Tips Mendatangkan Pengunjung bagi Blog Baru

Menjadi blogger setiap orang memiliki tujuan masing-masing. Ada yang sekadar hobi menulis, ada yang ingin berbagi, bahkan ada yg menjadikannya sebagai pekerjaan(full time blogger). Apapun tujuan ngeblognya, melihat statistik pengunjung blog yg tinggi merupakan kepuasan tersendiri, terlebih bagi yang mencari penghasilan dar ngeblog. Namun untuk mendatang visitor yang banyak itu tidak instan melainkan harus tekun dan pantang putus asa, apalagi bagi blog yang umurnya masih baru.

Tips mendatangkan pengunjung bagi blog baru
Image Source : pixabay.com
Tak bisa dipungkiri, mendatangkan visitor bagi blog baru terbilang sulit. Selain harus meriset keyword setiap artikel, kita juga harus bersaing dengan blog yang memiliki artikel sejenis, sedangkan biasanya blog yg umurnya lebih lama sudah memiliki nilai DA(Domain Authority) dan PA(Page Authority) lebih tinggi dari blog kita. Walaupun tidak multlak DA dan PA tinggi lebih unggul di mesin pencari, namun hal itu cukup mempengaruhi ranking artikel kita di mesin pencari.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, saya punya langkah dan tips berdasarkan sedikit pengalaman saya sendiri selama menjadi blogger. Langsung saja simak di bawah ini.

Tips Mendatangkan Pengunjung bagi Blog Baru


Submit Search Sonsole

Tujuan mendaftarkan/mensubmit blog kita ke search console yaitu agar blog kita lebih cepat di indeks oleh mesin pencari dalam hal ini mesin pencari google. Kenapa mesin pencari google? Karena yang paling populer yakni mesin pencari google. Namun jika kamu juga ingin mensubmit blog kamu ke mesin pencari lainnya juga tidak seperti bing, yandex, dan lain-lain. Tapi mensubmit blog ke search console milik google jangan sampai ketinggalan. Untuk penjelasan langkah lengkap submit blog ke search console saya sudah buatkan artikelnya tersendiri.
Cara Submit Blog ke Search Console


Jangan Nafsu dengan Persaingan Tinggi

Yang kedua yaitu jangan nafsu dengan persaingan tinggi, maksudnya apa? Maksudnya yaitu untuk blog yang umurnya masih baru jangan nafsu membuat artikel dengan persaingan tinggi. Kebanyakan orang mungkin akan berpikir dengan membuat artikel yang memiliki persaingan tinggi maka akan mendapat banyak pengunjung. Memang benar, namun saya rasa hal itu kurang tepat untuk blog baru. Persaingan dengan blog lain yang umurnya sudah lama dan memiliki DA dan PA tinggi akan membuat artikel kamu susah masuk page one mesin pencari(google) artinya apa? Artinya kemungkinan artikel kamu di kunjungi pengunjung sangat kecil.

Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya buatlah artikel dengan persaingan yang rendah sampai medium. Karena dengan begitu saat kamu buat artikel maka pesaingnya tidak terlalu berat dan kemungkinan blog kamu masuk page one itu lebih besar. Dengan begitu kemungkinan pengunjung mengunjungi artikel kamu juga lebih besar. Walaupun artikel dengan persaingan rendah biasanya memiliki tingkat pencarian(orang yang mencari) sedikit, tapi tidak masalah untuk blog baru sambil menunggu bertambahnya umur blog dan meningkatnya DA dan PA. Saya menulis ini tidak asal tulis. Kamu bisa lihat gambar traffic source(sumber lalu lintas/sumber pengunjung) blog ini kebanyakan malah dari keyword dengan tingkat persaingan rendah.
Tips mendatangkan visitors bagi blog baru
Namun kalau untuk mencontoh blog ini saya sarankan jangan hehehe. Karena blog ini sangat lambat perkembangannya.

Rajin Buat Artikel

Yang terakhir yaitu rajin buat artikel. Dengan rajin menulis artikel maka kemungkinan datangnya pengunjung lebih besar. Oke, saya jelaskan alasannya
Pertama, dengan rajin membuat artikel maka semakin banyak artikel kamu tersebar di internet. Dengan begitu semakin besar pula salah satu/beberapa artikel kamu ditemukan calon pengunjung.
Kedua, orang akan melihat blog yg aktif, apalagi jika kamu bisa menjaga kualitas artikel kamu. Ketika ada orang yang sudah suka dengan tulisan-tulisan kamu, maka dia akan menunggu-nunggu artikel baru dari blog kamu.

Nah, di atas sudah saya jelaskan 3 tips mendatangkan pengunjung bagi blog yang umurnya masih baru. Tulisan di atas saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri dan apa yang saya baca dari mastah-mastah blogger.

Sekian tulisan ini. Ada unek-unek silakan sampaikan melalui kolom komentar, terima kasih. Semoga bermanfaat.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
8 Komentar
avatar

langkah pertama memang betul sih, cari yang persaingannya sedikit, misal pakai tool Ubersuggest punya Neil Patel, jadi biar semangat kalau liat tulisan kita ternyata muncul di halaman teratas pencarrian google

Balas
avatar

Hmm,,,RAJIN MEMBUAT ARTIKEL,,inilah yang masih sulit mas

Balas
avatar

Saya termasuk nggak rajin menulis. Membuat blog untuk nulis suka-suka. Tapi pengen juga ya banyak pengunjungnya. Btw, terimakasih tipsnya.

Balas
avatar

Saya setuju bgt dgn kalimat ini "Apapun tujuan ngeblognya, melihat statistik pengunjung blog yg tinggi merupakan kepuasan tersendiri."
Blog saya pengunjungnya sepi bgt dan itu yg buat sy malas nulis. Kalo boleh saya tembahkan kalimatnya menjadi: "Apapun tujuan ngeblognya, melihat statistik pengunjung blog yg tinggi merupakan kepuasan tersendiri dan menjadi pemacu untuk ngeblog."

Balas
avatar

Hehe iya, makasih tambahan kalimatnya gan 👍👍

Balas
avatar

Iya, saya jg ga rajin nulis sbnrnya mba haha. Cuma nulis apa yg udh saya lewati dan yg menarik buat saya.
Iya, kalau liat statistik banyak pengunjung kaya puas aja gitu tulisan kita dibaca orang

Balas
avatar

Kalau pendapat saya sulitnya karena ide yg sering stuck hehe

Balas
avatar

Nah betul bgt mas. Kalau tulisan kita ada di page pertama minimal, entah mitos atau fakta kedepannya artikel kita bisa lebih dilirik search engine hehe

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔