Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Keuntungan Telpon Menggunakan Aplikasi Chatting

Di era informasi ini cara berkomunikasi jarak jauh sudah berubah. Dulu untuk berkomunikasi jarak jauh hanya bisa dilakukan melalui surat menyurat, tapi sejak teklonogi telpon di temukan, kita beralih menggunakan telpon. Bahkan seiring berkembangnya teknologi, telpon kini bisa dilakukan tanpa pulsa seperti dulu lagi, melainkan menggunakan kuota internet, yaitu melalui fitur telpon pada aplikasi-aplikasi chatting. Sebenarnya tanpa ada tulisan di atas kamu pasti udah tau lah ya, jadi tulisan di atas cuma buat intro aja ya hehe.

keuntungan telpon menggunakan aplikasi chatting
Source Image : pixabay.com
Seperti kita ketahui, melakukan panggilan telepon menggunakan aplikasi chatting sudah lazim dilakukan baik itu kalangan atas maupun menengah. Melakukan panggilan telepon melalui aplikasi chatting dipilih tentunya karena lebih murah dari telpon konvensional. Tapi tahu ngga si keuntungan melakukan panggilan telepon melalui aplikasi chatting selain karena murah? Kalau belum tahu silakan simak uraian di bawah. Yang sudah tahu nyimak juga tidak masalah hehe.

Lebih Ramah Kantong

Seperti kita ketahui, telpon menggunakan aplikasi chatting lebih murah dibandingkan telpon konvensional. Hal itu karena saat kita telpon menggunakan aplikasi chatting yang kita pakai adalah kuota internet bukan pulsa. Sedangkan harga kuota internet di Indonesia termasuk murah. Kuota yang terpakai saat kita telpon menggunakan aplikasi chat juga tidak banyak walaupun kita telpon sampai berjam-jam. Selain itu karena di era informasi ini kuota internet sudah bisa dianggap sebagai kebutuhan primer sehingga kita tidak merasa terbebani saat kuota internet kita terpakai untuk melakukan panggilan telpon, apalagi jika hanya terpakai beberapa mega bytes saja.

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan. Kekurangan telpon menggunakan aplikasi chat adalah antara penelpon dengan yg ditelpon harus sama-sama punya kuota internet, juga kuotanya sama-sama terpakai saat melakukan panggilan telpon. Namun seperti yang saya bilang di atas, kuota internet sudah selayaknya kebutuhan primer, jadi saya rasa kekurangan ini tidak menjadi masalah besar.

Tidak Khawatir Berbeda Provider

Salah satu kendala yang sering saya temui saat masih sering menggunakan telpon konvensional adalah beda provider sim card, mengapa? Karena perbedaan provider sim antara si penelpon dengan yang ditelpon membuat biaya telpon lebih mahal. Walaupun pada masanya banyak provider yang menawarkan paket telpon ke semua operator, namun tetap saja akan ada perbedaan biaya antara telpon sesama provider sim dengan beda provider(beda provider biasanya lebih mahal). Nah, saat kita menggunakan fitur telpon dari aplikasi seperti Whatsapp, Line dan sebagainya, beda provider tidak menjadi masalah lagi, karena biaya yg kita gunakan bukan pulsa melainkan kuota. Jadi, walaupun beda-beda provider, kuota yg terpakai tetap sama hanya tergantung seberapa lama kita menelpon.

Gratis Telpon Internasional

Dengan menggunakan aplikasi chatting kita bisa menelpon kerabat di luar negri secara gratis. Yang dimaksud gratis di sini adalah hanya menggunakan kuota internet seperti biasa tanpa menguras pulsa. Seperti yang kita ketahui, menggunakan telpon konvensional untuk menelpon ke luar negri tentunya akan mahal. Dengan menggunakan telpon aplikasi chatting telpon ke luar negri tidak akan mahal lagi, karena yang terkuras hanya kuota internet seperti biasa. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin berkomunikasi dengan kerabat atau siapa saja yang berada di luar negri, utamanya komunikasi lewat telpon, maka menggunakan aplikasi chatting adalah solusi agar biayanya murah.

Nah, di atas sudah saya uraikan 3 keuntungan menelpon melalui aplikasi messanger. Jika di atas saya menyebutkan salah satu atau beberapa aplikasi messanger itu bukan promosi atau apa ya! Saya tidak dibayar oleh pihak manapun.

Sampai di sini tulisan saya. Jika ada unek-unek boleh sampaikan di kolom komentar di bawah. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Related Posts

5 comments

  1. cuma 1 kelemahannya meenggunakan aplikasi, yaitu kalau koneksi buruk, komunikasi akan bermasalah. selebihnya aplikasi messagjng memang bisa diandalkan, saya sering ngobrol sama teman2 yg dari luar negeri pakai skype

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya betul. Kalau melihat dari topik di atas, memang jaringan internet biasanya lebih buruk dari jaringan seluler biasa. Terutama kalau di tempat2 yg masih pedasaan

      Delete
  2. bener banget dengan adanya aplikasi chatting kita bebas berkomunikasi dengan siapapun dan dimana pun.

    ReplyDelete