Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Membuat Thumbnail Artikel Menggunakan PixelLab

Apa si thumbnail? Thumbnail sendiri merupakan gambar yang beresolusi lebih kecil dari aslinya. Dalam sebuah artikel pada blog gambar yang akan digunakan sebagai thumbnail adalah gambar pertama(urutan paling atas) dari artikel tersebut. Pada umumnya seorang blogger dalam membuat artikel akan menempatkan sebuah gambar ilustrasi di urutan paling atas artikel yang juga dimaksudkan sebagai thumbnail artikel tersebut.

Thumbnail juga berpengaruh terhadap minat pembaca terhadap isi artikel kita. Ketika thumbnail menarik, kemungkinan si pembaca akan penasaran terhadap isi artikel. Sebaliknya, ketika thumbnail yang kita gunakan asal-asalan maka minat pembaca untuk melihat artikel kita menjadi berkurang. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan cara membuat thumbnail blog menggunakan PixelLab.

Mengapa menggunakan PixelLab?

Membuat Thumbnail Artikel Menggunakan PixelLab

PixelLab adalah aplikasi edit gambar melalui smartphone. PixelLab merupakan aplikasi edit gambar yang fokus pada pembuatan tulisan pada suatu gambar. Jadi PixelLab ini memang lebih dikhususkan untuk membuat seperti quotes pada gambar, membuat thumbnail, dan semacamnya. Oleh sebab itu saya memilih PixelLab(bukan promosi ya) untuk membuat thumbnail blog, karena memang fokus pada pembuatan tulisan pada gambar jadi menu-menunya lebih memudahkan kita untuk membuat thumbnail.

Selain itu, mengapa pilih PixelLab juga karena merupakan aplikasi smartphone, jadi lebih enjoy membuat thumbnailnya.

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, saya akan memberikan contoh thumbnail yang akan dibuat sehingga kamu punya gambaran nanti saat mengikuti tutorialnya, gambar di bawah merupakan contoh sederhana. Ini hanya untuk contoh pembelajaran, untuk selanjutnya nanti kalian bisa kreasikan sesuai kreatifitas.
gambar thumbnail pixellab

Cara Membuat Thumbnail Artikel Menggunakan PixelLab

  1. Pertama-tama kamu install terlebih dahulu aplikasi PixelLab melalui playstore/appstore. Setelah berhasil install, buka aplikasi PixelLabnya.
  2. Selanjutnya kalian pergi ke menu edit background lalu pilih from gallery untuk mengganti background default dengan gambar yang akan kamu jadikan thumbnail(lihat gambar di bawah).
  3. Lalu kalian buat shape dengan cara klik tombol + pada bagian kiri atas layar lalu pilih shape, atur opacitynya 50%, dan pilih warna hitam(lihat gambar di bawah). Selanjutnya klik centang, kemudian perluas shape dengan cara drag pada shapenya, drag shapenya sampai lebih luas dari gambar utama kita, lalu atur posisinya sampai menutupi gambar kita. Jadi intinya shape ini untuk menutupi gambar utama agar nanti tulisan thumbnail yang kita buat lebih terlihat.

  4. Setelah itu, atur layer text agar berada dibagian layer paling atas(lihat gambar di bawah)
  5. Lalu pada tulisan "new text" klik saja 2 kali, selanjutnya ganti tulisannya sesuai judul artikel kamu atau garis besar judul artikel kamu. Kemudian atur posisi teksnya ke tengah layar, atur jenis teks, style teks, warna dan lain-lain melalui menu yg bersimbol A(lihat gambar di bawah)
  6. Setelah itu kita akan membuat garis yang berada di atas dan di bawah tulisan seperti pada contoh. Caranya buat lagi shape, seperti pada langkah 3, namun sekarang atur fillnya warna putih, opacitynya tetap 100%. Lalu perkecil lebar shapenya sampai menjadi sebuah garis. Selanjutnya kalian copy saja garis(shape) tersebut dengan cara seperti gambar di bawah.
  7. Kemudian atur posisinya menjadi seperti pada contoh gambar thumbnail. Nah, untuk mengatur posisi garis, kalian bisa gunakan menu "position" pada menu yang iconnya segi enam. Dan untuk mengatur lebar atau panjang garis gunakan "relative size" juga pada menu segi enam tadi.
  8. Setelah jadi, kalian bisa save project dengan klik icon memory yang ada di sebelah kanan + paling atas layar, atau eksport ke image langsung dengan cara click tombol titik 3 di pojok kanan atas lalu klik export image. Saat export image kamu pilih format imagenya(png/jpg) dan kualitas gambarnya.
    Sampai di sini kamu sudah berhasil membuat gambar untuk thumbnail artikel kamu. Contoh di atas memang sangat sederhana, untuk itu kamu bisa mengembangkannya sendiri. Saya juga menyediakan tutorialnya dalam bentuk video, kamu bisa tonton langsung melalui link di bawah ini.
    Sekian tulisan kali ini. Jika ada kritik, saran, pertanyaan silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih.

Related Posts

No comments

Post a Comment