Cara Daftar dan Beli Reksa Dana Tokopedia dan Bibit

Sebelum artikel ini diterbitkan, saya telah membahas dua topik tentang Reksa dana yaitu mulai pengenalan Belajar Investasi dengan Reksa dana dan Istilah-istilah yang biasa digunakan dalam investasi.

Nah, tulisan ini berkaitan dengan dua artikel tadi, jadi sebelum lanjut membaca tulisan ini alangkah baiknya baca dulu tulisan saya tentang Belajar Investasi dengan Reksa dana agar tidak bingung apa itu Reksa dana. Atau bahkan lebih baik jika kamu juga membaca tentang istilah-istilah dalam investasi Reksa dana.

Lanjut, sebenarnya platform online yang menyediakan tempat untuk berinvestasi Reksa dana ada banyak, mulai dari Bareksa, Bibit, bahkan tempat kita biasa memesan barang secara online seperti Tokopedia dan Bukalapak. Tetapi sejauh ini saya baru mencoba Tokopedia dan Bibit.

Sebenarnya saya sempat mencoba Bareksa, tapi karena metode pembayarannya yang kurang beragam akhirnya membuat akun saya di sana jadi terbengkalai. Intinya yang akan saya bahas hanya Tokopedia dan Bibit saja. Oke, langkah daftar dan beli unit Reksadana di Tokopedia dan Bibit adalah sebagai berikut.

Daftar Reksa Dana Tokopedia

  1. Pertama-tama kamu harus punya akun tokopedia yang sudah verifikasi nomor handphone. Kalau belum punya ya bikin dulu hehe.
  2. Selanjutnya kamu pergi ke tokopedia.com/reksa-dana.
  3. Setelah masuk ke halaman yang dituju tadi, silakan klik Mulai Investasi. Setelah itu kalau kamu belum login akan diminta login terlebih dahulu.
  4. Setelah kamu berhasil login, kamu akan masuk ke dashboard Reksa dana. Selanjutnya kamu klik Daftar Reksa Dana.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta mengisi form data diri, mulai dari email, pendidikan, jumlah pendapatan, foto kartu identitas, tanda tangan digital, dan beberapa data diri lainnya. Meskipun di sana ada form jumlah pendapatan dan yang semacam itu, tetapi itu hanya untuk syarat saja kok, soalnya saya yang jumlah pendapatan di isi sedikit saja bisa diterima. (Maaf tidak ada gambar halaman isi data diri, soalnya pas daftar saya tidak kepikiran untuk sharing di sini hehe)
  6. Setelah semuanya kamu isi, kamu tinggal submit aja form pendaftarannya.
  7. Nah, setelah ini kamu akan menunggu pendaftaran sampai diterima sekitar 1-2 hari kerja(saya cuma sehari si). Pemberitahuan akun diterima akan dikirim melalui email yang kamu daftarkan.
  8. Setelah mendapat pemberitahuan akun diterima, selanjutnya kamu bisa mulai berinvestasi.

Cara Beli Reksa Dana Tokopedia

  1. Silakan kamu kunjungi dashboard Reksa dana kamu, atau pergi ke tokopedia.com/reksa-dana/dashboard. Tampilan dashboard Reksa dana tokopedia seperti di bawah ini.
  2. Selanjutnya klik Beli Reksa Dana, silakan pilih produk Reksa dana yang kamu inginikan. Nah, di Tokopedia menyediakan 2 pilihan Asset Managemant Reksa dana, yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas. Keduanya sama-sama merupakan Reksa dana pasar uang, namun untuk yang Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra itu berbasis syariah. Jadi kalau kamu mau yang syariah pilih yang Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra.
  3. Setelah kamu pilih produk Reksa dana yang diinginkan, selanjutnya masukan nominal pembelian, minimal 10 ribu.
  4. Nah setelah itu klik Beli Reksa Dana, tapi sebelum klik beli, di atas tombol beli kamu bisa memasukan promo atau centang opsi bayar instan dengan ovo cash. Jika kamu tidak mencentang bayar instan dengan ovo cash, maka setelah klik beli kamu akan diarahkan ke pilihan metode pembayaran, tinggal kamu pilih lalu kemudian bayar.
  5. Nah setelah transaksi selesai, kamu akan diminta menunggu 1-2 hari kerja sampai unit Reksa dana masuk ke akun kamu. Kamu baru akan melihat keuntungan setiap harinya setelah unit Reksa dana kamu benar-benar masuk ke akun kamu(setelah 1-2 hari kerja)

Daftar Reksadana Aplikasi Bibit

  1. Pertama-tama silakan kalian download dan install aplikasi bibit dari Playstore(android) atau Appstore(iphone).
  2. Setelalah terinstal di smartphone kamu, sekarang buka aplikasi bibit kamu lalu klik Register.
  3. Setelah klik Register kamu akan dihadapkan pada robo advisor bibit yang akan memberi 6 pertanyaan semacam survey. Hasil dari 6 pertanyaan ini nantinya untuk membuat portfolio investasi yang cocok untuk kamu, silakan jawab saja sejujur-jujurnya. Setelah semua pertanyaan kamu jawab, maka kamu akan mendapat profil portofolio yang cocok sesuai keadaan kamu berdasar jawaban yang kamu berikan sebelumnya. Kalau bingung simak saja gif di bawah ini.
  4. Nah setelah melewati robo advisor tadi silakan kamu klik lanjut register.
  5. Setelah itu kamu akan diminta nomor handphone yang aktif dan referral(optional). Referral boleh kamu isi boleh tidak, namun kalau mau isi boleh isikan referral saya fanyusuf Apa benefitnya kalau pake referral? Kamu bisa dapat cashback 25 ribu, begitupun saya, jadi sama-sama untung hehe. Btw maaf screenshot di bawah ada pop up screenshot deleted, ikut keSS ga sengaja hehe.
  6. Nah setelah kamu isi nomor handphone dan referral, selanjutnya kalau tidak salah kamu akan mendapat sms OTP(One Time Password), silakan masukan kode tersebut ke tempat isian yang sudah disediakan.
  7. Langkah berikutnya kamu tinggal isi data diri seperti email, rekening bank, foto kartu identitas, tanda tangan digital serta beberapa data diri lainnya. (di sini saya tidak punya gambar ilustrasi karena kemarin pas daftar belum berniat sharing hehe). Intinya kamu isi data diri, lalu daftar.
  8. Nah setelah daftar, kamu akan diminta menunggu hingga akun kamu terdaftar, mungkin 1-2 hari kerja, tapi saya cuma kurang lebih setengah hari langsung diterima.
  9. Setelah itu kamu sudah bisa bertransaksi.

Beli Reksadana Aplikasi Bibit

Untuk membeli unit Reksa dana pada aplikasi bibit ada 2 opsi pilihan. Kamu bisa membeli sendiri salah satu jenis Reksa dana(pasar uang, saham, obligasi) atau membeli sesuai dengan portofolio kamu yang kamu dapat dari robo advisor saat register tadi.

Pembelian Pilihan Sendiri

  1. Pilih Jenis Reksadana yang kamu inginkan(pasar uang/saham/obligasi).
  2. Pilih manager investasi yang kamu kehendaki.
  3. Klik beli, masukan nominal pembelian, lalu beli. Kemudian akan diperlihatkan detail pembelian serta diminta untuk menceklis setuju syarat, pilih metode pembayaran, lalu bayar.
  4. Setelah transaksi berhasil, kamu akan diminta untuk menunggu 1-2 hari kerja sampai unit Reksa dananya masuk ke akun kamu.
  5. Setalah itu baru kamu bisa melihat keuntungan yang kamu dapatkan setiap harinya. Yang saya suka dari aplikasi bibit adalah metode pembayarannya beragam mulai dari transfer manual, virtual account, bahkan gopay.

Pembelian Berdasarkan Portofolio


Untuk pembelian ini saya belum pernah coba, tapi intinya untuk pembelian ini dan yang kamu investasikan akan dialokasikan ke 3 instrumen investasi yang ada di bibit. Pengalokasian besaran nominal ditentukan berdasarkan presentase yang ada pada portofolio kamu.

Yang saya suka dari bibit selain karena metode pembayarannya, juga karena pada aplikasi bibit ini kita bisa mengatur preferensi investasi Reksa dana menjadi syariah. Maksudnya gimana? Jadi kalau nanti kita atur preferensi investasi menjadi berbasis syariah, maka pilihan produk reksadana yang ditampilkan pun hanya yang berbasis syariah, baik itu pada pembelian pilihan sendiri maupun pada pembelian berdasarkan portofolio investasi. Cara mengatur preferensi investasi menjadi syariah adalah sebagai berikut.

Cara Mengatur Preferensi Investasi Syariah pada Aplikasi Bibit


  1. Buka aplikasi Bibit kamu.
  2. Pergi ke menu profil yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Terakhir tinggal klik radio button yang ada di sebalah kanan menu Preferensi Syariah.

Nah sudah saya tulis cara mendaftar dan membeli Reksa dana melalui Tokopedia dan aplikasi Bibit. Sepertinya cukup melelahkan tulisan kali ini hehe. Kalau ada yang masih kurang paham, silakan tingalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat.
Ikhfan Yusuf Bukan siapa-siapa, hanya hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

0 Response to "Cara Daftar dan Beli Reksa Dana Tokopedia dan Bibit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel