Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Alasan Menulis di Blog

Bagi sebagian orang menulis merupakan hal yang menyenangkan, bahkan ada yg sampai pada tahap hobi. Sebagian lainnya menganggap menulis itu merupakan hal yg membosankan. Saya termasuk golongan kedua, yaitu orang yg kurang suka menulis hehe. Walaupun menulis bagi saya merupakan hal yang membosankan, namun ada kalanya saya membutuhkan catatan untuk suatu hal. Maka dari itu kadang kala menulis itu perlu.

alasan menulis di blog
Original image source : pixabay.com
Dari uraian di atas, bagi pemalas seperti saya jika langsung mencatat di kertas rasanya akan sulit tangan ini untuk melakukannya hehe. Maka dari itu salah satu cara saya menyiasatinya yaitu dengan mengetiknya di platform digital. Karena selain lebih praktis, juga kemungkinan tulisan kita rusak/hilang lebih kecil. Nah, platform digital yang saya maksud adalah blog. Selain untuk menyiasati kemalasan menulis, kira-kira apa saja ya alasan mengapa menulis di blog? Langsung simak di bawah ini.

Dokumentasi

Yang pertama adalah sebagai dokumentasi. Seperti yang saya katakan pada intro tulisan ini, walaupun saya malas menulis tapi ada kalanya menulis itu perlu. Yaitu sebagai catatan jika suatu saat kita membutuhkan informasi tentang apa yang kita tulis.

Misalnya saya menulis cara pasang domain tld ke blog. Lalu, karena lama saya ngga pasangin domain tld ke blog akhirnya suatu saat saya lupa. Nah, disaat momen seperti ini saya bisa membuka tulisan saya untuk melihat bagaimana cara pasang domain tld ke blog. Mungkin akan muncul pertanyaan? Kan tinggal searching di internet? Memang benar, tapi kalau berdasarkan tulisan sendiri yang kita sudah pernah mempraktekannya kan sudah pasti, kemungkinan gagal sedikit.

Menghasilkan Uang

Jujur saja dulu waktu pertama saya nulis di blog orientasinya adalah untuk menghasilkan uang. Pertama saya mulai ngeblog ya karena baca-baca di internet bahwa dengan menulis di blog bisa menghasilkan uang. Hal itu memang benar.

Dengan menulis di blog kita bisa menghasilkan uang, entah itu dari google adsense, content placement, afiliasi, jualan online dan lainnya. Namun semua itu tidaklah mudah, kita harus membangun citra baik blog di mata pengunjung. Justru kalau ngeblog tapi orientasinya hanya karena uang maka kemungkinan besar akan gagal. Butuh tenaga, ketelatenan, dan waktu hingga blog kita memiliki citra yang baik di mata pengunjung. Karena untuk mendapatkan uang dari blog terutama melalui content placement dan semacamnya itu blog kita harus memiliki citra yg baik.

Misalnya content placement(biasanya promosi). Siapa yg mau menaruh promosi mereka di blog yg acak-acakan. Tentunya mereka akan memilih mempromosikan jasa/produk mereka di blog yg baik di mata pengunjung bukan.

Berbagi Ilmu/Pengalaman

Dengan menulis di blog disadari atau tidak kita telah membagikan ilmu/pengalaman kita. Misalnya saya menulis tutorial cara membuat kotak quotes di blog. Atau mungkin travel blogger yang membagikan pengalaman jalan-jalannya.

Oleh karena dengan menulis di blog itu sama saja membagikan pengalaman/ilmu, maka kita tidak boleh sembarangan menulis di blog. Apa yg kita tulis sudah seharusnya dapat dipertanggungjawabkan. Itu juga salah satu alasan saya jarang update hehe.

Belajar hal Baru

Dengan menulis di blog kita bisa belajar hal baru. Poin ini sebenarnya agak bertentangan dengan poin ketiga. Memang ada yang menulis di blog sekadar membagikan sesuatu yg dia tahu. Misalnya dia anak IT, lalu dia menulis hanya tentang dunia IT di blognya karena dia ingin tulisannya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Namun ada juga yang menulis segala hal di blog, contohnya blog ini hehe.

Ada kalanya kita kehabisan ide menulis, untuk itu kita harus mencari-cari topik baru di internet, buku atau sumber lainnya, baru kita menulis topik tersebut.
Dari uraian di atas menurut pandangan saya ada sisi negatif dan positifnya.

Sisi positifnya adalah kita bisa belajar hal-hal baru seperti apa yg sedang kita bahas.
Sisi negatifnya, apabila kita tidak benar-benar mempelajari topik yg akan kita bahas di blog melainkan hanya rewrite dan masa bodo dengan apa yg kita tulis, maka tulisan kita kurang dapat dipertanggungjawabkan.
Oleh karena itu di paragraf sebelumnya saya bilang agak bertentangan dengan poin ketiga.

Nah, itu dia 4 alasan mengapa menulis di blog. Sebenarnya saya agak bingung ini alasan nulis di blog atau manfaat nulis di blog hehe. Tapi ya uduh lah ya saya tulis judulnya alasan nulis di blog saja.

Sekian tulisan ini. Jika ingin memberi kritik, saran, atau nomor whatsapp, eh yg ini becanda ding 😂😂 silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts

7 comments

  1. banayk asalan orang mneulis di blog ya, kalau aku suka saja menulis kaya kecanduan

    ReplyDelete
  2. Suka aja... Tapi sekedar berbagi cerita ringan aja ttg kwseharian alias curhat wk wk 😁😁

    ReplyDelete
  3. manfaat menulis itu banyak banget selain bisa menghasilkan uang, kita juga bisa melakukannya dengan hanya sekedar hobi.

    ReplyDelete
  4. kalau buat saya menulis itu kebebasan ..jadi bisa menuangkan apa aja di dalam tulisan ..

    ReplyDelete
  5. aku lebih ke arah dokumentasi dan utk berbagi. dulu pas bikin blog, itu krn aku pelupa mas. padahal aku hobby traveling dan kuliner. krn takut lupa semua pengalaman yg aku dpt dr traveling td, makanya aku tulis. dan dr situ bisa utk berbagi ama temen2 lain yg hobi jalan2 juga ;). sekalian nambah temen jdinya. seneng aja tiap sdg traveling kesuatu tempat, dan ada blogger lain yg jg srg BW k tempatku,kita janjian ketemu dan jd deket ampe skr.

    ReplyDelete
  6. Saya nulis di blog karena suka aja biar ada yang komen hehe lagipula pembaca di blog sangat beda jauh dengan para pembaca di medsos.

    ReplyDelete
  7. Selain hobi dan meluangkah waktu kosong, saya menulis untuk curhat kepada pada pengunjung jika inilah saya, inilah hidup saya yg tanpa tujuan tapi tetap fokus menata hidup yg lebih baik

    ReplyDelete