Langkah Menulis Artikel di Blog

Berbicara perihal langkah menulis artikel, bagi kalian yang sudah lama terjun di dunia blogging sudah tidak asing lagi ya. Namun untuk yang masih baru mungkin belum tahu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan khusunya agar artikel yang dibuat cepat terindeks google. Oleh karena itu, kali ini saya ingin berbagi langkah apa saja yang saya lakukan setiap kali membuat artikel di blog, terutama untuk yang baru terjun di dunia blogging. Bagi blogger ulung yang mau nyimak juga tidak masalah.

Tujuan Tulisan Ini

Tulisan ini saya buat untuk sekedar berbagi pendapat, yaitu bagaimana agar artikel yang kita buat bisa segera terindeks di search engine, terutama search engine google. Untuk membuat artikel kita sekadar terindeks tidaklah sesulit yang dibayangkan, tinggal bagaimana kualitas artikel kita, juga bagaimana persaingan keyword yang kita incar.

Untuk berbagi cara bagaimana agar artikel berada di halaman pertama pencarian jujur saya belum berani, karena itu cukup sulit. Artikel saya yang ada di halaman pertama pencarian google pun persaingan kata kuncinya sangat rendah. So, satu-satunya tips yang saya berikan agar artikel bisa berada di halaman pertama pencarian google yang incar persaingan yang tidak terlalu tinggi.

Keyword Persaingan Rendah Worth kah?

Apakah worth artikel berada di halaman pertama pencarian tapi persaingannya rendah? Menurut saya cukup worth apalagi untuk blog yang umurnya masih baru. Seperti yang saya bahas pada artikel Tips Mendatangkan Pengunjung bagi Blog Baru yang intinya artikel dengan persaingan rendah pada blog baru yaitu untuk memencing datangnya pengunjung.

Sepertinya kita mulai melenceng dari topik utama ya? Daripada bahasannya makin meluas, saya akan langsung membahas apa saja yang saya lakukan dari mulai memikirkan ide, menulis artikel, submit search console, hingga share artikel ke sosial media, simak di bawah ini.

Langkah Menulis Artikel di Blog

1. Memikirkan Ide

Yang pertama yaitu memikirkan ide, apa si maksudnya? Maksud saya adalah mencari topik yang akan saya tulis. Kebanyakan yang saya tulis berawal dari apa yang saya lakukan atau saya alami. Namun sesekali saya juga mencari referensi dari internet.

Setelah tahu apa yang ingin ditulis kadang saya riset keyword judul melalui ubbersugest. Tapi seringnya saya hanya mengandalkan jumlah hasil pencarian berdasarkan search engine google. Langkahnya cukup mudah, kita hanya perlu mengetikan judul yang ingin kita buat tulisan pada kotak pencarian google(melalui pc/laptop). Kemudian lihat jumlah hasil pencarian terkait ada sekitar berapa(lihat gambar di bawah).

Persaingan kata kunci

Lalu lihat juga web-web yang memiliki artikel tersebut merupakan web besar atau biasa saja. Jadi intinya cara tersebut adalah untuk menganalisa sebarapa berat persaingan keyword yang ingin kita buat artikel.

Kelemahannya yaitu kita hanya bisa melakukan cara di atas melalui pc/laptop. Sebenarnya bisa melalui smartphone, yaitu dengan menggunakan google chrome. Caranya adalah sebagai berikut
  1. Buka browser google chrome pada smartphone kalian.
  2. Ketikan keyword yang ingin kalian analisa pada pencarian google.
  3. Kemudian tap icon titik 3 yang ada di pojok kanan atas layar.
  4. Terakhir tap Request desktop size, maka halaman akan mereload dan tampilannya akan berubah seperti pada pencarian google di pc/laptop.
Apa harus menggunakan google chrome? Saya kurang tau, yang sudah pernah saya coba ya menggunakan google chrome. Kalaupun browser lain bisa seperti itu mungkin caranya sedikit berbeda.

Selanjutnya saat sedang tahap memikirkan ide yang paling pasti saya pikirkan adalah kalimat untuk mengawali tulisan. Ketika ide topik sudah dapat, kalimat untuk membuka tulisan sudah kepikiran, maka saya langsung ke tahap berikutnya yaitu menulis artikelnya.

2. Menulis Artikel

Nah, yang kedua ini sepertinya tidak ada yang istimewa, cara yang saya lakukan mungkin sama saja seperti orang-orang lainnya. Oh ya, saya sendiri di sini menulis artikel menggunakan bahasa yang semi formal, jadi tidak formal juga tidak terlalu bahasa sehari-hari. Saya juga masih memperhatikan kaidah PUEBI(Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) walaupun jelas tidak sepenuhnya benar, karena bahasa yang saya gunakan dalam menulis menggunakan bahasa yang campuran antara bahasa sehari-hari dengan bahasa formal.

Untuk pengaturan umum di dashboard blogger(khusus kalian yang menggunakan blogger,com) dalam menulis saya pasti mengisi Labels(kategori tulisan), Permalink(kadang saya menyusun permalik sendiri ketika permalink autonya terlalu panjang), Search Description(Deskripsi Penelusuran). Yang pasti kotak judul dan tulisan utama jelas saya isi hehe.


3. Submit Artikel Search Console

Setelah saya menyelesaikan artikel saya dan sudah saya publish, selanjutnya saya akan men-submit link artikel tersebut ke search console. Langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Buka web search console kalian.
  2. Copy link artikel yang baru kalian buat, kemudian pada search console tadi klik tab URL Inspection.
    Submit artikel ke search console
  3. Kalian akan diarahkan ke kotak input yang berada di tengah atas layar web search console. Paste kan link artikel yang sudah kalian copy tadi ke kotak input tersebut, kemudian tekan enter.
  4. Setelah itu kalian akan masuk ke halaman seperti di bawah ini. Terakhir tinggal klik Request Indexing.
    Submit artikel ke search console

Kalau langkah submit artikel di atas kalian rasa terlalu singkat dan kurang jelas, saya sudah membuat artikel khususnya yang membahas langkahnya lebih detail Cara Mempercepat Artikel Terindeks Google dengan Inspeksi URL

4. Share Sosial Media

Langkah keempat sekaligus terakhir adalah share artikel baru ke sosial media. Untuk langkah ini sebenernya optional, bahkan mungkin blogger-blogger besar tidak melakukan hal ini. Sebagian orang juga berendapat bahwa share artikel ke sosial media itu membuat blog menjadi tidak sehat. Tapi pemdapat saya hal itu terjadi jika cara kita share artikel membuat orang risih, dengan kata lain spam.

Jika kalian pemilik blog niche(kategori tertentu) share ke grup-grup sosial media yang topik pembahasannya terkait dengan niche blog kalian adalah hal yang tepat. Karena cara itu cukup berguna untuk mendatangkan pengunjung.

Nah, itulah tadi 4 langkah saya menulis artikel mulai dari mencari ide hingga share ke sosial media. Sekali lagi saya tekankan, langkah di atas adalah langkah yang saya lakukan, jadi mungkin saja sedikit berbeda dengan yang orang lain lakukan. 

Sekian tulisan kali ini. Jika ada kritik, saran, dan pertanyaan bisa kalian sampaikan melalui kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

wuidih ini mah lengkap banget. Saya jarang perhatiin yang poin2 diatas langsung ketik terus share di medsos

Balas
avatar

Haha, saya merhatiin poin2 di atas juga karena dulunya penulis blog niche dan bener2 merhatiin biar gimana artikel bagus SERPnya

Balas
avatar

terima kasih mas.. sangat bermanfaat ..

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔