Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

4 Keuntungan Bisnis Dropship

Bisnis dropship saat ini masih cukup disenangi masyarakat. Pasalnya bisnis dropship bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan dengan modal kecil, jika kamu pintar-pintar mempromosikan daganganmu sehingga laku keras. Kamu sudah sampai di artikel ini, saya rasa kamu sudah mengetahui apa itu dropship. Tapi, jika kamu belum tahu apa itu dropship akan saya uraikan sedikit tentang pengertian dropship.

4 keuntungan jual beli dropship
Image Source : pixabay.com
Dropship merupakan metode jual - beli online dimana si penjual atau biasa disebut dropshipper tidak memiliki stok barang dan juga tidak melakukan proses pengiriman sendiri layaknya reseller. Metode jual - beli online dropship sangat tergantung pada supplier sebagai penyedia stok barang, sekaligus yang melakukan pengiriman pesanan kepada pembeli yang memesan barang kepada dropshipper. Untuk tahu lebih jelasnya tentang dropship dan bagaimana detail proses transaksinya bisa lihat di artikel saya yang ini Apa itu Dropship?

Setelah tahu apa itu dropship, mari kita masuk ke pembahasan utama kali ini yaitu 4 Keuntungan Bisnis Dropship.

Bisnis dengan Modal Kecil atau Bisa dikatakan Tanpa Modal

Menjalankan bisnis dropship tidak memerlukan modal besar atau bahkan bisa di katakan tanpa modal. Sistem dropship dimana si dropshipper tidak menyediakan stok barang sendiri membuat bisnis ini bisa di katakan bisnis tanpa modal. Loh kok bisa? Ya pasti bisa, karena sistem transaksi jual - beli dropship adalah sebagai berikut.

Pembeli memesan barang kepada dropshipper, menyertakan nama, alamat tujuan pengiriman, kontak yang bisa dihubungi, dan lain-lain seperti jual-beli online pada umumnya. Lalu, menyelesaikan pembayaran sesuai harga yang ditentukan dropshipper.

Dropshipper meneruskan pesanan pembeli kepada supplier(pemilik stok barang) dengan menyertakan data-data pembeli tadi(nama, alamat, dan lain-lain). Selanjutnya, menyelesaikan pembayaran sesuai harga yang ditentukan supplier(tentunya harga yang di tentukan supplier lebih murah dari harga jual si dropshipper).

Supplier merngirimkan barang pesanan kepada pembeli atas nama dropshipper, transaksi selesai.

Nah, dari proses transaksi di atas terlihat bukan, bahwa dropshipper tidak mengeluarkan modal. Paling modal paket internet untuk mempromosikan dagangannya, sedangkan kuota internet di zaman ini sudah menjadi kebutuhan pokok, terutama bagi kaun millennials.

Resiko Menanggung Kerugian Kecil

Dari poin pertama di atas sudah tahu kan sebab keuntungan yang kedua ini? Ya, dropshipper tidak akan menanggung kerugian jika saja barang dagangan mereka tidak laku, kenapa?

Karena dari sistem dropship tadi, bahwa dropshipper tidak menyediakan stock barang dagangan sendiri, melainkan hanya menjual barang dagangan milik supplier dengan sedikit menaikan harga agar mendapat keuntungan. Sehingga, ketika barang dagangan tersebut tidak laku, dropshipper tidak akan menanggung kerugian.

Bisa dijalankan Dimanapun

Nah poin ketiga ini yang membuat bisnis dropship semakin disenangi. Dengan memanfaatkan smartphone, bisnis dropship sangat mudah dijalankan dimana saja.

Dropshipper hanya perlu mengunggah foto barang dagangan milik supplier di akun sosial media, toko online atau marketplace mereka masing-masing sebagai media berjualannya. Lalu ketika ada pembeli, dropshipper tinggal melakukan proses transaksi seperti pada poin pertama di atas. Proses transaksi ini juga bisa dijalankan lewat smartphone kan? Maka dari itu, bisnis dropship bisa dijalankan dimana pun bahkan bisa sambil ngopi-ngopi santai.
Baca Juga 3 Ide Bisnis Online Millennials

Bisnis Simpel Tidak Ribet

Poin terakhir dari keuntungan dropshipper yaitu bisnisnya simpel tidak repot, pasti tau alasannya kan? Ya, karena metode dropship ini dropshipper tidak menyediakan stok barang, maka dropshipper juga tidak melakukan proses pengiriman.

Jadi, bisnis dropship sangat simpel dan tidak repot karena tidak perlu mengurus stok barang juga tidak melakukan packing untuk proses pengiriman.

Nah, di atas sudah saya uraikan 4 keuntungan jualan online dengan metode dropship. Semoga bermanfat, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment