Cara Mengubah Huruf Kapital Ms.Excel

Apa itu Microsoft Excel? Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Microsoft excel merupakan bagian dari microsoft office. Kamu pasti sudah familiar lah ya dengan aplikasi yang satu ini. Tetapi pernah ngga si kamu lagi bikin data di excel dan sudah selesai mengerjakannya lalu kamu ingin mengubah tulisan di excel menjadi kapital semua atau istilahnya Capitalize?

Kalau pernah lalu kamu kebingungan bagaimana cara mengubahnya berarti kamu punya masalah yang sama dengan saya. Pada Ms.Excel memang tidak seperti pada Ms.Word atau Power Point yang memiliki opsi change case. For your information, change case pada aplikasi office merupakan fungsi untuk mengubah huruf kecil ke kapital(uppercase), huruf kapital ke huruf kecil(lower case), dan mengubah setiap huruf di depan kata menjadi kapital(capilaze each word).

Nah, karena pada Ms.Excel tidak memiliki menu change case maka untuk melakukan fungsi change case kamu harus menggunakan rumus excel. Tapi tidak usah panik, tidak usah tegang, rumusnya gampang kok ngga kaya rumus kalkulus. Jadi bagaimana caranya? Langsung simak di bawah ini.

Merubah Huruf Kecil menjadi Kapital pada Excel (UPPERCASE)

Oke di sini saya asumsikan kamu sudah punya data excel yang mau dirubah jadi tinggal merubah saja.
  1. Pertama-tama, kalau kolom yang ingin kamu ubah isi tulisannya menjadi kapital ada di tengah-tengah di antara kolom lain, maka kamu buat kolom baru di sebelah kanannya. Cara membuat kolom disebelah kanan adalah kamu klik kanan pada kolom yang akan kamu tambah kolom di sebelah kanannya, lalu pilih insert, selanjutnya pilih shift cells right, lalu klik ok.
  2. Selanjutnya kamu double click kotak kosong di sebelah kanan tadi, lalu tuliskan rumus UPPER( kemudian klik pada kolom yang ingin kamu buat kapital tulisannya, kemudian enter. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

  3. Selanjutnya tinggal klik tahan pada pojok kanan bawah kolom yang ada rumusnya tadi lalu tarik ke bawah, biar otomatis semua rumus per barisnya kecopy sesuai urutan barisnya, paham kan maksud saya.

  4. Selanjutnya tinggal kamu copykan tulisan kapital yang kamu buat dari rumus tadi ke dalam kolom aslinya. Caranya yaitu blok semua kolom yang ingin kamu copy kemudian klik kanan, copy atau klik ctrl+c.
  5. Eits, hati-hati cara pastenya jangan langsung ctrl+p karena nanti yang tercopy rumusnya, akibatnya jadi tulisan kapital tadi hilang berganti rumus yang error. Jadi cara pastenya adalah klik kanan pada kolom yang ingin kamu isi dengan tulisan tersebut(dalam hal ini berarti kolom aslinya, lalu pilih paste options VALUE seperti pada gambar di bawah. Cara ini dimaksudkan agar yang tercopy hanya value atau tulisan yang tampak bukan rumusnya.

  6. Step terakhir, kamu tinggal hapus kolom yang ada rumusnya tadi. Selesai.

Merubah Huruf di depan Kata menjadi Kapital pada Excel(Capitalize Each Word)

Sebenarnya stepnya sama saja hanya beda di rumus, namun tidak apa-apa saya tulis lagi biar ngga dibilang males haha.
  1. Pertama-tama buat kolom di sebelah kanan kolom yang akan diubah tulisannya menjadi Capitalize Each Word atau kapital di depan kata. Caranya sama seperti tadi yaitu klik kanan pada kolom yang akan ditambahkan kolom disebelah kanannya lalu insert dan pilih shift cells right, kemudian ok.
  2. Double klik pada kolom yang baru dibuat tadi lalu ketikan rumus =PROPPER( lalu klik pada kolom yang berisi tulisan yang akan dibuat kapital di depan kata, kemudian enter.

  3. Selanjutnya klik tahan pada pojok kanan bawah kolom yang ada rumusnya, lalu tarik ke bawah, biar otomatis semua rumus kecopy sesuai urutan barisnya, paham kan maksud saya.
  4. Terus copy deh kolom yang isinya sudah kapital di depan kata tadi. Lalu pastekan ke kolom aslinya. Cara pastenya sama yaitu paste options pilih VALUE(seperti langkah UPPERCASE di atas).


  5. Oke, terakhir tinggal hapus kolom yang ada rumusnya tadi.

Merubah Huruf di depan Kata menjadi Kapital pada Excel(lower case)

Lower case adalah fungsi untuk mengubah huruf menjadi huruf kecil semua. Sampai sini udah lah ya ngga usah saya tulis ulang stepnya, kalian juga males kan baca tulisan yang sama berulang-ulang haha. Jadi stepnya sama persis seperti 2 cara mengubah huruf sebelumnya(Uppercase dan Capitalize Each Word), yang membedakan hanya pada bagian rumusnya. Pada bagian rumusnya kamu tulis =LOWER(

Yup, sudah selesai tulisan kali ini, gampang kan ya? Gampang dong. Nah kamu bingung ngga si kenapa ada step membuat kolom di sebelah kanan segala, kenapa ngga bikin di sebelah kiri? kenapa ngga tulis rumusnya di kolom yang kosong aja? Ya bisa aja seperti itu, namun kalau datanya banyak kan merepotkan, susah pindah-pindah kursornya, mending di sebelah kanannya kan gampang.

Okeh udah ya, kalau masih bingung dengan penjelasan saya di atas, jangan sungkan komentar yang banyak. Insya Allah saya jawab sebisa saya. Terima Kasih.

Ikhfan Yusuf itu bukan siapa-siapa, cuma hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔