Fitur Keseimbangan Iklan akan dihentikan Google Adsense

Fitur keseimbangan iklan akan dihentikan
Baru-baru ini publisher adsense menerima email dari google adsense yang ber-subject Fitur keseimbangan iklan akan dihentikan. Sebagian publisher langsung paham maksudnya, namun ada juga yang kurang paham maksud fitur keseimbangan iklan adsense. Sebenarnya kalau email ini menggunakan Bahasa Inggris mungkin rata-rata publisher akan langsung paham, tapi karena email ini menggunakan Bahasa Indonesia jadi banyak yang kurang paham maksudnya(ini pendapat saya aja). Mengapa saya berpendapat seperti itu?

Yup, karena fitur keseimbangan iklan yang di maksud adalah ad balance(Bahasa Indonesia : saldo iklan). Jadi menurut saya antara translate-an bahasa yang di email, dashboard adsense Bahasa Inggris, dan dashboard adsense Bahasa Indonesia kurang sinkron wkwk. Kalau di dashboard adsense dengan tampilan Bahasa Indonesia, ad balance ditranslate menjadi saldo iklan, sedangkan di email penghentian yang sedang kita bahas ini, ad balance ditranslate menjadi keseimbangan iklan, jadi menurut saya hal inilah yang membuat publisher bingung.

Apa itu Keseimbangan Iklan (Ad-Balance)?

Oke sebelum masuk pembahasan utama tentang email penghentian keseimbangan iklan, mari kita ketahui dulu apa itu ad balance. Bagi kalian yang sering menelusuri fitur-fitur adsense untuk memaksimalkan penghasilan pasti sudah tidak asing dengan fitur ad balance ini. Tapi bagi yang belum tahu akan saya singgung sedikit soal ad balance ini.

Jadi, fitur ad balance ini adalah fitur untuk mengatur semacam rasio iklan tampil di blog kita. Coba lihat gambar di bawah ini.


Dari gambar di atas kita bisa lihat 2 bar, yaitu warna hijau dan warna biru. Jadi warna biru merupakan estimasi penghasilan yang didasarkan pada seberapa besar kita set balance adnya(warna biru). Intinya yang kita atur-atur adalah yang warna birunya(seberapa besar rasio iklan tampil), semakin rendah presentasinya akan semakin sedikit rasio iklan tampil. Namun menurut mastah-mastah blogger, semakin rendah ad balance diset, maka semakin besar cpc(cost per click), yaitu harga bayaran per klik iklan yang muncul.

Intinya ad balance ini untuk mengatur rasio iklan tampil. Oke, selanjutnya kita masuk ke pembahasan tentang pemberhentian layanan ad balance atau keseimbangan iklan ini. Kalian publisher adsense pasti sudah mendapat email seperti di bawah ini kan.

Fitur keseimbangan iklan akan dihentikan

Isinya adalah sebagai berikut :

Pemberhentian layanan

Fitur keseimbangan iklan akan dihapus mulai tanggal 10/06/2020. Publisher tidak perlu melakukan tindakan apapun atas penghapusan layanan ini.

Tayangan iklan

Iklan akan tampil lebih banyak. Jadi misal sebelumnya kita set ad balance di angka kurang dari 100% yang berakibat pada berkurangnya penayangan iklan, maka ketika fitur ini dihapus kita akan melihat lebih banyak penayangan iklan sama seperti ketika kita mengatur ad balance di angka 100%.

Dampak penghasilan

Dari pihak google adsense mengharapkan bahwa perubahan ini akan memberikan dampak netral atau positif terhadap penghasilan publisher. Kita mungkin juga mengalami perubahan pada keseluruhan RPM dan tayangan kita.

Eksperimen ad balance

Opsi eksperimen ad balance juga akan ikut dihapus bersamaan dengan dihapusnya fitur ad balance, termasuk esperimen yang sedang berjalan maupun yang sudah selesai. Kita dapat mendownload data dari eksperimen sebelumnya hingga tanggal tersebut(10/06/2020)

Langkah kita selanjutnya?

Kita akan tetap memiliki kontrol yang besar terhadap bagaimana iklan ditampilkan di situs kita. Dari pihak adsense menganjurkan untuk mencoba:
Kontrol pemblokiran
Pusat peninjauan iklan
Fitur kepadatan iklan di Iklan Otomatis

Kesimpulan

Apa yang perlu kita lakukan dengan diberhentikannya fitur keseimbangan iklan ini? Kita tidak perlu melakukan aksi apapun terhadap penghapusan fitur ini oleh pihak adsense, seperti yang tertera pada poin pertama di atas.

Sekian tulisan ini, semoga bisa memahamkan para publisher yang belum paham maksud dari email Fitur Keseimbangan Iklan dihentikan. Semoga bermanfaat.

Ikhfan Yusuf Bukan siapa-siapa, hanya hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

4 Responses to "Fitur Keseimbangan Iklan akan dihentikan Google Adsense"

  1. Terima kasih buat pencerahannya mas, bingung juga soalnya pas baca emailnya hehe 😁🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas. Iya, translate-an bahasanya kurang sinkron si wkwk.

      Delete
  2. Kok sy belum dapat emailnya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah serius mas? Di grup blogger saya liat udh ada yg nanya masalah ini. Saya sendiri pun udh dpt emailnya bbrp hari lalu. Coba cek spam, kali masuk spam.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel