Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Merdeka Kirim Uang ke Kampung Tanpa Rekening

Di era yang sudah serba digital ini mengirim uang rasanya sudah tidak sulit lagi. Pilihan cara transfer uang ke orang tersayang sudah sangat banyak, mulai dari transfer melalui ATM, langsung ke teller bank, melalui dompet digital dan lain sebagainya. Namun di sisi lain, masih banyak masyarakat di pelosok negri yang belum bisa menikmati kemudahan transfer uang tersebut.
Kirim uang tanpa rekening bank

Merdekakan Transfer Uang ke Pelosok Negri

Global Findex mencatat 60 juta masyarakat Indonesia yang sudah berusia dewasa belum memiliki rekening bank. 33% dari 60 juta masyarakat tersebut beralasan jarak. Hal itu biasa terjadi pada masyarakat-masyarakat yang tinggal di daerah pelosok yang memang jarak dari rumah ke bank cukup jauh.

Oleh karena itu kita memerlukan alternatif lain untuk memerdekakan(memudahkan) pengiriman uang. Salah satu caranya adalah bagaimana kita bisa mengirim uang ke seluruh daerah Indonesia tanpa harus punya rekening bank, tanpa melalui ATM sehingga seluruh masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengiriman uang.

Apakah bisa mengirim uang tanpa melalui rekening bank? Tentu bisa, yaitu lewat Alfamart/Alfamidi. Kita bisa kirim uang lewat Alfamart/Alfamidi menggunakan layanan pembayaran elektronik TrueMoney.

Apa sih TrueMoney?

TrueMoney adalah layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan kamu untuk melakukan semua transaksi melalui aplikasi smartphone dan EDC. TrueMoney sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia(BI) sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Keuntungan Mengirim Uang Melalui TrueMoney

1. Tidak perlu Rekening

Untuk mengirim uang menggunakan TrueMoney kita tidak perlu punya rekaning bank. Walaupun Indonesia merupakan negara berkembang, namun nyatanya di pelosok-pelosok wilayah masih banyak orang yang belum memiliki rekening bank. Seperti saya tulis di atasa, Global Findex mencatat 60 juta masyarakat Indonesia yang sudah berusia dewasa belum memiliki rekening bank, 33% di antaranya beralasan jarak. Nah hadirnya TrueMoney sedikit banyak memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut.

2. Flesksibel dengan Setoran Tunai

Pada poin pertama kita tahu bahwa 60 juta masyarakat Indonesia belum memiliki rekening. Oleh karena itu kirim uang dengan setoran tunai merupakan pilihan. Nah, dengan TrueMoney kamu bisa mengirim uang tanpa harus memiliki rekening dan menyetorkan besaran uang yang akan dikirim secara tunai.

3. Menjagkau hingga ke Pelosok Negri

Kembali pada poin pertama tadi, tercatat 33% masyarakat Indonesia yang tidak memiliki rekening karena alasan jarak. Alasan jarak ini biasanya bagi mereka yang tinggal di pelosok wilayah karena memang jarak rumah ke bank jauh. Sehingga banyak orang(perantau biasanya) yang kesulitan untuk mengirim uang ke kerabat yang ada di kampung.

TrueMoney ini bekerja sama dengan Alfamart di seluruh pelosok negri untuk transaksi kirim uang. Sehingga jika kamu ingin kirim uang ke kerabat di kampung jadi lebih mudah. Karena Alfamart memiliki lebih dari 13.000 gerai yang tersebar di seluruh negri dan akan terus bertambah.

4. Lebih Aman, Cepat dan Real Time

Mengirim uang dengan TrueMoney lebih aman karena semua data pengirim maupun penerima harus berdasarkan KTP dan menggunakan nomor handphone pribadi. Seluruh transaksi TrueMoney juga akan berjalan secara cepat dan real time.

5. Layanan Pengiriman Uang dari Korea

Kerjasama yang baik antara Indonesia dan Korea mengakibatkan lebih dari 40 juta masyarakat di Indonesia bekerja di Korea. Melihat keadaan ini, TrueMoney bekerja sama dengan Sentbe, aplikasi pengiriman uang online, transaksi pengiriman uang online dari Korea ke Indonesia lebih mudah karena bisa diambil melalui gerai Alfamart terdekat.

Setelah kita mengetahui berbagai keuntungan kirim uang melalui TrueMoney, sekarang mari kita simak bagaimana cara kirim uang melalui TrueMoney.

Cara mudah kirim uang menggunakan TrueMoney melalui Alfamart/Alfamidi :

Sebelum masuk ke cara kirimnya, kamu harus tahu syarat dan ketentuan kirim uang menggunakan True Money :
1. Membawa identitas KTP/SIM/Paspor Asli dan Fotocopy yang masih berlaku.
2. Isi Formulir
Kamu akan diminta mengisi formulir, isi formulir pengiriman uang jika ingin mengirim uang. Isi formulir pencairan uang jika akan melakukan pencairan
3. Biaya Pengiriman
  • Untuk Rp 20.000 - Rp 100.000 dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp 15.000
  • Untuk Rp 100.001 - Rp 5.000.000 dikenakan biaya Rp 25.000
Biaya tersebut adalah untuk satu kali pengiriman.

Cara Pengiriman

  1. Datang ke gerai Alfamart atau Alfamidi terdekat dan beri tahu maksud dan tujuan kamu, yaitu ingin mengirimkan uang melalui TrueMoney Pengiriman Uang.
  2. Lalu isi formulir pengiriman uang, tunjuakan kartu identitas yang masih berlaku, kemudaian berikan formulir beserta biaya pengiriman sesuai besaran uang yang dikirim kepada kasir.
  3. Terakhir, pengirim akan diberikan struk atau bukti transaksi yang berisi kode MTCN yang akan digunakan untuk proses pencairan.

Cara Pencairan

  1. Datang ke gerai Alfamart atau Alfamidi terdekat dan beri tahu maksud dan tujuan kamu, yaitu ingin mencairkan uang melalui TrueMoney Pengiriman Uang.
  2. Lalu isi formulir pengiriman uang, tunjuakan kartu identitas yang masih berlaku, berikan formulir beserta kode MTCN yang kamu dapat dari pengirim.
  3. Terakhir, kamu akan menerima uang kiriman tanpa dikenai biaya administrasi.
Nah itulah tadi cara mudah kirim uang ke kampung mudah tanpa perlu rekening bank, langkahnya cukup mudah bukan. Kita hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan mengisi formulir sudah bisa kirim uang ke kampung.

Di bulan Agustus ini Indonesia akan memasuki kemerdekaan yang ke-74 tahun. Salah satu harapannya adalah tidak ada lagi yang kesulitan untuk melakukan pengiriman uang ke seluruh pelosok negri.

Yang masih disayangan adalah besaran biaya kirimnya yang cukup lumayan. Namun mengingat pengirimannya tanpa perlu rekening, mudah, cepat, serta bisa menjangkau pelosok, maka bisa dimaklumi jika kita harus membayar biaya kirim sebesar yang saya tulis pada bagian atas tulisan ini.

Sekian tulisan kali ini, jika ada saran, kritik, pertanyaan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih. 
https://www.truemoney.co.id/

Related Posts

5 comments

  1. wah ii memang solusi banget nih karena memang banyak orang yang belum punya rekening. jadi bisa kirim uang dengan mudah, biaya adminnya juga rendah, terus kerjasama dengan alfa yang mana minimarket ini udah tersebar di seluruh peolok tanah air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup memang ini solusi banget. Dan memang betul karena kerja samanya bareng alfa jadi lebih mudah karena dimana-mana ada alfamart

      Delete
  2. Halo mas ini saya yang dari grup wb, keren juga yak fitur ini, tapi kalau gak ada fasilitas ATM di sekitar kampug halaman misal akan oke juga nih

    ReplyDelete