yang dinamakan terindeks. Kenapa saya menjelaskan ini? Karena banyak yang salah paham, dikiranya ketika kita sudah submit maka blog kita akan muncul dihalaman pertama google padahal tidak semudah itu.

Untuk mencapai halaman pertama google butuh belajar tentang SEO(search engine optimization) lebih jauh lagi. SEO kurang lebih dapat diartikan sebagai cara-cara untuk mengoptimalkan blog/artikel agar bisa naik ke peringkat atas mesin pencari(contoh mesin pencari yaitu google, bing, duckduckgo, dan dan lain-lain)

Oke tidak usah berpanjang lebar lagi, saya akan menjelaskan 2 tahap, yaitu submit blog dan submit sitemap blog ke search console pada tampilan yang baru.

Langkah Submit Blog

  1. Pertama-tama cari di google dengan mengetikan "search console" tanpa tanda kutip, lalu klik web yang paling atas. Atau langsung saja klik di sini. Lalu kalian akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini.
    Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru
  2. Selanjutnya kalian klik Start now(Indonesia:Mulai sekarang). Jika di browser kalian sudah ada email yang login maka akan langsung masuk ke tampilan seperti ini(jika belum ada email yang login di browser, maka kalian akan dihadapkan ke halaman login gmail terlebih dahulu, silakan kalian login seperti biasa)
    Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru 2019
  3. Kemudian kalian pilih dan klik yang Awalan URL seperti gambar di atas. Lalu masukan url blog kalian pada kolom yang disediakan. Saat memasukan url blog, perhatikan urlnya http://urlblogkamu atau https://urlblogkamu. Supaya tidak ada kesalahan, lebih baik kalian kunjungi blog kalian, lalu copy urlnya. Setelah kalian isi urlnya, selanjutnya klik Terus. 
  4. Nah url akan terverifikasi otomatis. Selanjutnya klik Buka Property
    Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru 2019
  5. Untuk jaga-jaga agar tetap terverifikasi atau mungkin untuk kalian yang tidak terverifikasi otomatis, kalian pergi ke tab setelan. Kemudian pilih metode verifikasi Tag HTML.
    verifikasi search console
    Copy code yang diberikan. Jangan close halaman search console dulu.
    verifikasi search console
  6. Tambah tab browser baru lalu buka dashboard blogger kalian, pergi ke tab Tema, lalu klik Edit HTML.
    verifikasi search console
  7. Cari kode <head> cara mencarinya biar lebih mudah yaitu letakan cursor kalian ke kolom edit html di bagian mana saja, lalu klik ctrl+f maka akan muncul kotak pencarian di pojok kanan atas kolom edit html. Ketikan <head> lalu enter. Setelah ketemu, pastekan kode yang kamu dapat dari search console tadi tepat di bawah <head> selanjutnya klik simpan tema.
    verifikasi search console
  8. Langkah berikutnya kalian kembali ke tab search console tadi, kemudian klik verifikasi.
  9. Taraaa verifikasi telah berhasil. Jangan close dulu halaman search consolenya karena kita akan lanjut ke tahap submit sitemap.

Setelah kita berhasil submit blog sekarang kita submit sitemap(Indonesia:peta situs) blog kita ke search console, langkahnya adalah sebagai berikut

Langkah Submit Sitemap

  1. Buka dashboard search console kalian atau lanjutkan halaman search console tadi, kalian pergi ke tab Peta Situs(english:Sitemap), lalu akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini
    submit sitemap ke search console
  2. Pada kolom yang disediakan kalian isi dengan atom.xml atau sitemap.xml. Pilih salah satu saja, di situ saya pakai yang atom.xml karena terakhir saya submit beberapa hari sebelumnya menggunakan sitemap.xml hasilnya error. Mungkin tidak selalu error ya, tergantung blog masing-masing. Kalian pilih salah satu saja. Jika misalnya kalian mendapatkan hasil error menggunakan sitemap.xml kalian ulangi dengan menggunakan atom.xml atau sebaliknya. Kemudian kalian klik Kirim.
  3. Kemudian tinggal klik Ok. Sampai di sini kalian sudah berhasil submit sitemap kalian.
    submit peta situs ke search console

Terakhir, untuk mempercepat pengindeksan blog kalian. Kalian minta pengindeksan pada search console, caranya adalah sebagai berikut

Minta Pengindeksan dengan Inspeksi URL

  1. Kalian pergi ke tab inspeksi url atau langsung klik kolom search di bagian atas halaman.
    cara minta pengindeksan search console
  2. Ketikan atau copy paste url lengkap blog kalian, kemudian tekan enter. Selanjutnya akan dihadapkan pada tampilan seperti ini.
    cara minta pengindeksan search console
  3. Pada gambar tertulis URL tidak ada di Google artinya blog belum terindeks di google. Jika sudah terindeks, di situ akan tertulis URL ada di Google. Untuk minta diindeks, klik minta pengindeksan.
  4. Nah, selanjutnya kalian tunggu 1-2 menit prosesnya. Kalian juga harus sabar kalau di tengah proses nanti kalian diminta mencocokan captcha gambar untuk memastikan bahwa anda bukan bot(kalian pasti tahu kan reCaptcha). Kenapa saya bilang harus sabar? Karena yang saya alami tadi, saya diminta mencocokan captcha berulang-ulang. Tetapi semoga kalian beruntung ya, karena beberapa hari sebelumnya saya minta pengindeksan dengan cara yang sama pada blog lain dan saya tidak diminta mencocokan captcha.
  5. Setelah prosesnya selesai, kalian tinggal klik Ok.
    cara minta pengindeksan search console
Lebih lengkap tentang penggunaan dan informasi yang ditampilkan fitur Inspeksi URL, kalian bisa baca artikel saya yang ini Cara Mempercepat Artikel Terindeks Google dengan Inspeksi URL

Info

Untuk search console tampilan baru tool fetch as google yang pernah saya bahas di artikel terdahulu sudah ditiadakan. Sedangkan pada tampilan lama tool fetch as google juga akan ditiadakan setelah 28 Maret 2019. For your information, dulu fetch as google digunakan untuk mensubmit/meminta pengindeksan setiap url baru(biasanya artikel). Pada search console yang baru terdapat inspeksi url sebagai pengganti tool fetch as google. Cara menggunakan inspeksi url sudah saya jelaskan di atas.
Nah sampai di sini kita sudah selesai meminta google untuk mengindeks blog kita. So, sekarang kalian tinggal ngeblog seperti biasa. Pesan dari blogger pemula(saya), konsisten menulis, jangan malas menulis, bukankah tujuan kita ngeblog yaitu untuk menulis, kecuali bagi kalian yang mau jualan online hehe.

Sekian tulisan kali ini. Jika masih ada yang kurang jelas, jangan sungkan bertanya melalui kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat, terima kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

alhamdulilah proses pengindeksan sukses, mks mas.
mau tanya nih, setelah ini apa perlu kita melakukan proses ini lagi saat membuat artikel baru?

Balas
avatar

Setelah ini, cukup ngejalanin langkah inspeksi url aja, tapi yg kita masukan itu link artikel kita setiap kita udh buat artikel baru.

Balas
avatar

makasih mas atas penjelasannya...mau tanya mas, kemaren url yang saya masukan itu ada tiga karena artikelnya ada 3. Nah, tapi yg berhasil untuk sitemap hanya 1 mas (dengan atom.xml), yg lainnya gk, 1 nya itu saya gunakan untuk verifikasi, kira-kira 2 url ini bagaimana ya mas...

Balas
avatar

Bentar mas, mksdnya 3 url itu apa dan dimasukan kmna?
Dan itu atom.xml kan sitemap, mksdnya untuk verifikasi apa ya?

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔