Kuliah di Teknik Informatika

Kuliah di Teknik Informatika
Image by pixabay.com
Ngomongin Teknik Informatika untuk sebagian besar orang pasti mikir isinya ngoding dan mungkin yang lebih kacau yaitu hacking. Ngga salah emang, tapi juga ngga sepenuhnya bener. Ketika kita masuk kuliah jurusan Teknik Informatika juga akan menemukan banyak hal, ngga cuma ngoding-ngoding aja, terlebih jika kita ambil jenjang strata 1 atau S1.

Mungkin yang mau saya bahas di sini bukan sepenuhnya tentang jurusan, tapi juga tentang bagaiamana model pembelajaran di Strata 1. Tetapi di sini saya hanya membahas berdasarkan apa yang saya rasakan selama kuliah TI sampai saat ini semester 5, jadi mungkin antara saya dan mahasiswa lain akan punya pendapat berbeda, tapi saya yakin intinya akan sama.

Banyak hal yang saya rasakan selama kuliah di TI, hal-hal ini mungkin bisa jadi pertimbangan kalian yang berniat untuk kuliah di Teknik Informatika. Yuk simak baik-baik hal-hal yang akan kita temukan selama belajar di Teknik Informatika.

Wawasan dan Konsep


Kuliah di Teknik Informatika
Image by pixabay.com
Hal pertama saat kita masuk kuliah di Teknik Informatika kita akan menemukan banyak kebosanan, why? Karena kita akan belajar tentang pengetahuan dasar dan konsep. Ya, mungkin ini alur yang memang harus dilewati entah di Teknik Informatika maupun jurusan lainnya. Tapi ketika mindset kita masuk Teknik Informatika karena bakalan ketemu sama coding, coding, dan coding, dapat dipastikan kita akan bosen.

Semester awal kita akan sering belajar matematika dasar dan algoritma. Apa sih algoritma? Gampangnya algoritma itu alur yang terstruktur dalam menyelesaikan suatu permasalahan, di sini logika kita harus mikir cuy, gaboleh baperan apalagi dendaman sama dosen. Soalnya mau kuliah dimana juga dosen ya kebanyakan sedikit ngajarin, so kita harus bawel.

Sedikit saran nih ya, kalau gamau keteter di semester-semester berikutnya, kita harus kuat di algoritma, juga harus paham konsep. Bahasa pemrogaman itu nomor kesekian, selama kita paham alur, paham konsep, belajar bahasa pemrograman apapun itu ga terlalu susah.

Dan, jangan jadi mahasiswa yang dosen bilang a kita ikut a, kalau dosen bilang a, kita harus bisa a b c, gimana caranya? Belajar mandiri, otodidak, jangan cuma ngerjain tugas doang. Buku sangat membantu, kalau mau yang gratisan internet dan youtube banyak, saya pun lebih banyak cari di internet dan Youtube.

Pelajaran Dasar


Kuliah di Teknik Informatika
 Image by pixabay.com
Jangan mikir ketinggian dulu tentang apa yang kita bakal dapatin di perkuliahan. Dosen tugasnya cuma ngajarin konsepnya. kita hanya akan mendapat materi-materi dasar, misalkan codingan ya diajarinnya basicnya aja.

Kita harus bisa mengembangkan dari basic yang sudah diberikan. Kalau kita cuma nunggu diajarin dosen, kita ngga akan dapat apa-apa. Dan efeknya bakal berlarut ke semester selanjutnya, banyak kok yang sudah di semester tengah-tengah tapi masih suka menanyakan materi dasar. Itulah kenapa di poin pertama saya bilang harus kuat di algortima dan konsep.

Mengembangkan sendiri memang sulit, saya pun bukan orang yang pinter, dan juga sering kesulitan. Nah di sini perlunya kita banyak relasi, entah itu teman, pasangan, komunitas, yang penting jangan orang dalam wkwkwk. Yang paling gampang si ikut komunitas di sosial media, karena itu yang paling gampang masuknya dan di sana juga banyak guru-guru yang ilmunya jauh di atas kita.

Matematika


Kuliah di Teknik Informatika
Image by pixabay.com
Matematika dasar itu perlu di Teknik Informatika, jadi jaganlah kalian terlalu benci matematika hehe. Ga sulit ko matematikanya, buktimya UN SMA matematika saya dapat nilai 3, tapi alhamdulillah selama ngikutin perkuliahan yang berbau matematika, nilai saya aman hehe.

Bahasa Inggris


Kuliah di Teknik Informatika
Image by pixabay.com
Bahasa internasional yang satu ini juga kita perlu paham. Ga harus jago, minimal paham, saya sendiri pun bahasa inggris hanya sekadar paham. Karena nanti di saat kita mengerjakan tugas atau project, utamanya pemrograman, kita sangat memerlukan bahasa inggris.

Error yang terjadi saat kita membuat aplikasi misalnya, sering kali sulit ditemukan dengan pencarian Bahasa Indonesia. Kita perlu mencari solusi errornya dalam Bahasa Inggris. For your information, kalau nanti udah terjun di dunia pemrograman ga akan jauh-jauh dari forum yang berbahasa asing, misalnya stackoverflow.


Kesimpulan

Tapi dari 4 poin yang sudah saya tulis di atas si yang paling penting adalah wawasan tentang TI yang paling utama. Kalau pengetahuan dasar kita tahu, istilah-istilah kita tahu, maka kalau ketemu error atau masalah, kita akan lebih mudah untuk mencari solusinya.

Ambil contoh jangan jauh-jauh deh, misal mau install aplikasi ya kita perlu tau system requirementnya biar tidak error atau bikin komputer lag. Jangan sampai install aplikasi 64 bit di komputer 32 bit ya itu tidak bisa, tapi sebaliknya bisa.

Di atas sudah saya tuliskan beberapa hal yang saya rasakan selama mengikuti perkuliahan di Teknik Informatika. Ya pengalaman saya mungkin belum seberapa, karena memang saya juga baru di semester tengah-tengah hehe. Buat kalian yang mau menambahkan pengalamannya selama kuliah di Teknik Informatika, silakan tulis di kolom komentar, terima kasih.
Ikhfan Yusuf Bukan siapa-siapa, hanya hamba Allah yang suka nulis-nulis. Kalau kepo bisa cek Instagram @ikhfan_yusuf

1 Response to "Kuliah di Teknik Informatika"

  1. jadi gamabran buat adik2 SMA yang mau lanjut kuliah di jurusan teknik informatika. Ternyata algoritma itu semacam peajaran syarat utama juga ya, karena logic harus jalan terus

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel