Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

3 Ide Bisnis Online Millennials

Berkembangnya dunia bisnis yang dibarengi dengan perkembangan teknologi memunculkan ide-ide bisnis baru, salah satunya adalah bisnis online. Seperti kita ketahui, kaum millennials sangat lekat dengan teknologi. Oleh karena itu, bisnis online ini cukup digandrungi kalangan millennials. Akses bisnis online yang mudah membuat bisnis ini berkembang pesat.

3 ide bisnis online millennials
Image Source : pixabay.com
Semakin kreatifnya masyarakat, serta tuntutan hidup yang semakin tinggi memunculkan inovasi-inovasi baru dalam dunia bisnis. Dewasa ini banyak peluang bisnis online baru yang mulai dijalankan masyarakat, utamanya kaum millennials. Bisnis-bisnis online yang disukai kaum millenials ini bisa dibilang hanya membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Mengapa saya berani mengatakan tanpa modal? Ya, karena sebagian dari bisnis yang akan saya bahas di bawah ini modalnya hanya kreatifitas, ketelatenan, gadget, serta kuota. Lah itu kan modal bang? Kalau saya si tidak mengatakan ini modal, karena untuk kalangan millennials apa yang saya sebutkan tadi sudah menjadi kebutuhan pokok, artinya apa? Artinya jika mereka tidak menjalankan bisnis pun mereka pasti punya gadget dan kuota internet contohnya.

Dari dua paragraf di atas, sepertinya kalian sudah mulai paham arah pembicaraan saya hehe. Yup betul, di sini saya akan membahas ide bisnis online yang cocok untuk kalangan millennials dan tidak menguras kantong untuk modal. Sehingga resiko bisnis-bisnis online ini pun kecil. Jadi apa saja si ide bisnis online yang saya maksud? Simak di bawah ini.

Menjadi Dropshipper

bisnis online dropship
Image Source : pixabay.com
Nah yang pertama ini mungkin belum semua masyarakat mengenal istilahnya ya, yaitu dropshipper. Apa sih dropshipper itu? Dropshipper merupakan pelaku usaha jual - beli online, sederhananya yaitu penjual online sedangkan metode jual - belinya disebut dropship. Berbeda dengan reseller, dalam menjalankan jual - beli onlinenya, dropshipper tidak menyediakan stok barang sendiri serta tidak melakukan proses pengiriman.

Metode dropship sangat tergantung kepada supplier yang menyediakan stok barang serta melakukan pengiriman. Dropshipper hanya perlu mengupload foto produk milik supplier di toko online atau sosial media mereka masing-masing sebagai media jual - belinya. Lalu ketika ada pesanan dari buyer(pembeli) dropshipper ini akan meneruskan pesanan tersebut kepada supplier. Selanjutnya supplier akan mengirimkan pesanan pembeli atas nama dropshipper. Untuk lebih jelasnya apa itu dropshipper, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangannya, saya sudah membuat artikel tentang dropship tersendiri yaitu Apa itu Dropship? Keuntungan dan Kekurangan Dropship

Menjadi Blogger Professional

Yang kedua ini yaitu menjadi blogger. Apa itu blogger? Blogger adalah sebutan bagi mereka yang menulis di blog, baik blog sendiri maupun milik orang lain. Lalu mengapa menjadi bogger merupakan peluang bisnis? Ya, karena dengan menjadi blogger pun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, tekun, serta tekad yang kuat dapat menghasilkan uang. Lalu dari manakah penghasilan blogger? kan blogger cuma nulis-nulis aja?

Oke sekarang saya ingin bertanya, apakah ketika kamu browsing di internet menemukan banner-banner iklan di situs yang kamu kunjungi? Jika iya, itu merupakan salah satu sumber penghasilan blogger, yaitu dari iklan. Namun tak hanya itu, sumber penghasilan blogger bisa didapatkan dari banyak cara mulai dari afiliasi bisnis, jualan online di blognya(baik barang sendiri maupun orang lain), menjadi publisher iklan dan lain-lain.

Menjadi Youtuber

Yang terakhir ini juga tidak jauh berbeda dengan blogger, yaitu youtuber. Pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar kata youtuber. Ya, karena youtuber popularitasnya lebih baik daripada blogger. Menjadi youtuber sangat cocok untuk kaum-kaum millennials yang jiwa kreatifnya sangat menggebu. Mengapa youtuber bisa menjadi peluang bisnis? Ya karena dengan menjadi seorang youtuber pun kamu bisa mendapat penghasilan, bahkan jika kamu menekuninya, menjadi seorang youtuber bisa mendapatkan penghasilan yang besar.
Baca Juga : Cara Membuat Banner Youtube yang Sesuai di Semua Device
Sebut saja Bayu Skak, dengan pembawaan karakter khas orang jawa pada video youtubenya bisa mengundang jutaan penonton. Penghasilan Bayu Skak menjadi publisher adsense di channel youtubnya saja sudah mencapai puluhan juta per bulannya, belum ditambah dengan penghasilan dari sumber lainnya misal main film, endorse dan lain-lain yang notabene semua itu berawal dari menjadi seorang youtuber. Bayu Skak juga merupakan youtuber favorit saya karena konten videonya yang menarik dan berkualitas. So, jika kamu juga ingin menjadi seorang youtuber, saya berharap agar menjadi youtuber yang berkualitas.

Nah itulah tadi ide-ide bisnis yang cocok untuk kalangan millennials serta tidak membutuhkan modal besar. Namun yang namanya bisnis apapun itu tergantung dengan usaha kita. Tidak ada bisnis yang semudah apa yang kita lihat, untuk sukses berbisnis perlu disiplin dan tekun. Karena dalam berbisnis itu menejamen bisnisnya kita lakukan sendiri maka perlu disiplin yang benar-benar dari dalam diri, berbeda halnya dengan menjadi karyawan yang tinggal menuruti perintah atasan. Terakhir, ide-ide bisnis di atas tidak disarankan untuk menjadi bisnis utama.

Oke mungkin cukup sekian tulisan saya kali ini, jika ada yang kurang pas, silakan sampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment