Ikhfan Yusuf

Kesia-siaan adalah saat kau terus berpikir namun tak pernah berjalan.

logoblog

Cara-cara Menghasilkan Uang dari Blog

Ngeblog merupakan suatu kegiatan yang disukai mereka orang-orang yang hobi menulis. Ngeblog juga memberikan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Kita bisa berbagi pengalaman, cerita, atau bahkan langkah melakukan suatu hal. Namun tahu tidak bahwa blog juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah?
Cara-cara Menghasilkan Uang dari Blog

Menulis di blog memang bisa menghasilkan rupiah. Bahkan ada yang memutuskan resign dari pekerjaannya untuk menjadi full time blogger dan mereka berhasil maraup pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit, salah satu contohnya yaitu mas Timon. Namun mengambil keputusan seperti mas Timon tidak saya sarankan jika kamu seseorang yang tidak telaten dan semangat juangnya biasa-biasa saja, kaya saya misalnya hehe, mengapa demikian?

Sebab untuk meraup pundi-pundi rupiah yang banyak dari ngeblog itu tidak semudah mengikuti intruksi atasan. Karena untuk menghasilkan uang dari blog itu ibaratnya kita memulai sebuah bisnis. Menjalankan sebuah bisnis jika kita tidak mengatur strategi, tidak mendisiplinkan diri, tidak telaten maka hampir pasti akan gagal.

Aduh kelamaan basa-basinya, jadi bagaimana si cara menghasilkan uang dari blog?
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari ngeblog di antaranya Google Adsense, Content Placement/Sponsored Post, Ikut Lomba, Afiliasi. Oke, kita bahas detailnya satu per satu di bawah ini ya, simak terus tulisan ini sampai selesai.

Google Adsense

Yang pertama yaitu dari google adsense, hal ini merupakan cara yang juga saya lakukan. Kalau kamu lihat di blog ini banyak iklan-iklan banner, nah itu iklan dari google adsense. Google adsense merupakan produk anakan perusahaan raksasa google. Google Adsense ini merupakan perantara antara advertiser(pengiklan) dengan publisher(penayang iklan).

Kalau saya bahas lebih mendalam tentang adsense dan google ads nanti malah bikin bingung sepertinya. Karena tulisan ini ditujukan untuk mengenalkan kepada kamu-kamu yang benar-benar masih asing dengan google adsense jadi saya akan bahas simplenya saja.

Di atas tadi saya bilang google adsense adalah perantara, cara kerja simplenya seperti ini, jadi pihak pengiklan(yang mau pasang iklan) akan mempercayakan iklannya kepada google melalui yang namanya google ads, intinya si pengiklan ini akan membayar ke google untuk memasang iklannya. Selanjutnya pihak google akan menayangkan iklan tersebut melalui blog/web/youtube yang sudah "bekerja sama"(memiliki akun adsense) dengan adsense lalu membayar si pemilik blog/web/youtube tersebut.

Bagaimana metode pembayaran Google Adsense? Jadi google adsense akan membayar publishernya melalui
  • CPC(Cost per Click) = Mendapat bayaran dari setiap pengunjung mengklik iklan.
  • CPM(Cost per Mile/ per seribu tayang/tampilan) = Bayaran dari setiap seribu tampilan/tayangan iklan.
Harga CPC atau CPM yang diberikan google juga berbeda-beda, sehingga salah jika kamu menanyakan "kalau saya dapat 1000 klik maka berapa uang yang saya dapat?". Kenapa saya bilang hal itu salah? Ya karena harga CPC yang diberikan berubah-ubah tergantung iklan. Sehingga bisa saja 100 klik mendapatkan uang yang lebih banyak dari 1000 klik iklan.

Kelemahan

CPC iklan konten blog atau youtube Indonesia itu rendah, sehingga untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan dari google adsense kita butuh traffic blog yang tinggi.

Content Placement

Yang kedua yaitu content placement. Apa itu content placement? Content placement adalah dimana seorang client menitipkan artikel di blog kita, biasanya untuk promosi produk atau jasa. Untuk blog-blog yang trafficnya biasa saja content placement ini lebih menjanjikan. Pasalnya sekali content placement minimal yang punya produk akan memberikan fee 50k, itu nilai paling rendah ya jarang sekali diberikan client.

Setau saya umumnya content placement feenya antara 100-150k namun untuk blog yang ratingnya sudah bagus bisa sampai 250-300k an. Umumnya client content placement menilai suatu blog dari DA(Domain Authority) dan PA(Page Authority). Untuk cek DA dan PA kamu bisa ke https://smallseotools.com/domain-authority-checker/

Nah di sini saya juga ingin berbagi tips bagaimana agar client tertarik untuk menitipkan artikel content placementnya di blog kamu. Tips ini saya dapat dari teman blogger yang sering dapat tawaran content placement dan dari pendapat saya juga hehe.

Tips agar Blog Mendapat Tawaran Content Placement

Join Komunitas Job Blogger

Yang pertama adalah join komunitas dan terlibat aktif atau minimal nongol dalam komunitas tersebut. Tips pertama ini merupakan jalan untuk membuka harapan adanya tawaran content placement hehe. Karena dengan join komunitas job blogger biasanya di situ ada client-client yang mencari blog yang tepat untuk dititipi artikel content placementnya.

Bangun Karakter Blog

Tips selanjutnya adalah bangun karakter blog. Maksudnya adalah lebih baik jika tulisan kamu berkarakter. Gaya nulis kamu beda dari yang lain dan konsisten. Saya bilang seperti itu karena kebanyakan blog yang mendapat content placement itu blog pribadi dan blog yang bertraffic tinggi.

Dari analisa itu saya menyimpulkan bahwa kemauan client ada dua, pertama yaitu blog yang banyak pengunjungnya, atau yang berkarakter. Karena blog-blog yang berkarakter dan konsisten biasanya memiliki pembaca setia yang benar-benar menunggu postingan-postingannya bukan sekadar lewat baca satu artikel. Correct me if i wrong.

Ikut Lomba Blog

Tips ketiga sekaligus terakhir yaitu ikut lomba blog. Dengan mengikuti lomba blog ada kemungkinan tulisan-tulisan kamu dilirik client, nah ketika mereka melihat tulisanmu bagus maka ada kemungkinan mereka akan menawarkan content placement di blog kamu. So, ikutlah lomba-lomba blog dan kirimkan tulisan-tulisan terbaik kamu.

Mengikuti Lomba Blog

Terakhir nih yaitu ikut lomba blog. Lomba blog selalu ada setiap bulannya bahkan tidak hanya satu, setiap bulannya pasti ada banyak lomba blog, tinggal kamu mau cari info atau tidak. Lomba blog ini juga bisa jadi sumber pundi-pundi rupiah jika kamu menang. Selain itu juga bisa mendongkrak rating blog kamu di mata pengunjung jika tulisan-tulisan kamu bagus dan enak di baca.
Saya si belum pernah menang hadiah utama lomba blog hehe. Tapi baru-baru ini alhamdulillah menang hadiah mingguan dari lomba blog. Lumayan uangnya bisa dipake beli kuota juga kan hehe.

Kelemahan 

Kelemahan dari lomba blog yaitu lama waktu pengumumannya. Biasanya lomba blog jangka waktunya sebulan belum termasuk penilaian. Jadi ya intinya untuk tahu menang atau tidak harus nunggu sebulanan. Solusinya ya kamu harus ikut banyak lomba blog hehe.

Kesimpulan

  • Untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan dari google adsense kamu wajib menaikan traffic blog kamu. Kecuali jika kamu membuat blog berbahasa inggris, maka kemungkinan bisa mendapat penghasilan yang lumayan walau traffic biasa saja. Oh ya traffic ini bukan faktor diterima atau tidaknya blog kamu saat mendaftar google adsense.
  • Jika kamu seorang personal blogger lebih menguntungkan jika memanfaatkan content placement sebagai sumber penghasilan.

Sekian tulisan kali ini. Jika ada yang kurang jelas jangan sungkan berkomentar. Jika ada yang keliru mohon dikoreksi, terima kasih.

Related Posts

2 comments

  1. Menarik ya jadi blogger. Bisa dapat penghasilan yang lebih dari cukup. Jika benar-benar ditekuni dan konsisten merawat blognya.

    Tapi saya ngerasa sekarang ini lebih banyak yang pengen jadi youtuber ketimbang blogger. Apa ini perasaan saya saja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang menarik mas kalau benar-benar ditekuni.

      Yup betul, banyak yg lebih ingin jadi youtuber. Soalnya kebanyakan liat dari contoh2 youtuber sukses, padahal kuncinya ya sama aja baik blogger maupun youtuber kalau ga ditekuni alias males ya susah naiknya.

      Delete