Istilah dalam Reksa Dana


Setelah sebelumnya kita bahas tentang belajar investasi dengan Reksa dana, di sana kita melihat istilah yang asing bagi sebagian orang. Kalau tidak salah di sana saya mengetikan 2 istilah dalam Reksa dana, yaitu bank kustodian dan unit Reksa dana. Apa si maksud istilah-istilah tersebut? Mari kita bahas lebih jauh.

Sebelum mulai mencoba investasi Reksa dana, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu istilah-istilah yang sering digunakan dalam Reksa dana. Selain istilah yang saya sebutkan di atas tadi, masih banyak istilah-istilah lainnya yang biasa digunakan dalam investasi Reksa dana. Apa saja kah istilah-istilah itu? Mari simak di bawah ini.

Istilah dalam Reksa dana


Manajer Investasi (MI)

Merupakan orang yang bertanggung jawab mengelola dana investor Reksa dana. Untuk menjadi Manager Investasi harus mendapat izin dari Bapepam-LK(Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan).

Bapepam-LK

Bapepam-LK atau Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan adalah lembaga di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang bertugas membina, mengatur, dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan.

Bank Kustodian

Bank Kustodian merupakan pihak yang memegang(mengumpulkan) dana investor Reksa dana. Bank Kustodian mengawasi setiap pengelolaan dana yang dilakukan oleh Manajer Investasi. Bank Kustodian menjamin dana investor agar tidak disalahgunakan oleh Manajer Investasi. Di Indoenesia sendiri bank kustodian yang ada antara lain BNI, BCA, CIMB, HSBC, dan Standard Chartered.

Nilai Aktiva Bersih (NAB/NAV)

NAB(Nilai Aktiva Bersih) atau dalam bahasa inggris NAV(Net Asset Value) adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih Reksa Dana setiap harinya.

NAB per Unit

Dikutip dari wikipedia, NAB per saham/unit penyertaan (NAB/UP) adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut.

Unit Penyertaan

Dalam invesatasi Reksa dana, investasi kita akan dihitung dalam satuan unit. Pada Reksa dana online biasanya kita membeli dengan hitungan nominal uang yang nantinya akan dikonversi menjadi unit Reksa dana.

Asset Managemant

Perusahaan yang mengelola Reksa dana disebut Asset Managemant.

Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang dihitung dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli.

Return

Return merupakan presentase keuntungan yang akan kita dapat setelah kita berinvestasi Reksa dana dalam kurun waktu tertentu(biasanya satu tahun).

Nah, di atas sudah saya bahas beberapa istilah yang biasa digunakan dalam investasi Reksa dana. Jika dari pembaca mungkin ada yang lebih berpengalaman dalam investasi Reksa dana, silakan koreksi atau lengkapi tulisan ini melalui kolom komentar di bawah, semoga bermanfaaat.
Ikhfan Yusuf Bukan siapa-siapa, hanya hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

0 Response to "Istilah dalam Reksa Dana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel