Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Cara Pasang Domain TLD di Blogspot dari Rumahweb

TLD(Top Level Domain) merupakan akhiran dari sebuah domain atau alamat website/blog. TLD di bagi menjadi dua yaitu general TLD dan ccTLD(country code Top Level Domain), contoh domain general TLD adalah seperti .com, .xyz dan sebagainya.
cara setting(pasang) domain tld di blogspot dari rumahweb

Sedangkan ccTLD merupakan domain TLD yang spesifik menunjukan darimana web/blog berasal, misalnya .id, web.id menujukan bahwa pemakai domain tersebut berasal dari Indonesia. CcTLD masing-masing negara tentunya berbeda.

Di atas sedikit pengenalan tentang domain TLD. Nah, kita akan masuk ke topik utama kita, yaitu cara setting domain TLD ke blogspot. Nah untuk tutorial yang saya bagikan ini spesifik untuk kalian yang beli domain TLD di rumahweb.com(ini bukan promosi ya, saya tidak di bayar sama sekali).

Lalu mengapa kok tutorialnya hanya untuk yang beli domain di rumahweb? Karena setiap penyedia domain, cara settingnya sedikit berbeda, intinya sama, namun cara settingnya sedikit berbeda. Kebetulan saya domainnya dari rumahweb, jadi ya saya kasih tutorialnya untuk kalian yang beli domain di rumahweb. Tidak usah banyak basa-basi lagi, mari simak tutorialnya.

Cara Pasang Domain TLD ke Blogspot

Di sini saya anggap kalian sudah beli domainnya ya, jadi langsung ke cara settingnya.
  1. Pertama-tama kalian buka dashboard blogger kalian masing-masing yang ingin kalian pasang domain, pergi ke menu Settings, lalu Basic(Bahasa Indonesia: Setelan, lalu pilih Dasar). Kemudian kalian klik Set up a third-party URL for your blog.
    cara setting domain di blogspot
  2. Lalu kalian isikan nama domain yang sudah kalian beli, tapi di depan nama domain harus ditambahkan www. Misal nama domainnya tulisanpemula.com maka jadi www.tulisanpemula.com(wajib ditambah www ya teman-teman), selanjutnya kalian klik Save(Indonesia: simpan).
    cara setting domain di blogspot
  3. Setelah di save maka kalian akan dapat CNAME(kodenya berbeda setiap blog) seperti di bawah ini.
    cara setting domain di blogspot
    Sekarang kalian tinggalkan dulu tapi jangan di close. Buka tab baru lalu login ke akun rumahweb kalian. Setelah login maka akan masuk ke tampilan seperti ini, kalian klik Domains.
    cara pasang domain tld dari rumahweb
  4. Maka akan masuk ke tampilan seperti di bawah ini, kalian pilih domain yang ingin kalian pasang, kemudian klik gambar kunci di samping nama domain seperti yang saya beri tanda panah di bawah.
    cara pasang domain tld dari rumahweb
  5. Selanjutnya kalian klik DNS Managemant, kalau muncul tulisan Start klik saja, selanjutnya kalau muncul lagi tulisan Update juga klik saja.
    cara pasang domain tld dari rumahwebcara pasang domain tld dari rumahwebcara pasang domain tld dari rumahweb
  6. Nah setelah itu akan muncul seperti di bawah ini, kalian klik Setting Blogspot.
    cara pasang domain tld dari rumahweb
  7. Kemudian klik Add New Record.
  8. Setelah itu kalian pilih Record Typenya CNAME, kemudian kalian kembali ke tab blogger tadi, copy CNAMEnya ke Add Record di rumah web tadi, lebih jelasnya lihat gambar di bawah.
    cara pasang domain tld
    cara pasang domain tld dari rumahweb
  9. Setelah di isi kolom domain dan hostnamenya seperti langkah di atas, kalian klik Add Record.
  10. Setelah itu kalian tunggu 1-3 jam, lalu setelah 1-3 jam kalian kembali ke dashboard blogger dan klik Save seperti gambar di bawah.
    cara pasang domain tld di blogspot
    Jika tadi langsung kalian save pasti tidak bisa karena masih tahap propagasi. Saya sendiri mencoba menyimpan setelah menunggu selama +- 45 menit masih belum bisa, lalu setelah sekitar 1 jam baru bisa saya save. Dari panduan rumahweb sendiri paling lama 1-24 jam, jadi kalau lebih dari itu silakan kalian hubungi CS rumahweb.
  11. Nah setelah bisa di save selanjutnya kalian ke bagian Blog Address lagi terus klik Edit(lihat gambar di bawah).
    cara pasang domain tld di blogspot
  12. Kemudian centang di bagian Redirect namadomain to www.namadomainkalian(lihat gambar di bawah).
    cara pasang domain tld di blogspot
  13. Terakhir scroll ke bawah sedikit lalu di bagian HTTPS Aavailability dan HTTPS Redirect kalian pilih Yes agar blog kalian memakai HTTPS.
    cara pasang domain tld di blogspot
  14. Nah sudah selesai, sekarang kalian coba lihat blog kalian dengan mengetikan nama domain yang kalian beli di adress bar atau langsung klik view blog(Indonesia : lihat blog) di bawah nama blog kalian(di dalam dashboard blogger). Harusnya sudah bisa, kalau belum bisa coba tunggu beberapa saat.
Baca juga Cara Mempercepat Artikel Terindeks Google dengan Inspeksi URL
Mudah bukan setting domain ke blogspot. Memang tahapnya agak panjang tapi mudah kok. Yang penting kalian perhatikan step by stepnya. Oh ya, bagi kalian yang mau lihat tutorialnya dalam bentuk video bisa klik video youtube di bawah ini.
Video Youtube : Cara Setting(Pasang) Domain TLD ke Blogspot dari Rumahweb
Sampai di sini tulisan saya kali ini. Jika masih ada yang kurang jelas bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment