Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

2 Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google

Artikel terindeks google berarti bahwa artikel kita sudah ada di google. Yang namanya terindeks itu bukan berarti artikel kita ada di halaman pertama penelusuran google. So, jika artikel kalian tidak ada di halaman-halaman awal penelusuran(contoh:halaman 1 atau 2) bukan berarti artikel kalian belum terindeks.

2 Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindeks Google

Untuk muncul di halaman-halaman awal penelusuran memang susah, banyak faktor yang mempengaruhi mengapa artikel kita tidak ada di halaman awal penelusuran google. Faktor yang pasti adalah persaingan kata kunci(keyword), semakin banyak persaingannya maka akan semakin berat masuk halaman awal penelusuran google, apalagi jika pesaingnya merupakan web-web besar.

Pada paragraf awal saya mengatakan terindeks itu bukan berarti ada di halaman pertama penelusuran google. Berarti jika kita ingin tahu apakah artikel kita sudah terindeks atau belum harus cari ke halaman-halaman belakang dong?

Jawabannya adalah tidak karena jika kita mencari dengan cara seperti itu maka akan buang-buang waktu dan bikin bosan. Oleh karena itu di sini saya akan menguraikan 2 cara mengetahui apakah artikel kita sudah terindeks oleh search engine google atau belum.

Menggunakan Search Console Baru

Nah yang pertama yaitu memanfaatkan fitur URL Inspection(Indonesia: Inspeksi URL) pada search console tampilan baru. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Masuk ke dashboard search console kalian pada tampilan baru(kalau sekarang langsung masuk ke tampilan search console baru sepertinya). Bagi yang belum tahu apa itu search console dan langkah menggunakannya, bisa baca terlebih dahulu artikel ini Cara Submit Blog ke Search Console Terbaru
  • Lalu kalian klik tab URL Inspection(Indonesia: Inspeksi URL), isikan url artikel pada kolom yang disediakan, kemudian tekan enter. Lalu akan seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mengecek Artikel Sudah Terindeks Google
  • Lihat bagian no 3. Kalau tulisannya URL is on Google(Indonesia : URL ada di Google) artinya artikel sudah terindeks google. Kalau tulisannya URL is not on Google(URL tidak ada di Google) ini seharusnya artikel belum terindeks google. Tapi dari kasus yang saya alami, artikel saya sudah terindeks(saya cek dengan search google, langkahnya ada di cara kedua di bawah) tapi tulisannya URL is not on Google. Jadi kesimpulan dari saya, kalau tulisannya URL is not on Google itu bisa benar-benar belum terindeks, tetapi juga bisa jadi sudah terindeks.

Menggunakan Search Google

Nah cara yang kedua ini sudah dilakukan para blogger sejak lama. Cara ini sangat simple dan tidak harus copy paste url artikel seperti pada cara pertama tadi. Kita hanya memanfaatkan search google langsung. Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Buka google search kalian masing-masing baik menggunakan pc atau smartphone tidak masalah.
  • Ketikan pada kolom pencarian google "site:alamatblog keyword"(hilangkan tanda kutip) lalu search. Saya sarankan untuk menggunakan mode penyamaran saat melakukan cara ini agar tidak terpengaruh cache, karena jika terpengaruh cache hasil pencarian bisa berbeda. Misalnya kalian sudah mengunjungi artikel kalian itu, bisa jadi nanti hasil pencariannya artikel kalian ada di atas padahal hasil pencarian sebenarnya berbeda.
    Cara Mengecek Artikel Sudah Terindeks Google
  • Jika dari hasil pencarian tadi terdapat artikel kalian, berarti artikel kalian sudah terindeks oleh google. Hasil pencarian ini hanya untuk mengecek apakah artikel kita sudah terindeks atau belum ya, tidak ada hubungannya dengan ranking artikel kita di google. Jadi walaupun artikel kita ada di urutan paling atas itu bukan berarti artikel kita ada di ranking 1 google. Karena kan tidak mungkin orang searching di google dengan mengetikan kata kunci "site:alamatblog keyword" ya kan.

Nah itulah 2 cara untuk mengetahui apakah artikel kalian sudah terindek oleh search engine google atau belum. Sekali lagi saya tekankan, artikel terindeks itu bukan berarti artikel kita berada di halaman pertama penelusuran google ya. Untuk mencapai halaman pertama penelusuran google butuh belajar SEO(Search Engine Optimization) lebih jauh lagi.

Tetap semangat menulis artikel, jika kalian menulis artikel yang bermanfaat pasti timbal baliknya juga baik untuk kalian. Sekian tulisan ini, jika masih ada yang kurang paham, jangan sungkan bertanya melalui kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Related Posts

1 comment

  1. Enak juga ya klo sudah terindex sama google mempercepat datang nya visitor

    ReplyDelete